Jawaban Tugas 7 Menyunting Teks Prosedur

Jawaban Tugas 7 Menyunting Teks Prosedur

Jawaban Tugas 7 Menyunting Teks Prosedur – Halo sobat, dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai jawaban tugas 7 menyunting teks prosedur yang terdapat pada Buku Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.

Sebelum masuk dalam pembahasan sola, sebaiknya sobat pahami terlebih dahulu beberapa hal yang diperlukan dalam menyunting teks prosedur sehingga dapat menjawab pertanyaan di bawah. Mari kita simak bersama ulasan berikut ini.

Jawaban Tugas 7 Menyunting Teks Prosedur Halama 38

Menyunting Teks Prosedur

Baca Juga :  Kunci Jawaban Menurut Saya, Infografik yang Menyampaikan Pesan Melalui Gambar dan Teks dengan Lebih Jelas Adalah, Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/MTs Halaman 75 Kurikulum Merdeka

Dalam menyunting sebuah teks prosedur, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu kebenaran isi, strukturnya, kaidah kalimat, ataupun penggunaan ejaan/tanda baca.

Perhatikanlah cuplikan berikut!

1) Hal pertama yang perlu dilakukan agar tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain adalah kenali diri sendiri. (2) Jika Anda mengenal diri sendiri, ketika Anda melihat keberhasilan orang lain membuat Anda terpacu menjadi lebih baik, bukannya merasa minder atau sedih. (3) Gambarkan diri Anda dalam kata-kata, seperti pintar, kuat, baik, keibuan, visioner, dan sebagainya. (4) Dengan mengenal dan menghargai diri sendiri membuat Anda tidak akan ingin menjadi seperti orang lain.

Baca Juga :  Jawaban Soal tentang Penyerbukan pada Teks Hubungan antara Serangga dan Bunga

Ada dua jenis kesalahan dalam cuplikan tersebut, yakni dalam pembentukan kata dan pembentukan kalimat.

1. Pembentukan kata kenali dalam kalimat (1) tidak tepat, seharusnya mengenali.

2. Kalimat (2) dan (4) tidaklah efektif. Kalimat tersebut tidak jelas subjeknya.

Tugas 7

  1. Jelaskanlah penyebab kesalahan dari penulisan kata dalam kalimat-kalimat di bawah ini. Kemudian, perbaikilah!

Jawaban :

Kesalahan Kata dalam KalimatPenyebab KesalahanPerbaikan
a. Pewawancara biasanya memberikan kesempatan bagi kita untuk mengajukan pertanyaan diakhir wawancara.diakhirPewawancara biasanya memberikan kesempatan bagi kita untuk mengajukan pertanyaan di akhir wawancara.
b. Di sesi ini biasanya muncul pula pembicaraan mengenai gajih dan tunjangan.gajihDi sesi ini biasanya muncul pula pembicaraan mengenai gaji dan tunjangan.
c. Siasati dengan mendahului pekerjaan yang menjadi prioritas hari itu.mendahuluiSiasati dengan mendahulukan pekerjaan yang menjadi prioritas hari itu.
d. Ini biasanya karena kita akan berfikir bahwa pekerjaan ini akan memakan banyak waktu dan sulit untuk segera diselesaikan.berfikirIni biasanya karena kita akan berpikir bahwa pekerjaan ini akan memakan banyak waktu dan sulit untuk segera diselesaikan.
e. Ketika tubuh dan otak kerja keras selama beberapa waktu, tentu diperlukan waktu untuk beristirahat sejenak.Kerja kerasKetika tubuh dan otak bekerja selama beberapa waktu, tentu diperlukan waktu untuk beristirahat sejenak.

2. Penulisan kata-kata dari bahasa asing yang digunakan dalam Bahasa Indonesia harus dimiringkan. Tunjukkanlah contoh kata yang dimaksud dalam kalimat-kalimat di bawah ini. Kemudian, perbaikilah!

Baca Juga :  Jawaban Kata Ganti atau Pronomina

Jawaban :

KalimatKata asingPerbaikan penulisan
a. Nah, dengan begitu, pekerjaan cepat selesai, bisa pulang on time, dan bisa melakukan berbagai hal lain di luar pekerjaan deh.On timeNah, dengan begitu, pekerjaan cepat selesai, bisa pulang on time, dan bisa melakukan berbagai hal lain di luar pekerjaan deh.
b. Aplikasikan produk  styling dan perawatan rambut seperti serum untuk menyehatkan akar rambutStylingAplikasikan produk styling dan perawatan rambut seperti serum untuk menyehatkan akar rambut
c. Rambut juga tampak halus dan memberikan extra glow.Extra glowRambut juga tampak halus dan memberikan extra glow.
d. Gunakan sisir sikat bulat dan pengering rambut, lalu arahkan hair dryer ke bagian akar.Haur dryerGunakan sisir sikat bulat dan pengering rambut, lalu arahkan hair dryer ke bagian akar.
e. Kembangkan dan blow dry rambut bagian depan untuk mendapatkan kesan bervolume.Blow dryKembangkan dan blow dry rambut bagian depan untuk mendapatkan kesan bervolume.
f. Dengan demikian, pada saat pagi datang, Anda tidak perlu terburu-buru dan merusak mood seharian penuh.MoodDengan demikian, pada saat pagi datang, Anda tidak perlu terburu-buru dan merusak mood seharian penuh.
g. Misalnya dengan berpergian keluar kota, berpesta dan menonton midnight, akhirnya waktu istirahat berkurang.MidnightMisalnya dengan berpergian keluar kota, berpesta dan menonton midnight, akhirnya waktu istirahat berkurang.
h. Di Indonesia seharusnya menggunakan ban all condition, bisa dipakai untuk panas dan hujan.Ban all conditionDi Indonesia seharusnya menggunakan ban all condition, bisa dipakai untuk panas dan hujan.
i. Jangan sampai salah memilih karena pertimbangan fashion dengan motif aneh-aneh, tetapi tidak aman di jalan basah.FashionJangan sampai salah memilih karena pertimbangan fashion dengan motif aneh-aneh, tetapi tidak aman di jalan basah.
j. Selunak-lunaknya kompon ban slick, tetap akan susah memecah air di jalanan dan cenderung mudah terpeleset.Ban slickSelunak-lunaknya kompon ban slick, tetap akan susah memecah air di jalanan dan cenderung mudah terpeleset.

3. Kalimat-kalimat ini terlalu panjang sehingga maksudnya sulit dimengerti. Oleh karena itu, penggallah kalimat-kalimat tersebut sehingga menjadi lebih efektif.

Jawaban :

Kalimat kompleksKalimat sederhana
a. Bagi perusahaan, wawancara adalah kesempatan untuk menggali kualifikasi kandidat secara lebih mendalam, melihat kecocokannya dengan posisi yang ditawarkan, kebutuhan dan kultur perusahaan.Wawancara adalah kesempatan untuk menggali kualifikasi, melihat kecocokannya dengan posisi yang ditawarkan, kebutuhan dan kultur perusahaan.
b. Pastikan pula kita menjaga kontak mata dengan pewawancara, karena kontak penting dalam proses komunikasi, termasuk dalam wawancara kerja.Pastikan kita menjaga kontak mata dengan pewawancara, karena kontak penting dalam proses komunikasi, termasuk dalam wawancara kerja.
c. Pewawancara sangat menghargai kandidat yang mampu menentukan nominal gaji yang ia harapkan, karena dianggap bisa melakukan penilaian atas kemampuannya dan tugas-tugas yang akan dilakukan.Pewawancara sangat menghargai calon  yang mampu menentukan jumlah gaji yang diinginkan karena dianggap bisa melakukan penilaian atas kemampuan dan tugas-tugas yang akan dilakukan.
d. Gunakan sisir dengan ukuran yang benar, karena sikat yang lebih besar akan memberikan sedikit kurva ke gaya rambut bob kamu.Gunakan ukuran sisir yang benar, karena sikat yang lebih besar akan memberikan sedikit kurva ke gaya rambut bob kamu.
e. Ketika seseorang melakukan sesuatu dengan baik, coba evaluasi apa yang membuatnya berhasil, dan cari cara untuk memasukkan sifat-sifat keberhasilannya dalam kehidupan Anda sendiri.Ketika seseorang melakukan sesuatu dengan baik, coba cari hal apa yang membuatnya berhasil dan dapat diaplikasikan dalam hidup anda.

Kesimpulan

Nah sobat, itulah pembahasan mengenai jawaban tugas 7 menyunting teks prosedur yang terdapat pada Buku Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.

Disclaimer :  Jawaban yang telah dibahas di atas bukan jawaban yang mutlak benar, akan tetapi artikel ini diharapkan dapat membantu sobat dalam belajar.

Baca Juga :

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Jawaban Tugas 7 Menyunting Teks Prosedur yang dipublish pada Desember 4, 2022 di website Berita Warganet

Artikel Terkait