Jawaban Tugas 2 Mengomentari Teks Prosedur

Jawaban Tugas 2 Mengomentari Teks Prosedur

Jawaban Tugas 2 Mengomentari Teks Prosedur – Halo sobat, dalam artikel ini akan dibahas mengenai jawaban tugas 2 mengomentari teks prosedur dengan judul Ciri Ban Tepat Untuk Musim Hujan yang terdapat pada Buku Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.

Sebelum masuk dalam pembahasan soal, bacalah dengan seksama teks prosedur tersebut sehingga sobat dapat mengomentari struktur dan kaidah teks prosedur yang terdapat di dalamnya. Untuk pembahasan soal selengkapnya, mari kita simak ulasan berikut ini.

Jawaban Tugas 2 Mengomentari Teks Prosedur Halaman 33

Tugas 2

Mengomentari Teks Prosedur Berdasarkan Struktur dan Kaidah Teks Prosedur

Struktur teks prosedur dibentuk oleh tujuan, langkah-langkah, dan penegasan kembali. Sementara itu, kaidah teks prosedur dibangun oleh kalimat-kalimat perintah (kata kerja imperatif). Terkadang pula konjungsi-konjungsi yang bersifat penambahan (kronologis), penggunaan kata-kata teknis, dan yang lainnya.

  1. Secara berkelompok, lakukanlah analisis terhadap teks yang berjudul “Ciri Ban Tepat untuk Musim Hujan” di bawah ini. Kemudian, ikutilah instruksi yang menyertainya!

Ciri Ban Tepat untuk Musim Hujan

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 6.3 halaman 136 A. Perubahan Energi Pada Kincir Air IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Hujan semakin sering mengguyur berbagai wilayah di Indonesia. Saatnya mempersiapkan kendaraan agar mengurangi risiko celaka ketika melintas di jalan basah. Salah satu poin utama adalah penggunaan ban. Tidak hanya pengendara mobil, pengendara sepeda motor juga harus memperhatikan soal ini.

Sony Susmana, Direktur Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), menjelaskan bahwa ban adalah faktor utama pada kendaraan saat hujan. “Di Indonesia seharusnya mobil menggunakan ban all condition agar bisa dipakai untuk panas dan hujan. Ban yang bocor pada musim hujan bisa memecah air dengan baik dan membuang udara yang tersandera di depan ban,” ujarnya kepada Kompas Otomotif beberapa waktu lalu dalam kampanye safety GT Radial di Jakarta Timur. Meski demikian, Sony menjelaskan tidak harus ban all condition. Kalau musim hujan disarankan memakai ban sesuai rekomendasi pabrik.

Inilah ciri-ciri ban yang aman dipakai di jalan basah.

1. Ban yang senormal mungkin, misalnya untuk mobil dengan proil ketebalan 55 hingga 70. Kalau sepeda motor antara 70 hingga 90. Adapun untuk lebar tapak juga disarankan tidak menguranginya, usahakan ukuran normal. “Banyak pengguna sepeda motor yang memasang ban ceking. Ini jelas berbahaya,” kata Sony.

Baca Juga :  Jawaban Kalimat Perbaikan

2. Gunakan ban tipe kembangan. Jangan sampai salah memilih karena pertimbangan fashion dengan motif aneh-aneh, tetapi tidak aman di jalan basah. Ban yang baik punya pola bergaris dengan jarak yang tidak terlalu renggang dan tidak terlalu jarang. Pola bergaris tersebut berguna memecah air saat jalanan basah, dan memiliki daya cengkeram lebih optimal. Hindari penggunaan ban slick atau tanpa pola. Selunak-lunaknya kompon ban slick, tetap akan susah memecah air di jalanan dan cenderung mudah terpeleset.

3. Untuk ban yang baru dibeli, jangan langsung beranggapan daya cengkeram sudah maksimal. Lapisan silikon masih menempel dan masih berpotensi licin. Ban paling baik jika sudah dipakai beberapa puluh kilometer di lintasan kering karena gerusan dengan aspal akan menghilangkan silikon tersebut. “Harus hati-hati pakai ban baru. Harus di-‘reyen’ dahulu supaya silikonnya hilang dan mencengkeram sempurna,” jelas Sony.

4. Perhatikan alur ban. Ada dua jenis, ban bidirectional yang bisa dipakai dalam dua arah. Cirinya adalah alur simetris dan sama kalau dibolak-balik. Ban ini untuk penggunaan normal sehari-hari. Untuk musim hujan, pakai ban yang undirection dengan orientasi satu

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 1.8 halaman 17 Tujuan Percobaan dan Hipotesisnya Berdasarkan Pengamatan IPA SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

arah. Tidak bisa dipindah dari sisi kanan atau kiri. Jenis ban ini lebih punya pola lebih baik untuk memecah air.

2. Setelah kamu membaca teks di atas, ikutilah beberapa instruksi berikut.

a. Gunakanlah pertanyaan-pertanyaan berikut sebagai pedoman.

b. Secara bergiliran, presentasikanlah pendapat kelompokmu di depan kelas!

c. Bandingkanlah pendapat kelompokmu dengan kelompok lain.

d. Jadikanlah pendapat-pendapat semua kelompok itu sebagai dasar untuk menyusun sebuah pendapat kelas tentang hasil analisis terhadap teks tersebut!

Jawaban    :

PertanyaanJawaban Penjelasan
 YaTidak 
Apakah teks itu memiliki pendahuluan dan penutup?V Teks tersebut memiliki pendahuluan akantetapi tidak ada penutupnya.
Apakah teks itu telah sesuai dengan judulnya?V Teks tersebut menjelaskan ciri-ciri ban yang aman dipakai di jalan basah, sesuai dengan judulnya.
Apakah isi teks itu tersusun secara sistematis? VTerdapat pendahuluan, isi, akantetapi tidak ada penutupnya.
Apakah kalimat-kalimatnya mengandung kata kerja imperatif?V Terdapat pada kalimat “Gunakan ban tipe kembangan. Jangan sampai salah memilih karena pertimbangan fashion dengan motif aneh-aneh, tetapi tidak aman di jalan basah”.
Apakah ada cintoh konjungsi penambahan dalam teks tersebut? V 
Simpulan : Teks prosedur di atas tidak memiliki bagian penutup yang berupa penegasan ulang. Kaidah kebahasaan kurang lengkap karena tidak ada konjungsi penambahan dalam teks tersebut.   

Kesimpulan

Nah sobat, itulah pembahasan mengenai jawaban tugas 2 mengomentari teks prosedur dengan judul Ciri Ban Tepat Untuk Musim Hujan yang terdapat pada Buku Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.

Disclaimer :  Jawaban yang telah dibahas di atas bukan jawaban yang mutlak benar, akan tetapi artikel ini diharapkan dapat membantu sobat dalam belajar.

Baca Juga :

You May Also Like