Jawaban Tugas Menelaah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Jawaban Tugas Menelaah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Jawaban Tugas Menelaah Kebahasaan Teks Eksplanasi – Halo sobat, dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai jawaban tugas menelaah kebahasaan teks eksplanasi halaman 65 yang terdapat pada Buku Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.

Sebelum masuk dalam pembahasan soal, sobat pahamilah terlebih dahulu mengenai konjungsi pada teks eksplanasi sehingga dapat dengan mudah menjawab soal di bawah. Untuk pembahasan selengkapnya, mari kita simak bersama ulasan berikut ini.

Jawaban Tugas Menelaah Kebahasaan Teks Eksplanasi Halaman 65

Kegiatan 2

Menelaah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Berdasarkan kaidah kebahasaan secara umum, teks eksplanasi sama dengan kaidah pada teks prosedur. Sebagai teks yang berkategori faktual (nonsastra), teks eksplanasi menggunakan banyak kata yang bermakna denotatif.

Baca Juga :  Jawaban Pengaturan Rima Pada Puisi Nyanyian Grimis

Sebagai teks yang berisi paparan proses, baik itu secara kausalitas maupun kronologis, teks tersebut menggunakan banyak konjungsi kausalitas ataupun kronologis.

a. Konjungsi kausalitas, antara lain, sebab, karena, oleh sebab itu, oleh karena itu, sehingga.

b. Konjungsi kronologis (hubungan waktu), seperti kemudian, lalu, setelah itu, pada akhirnya.

Teks eksplanasi yang berpola kronologis juga menggunakan banyak keterangan waktu pada kalimat-kalimatnya.

Berikut contohnya.

Pada bulan keempat, muka telah kian tampak seperti manusia. Dalam bulan kelima rambut-rambut mulai tumbuh pada kepala. Selama bulan keenam, alis dan bulu mata timbul. Setelah tujuh bulan, fetus mirip kulit orang tua dengan kulit merah berkeriput. Selama bulan kedelapan dan kesembilan, lemak ditimbun di bawah kulit sehingga perlahan-lahan menghilangkan sebagian keriput pada kulit. Kaki membulat. Kuku keluar

pada ujung-ujung jari. Rambut asli rontok dan terus menjadi sempurna dan siap dilahirkan.

Baca Juga :  Jawaban Matematika Halaman 11 Kelas 8 Semester 2 Bagian 2

Berkenaan dengan kata ganti yang digunakannya, teks eksplanasi langsung merujuk pada jenis fenomena yang dijelaskannya, yang bukan berupa persona. Kata ganti yang digunakan untuk fenomenanya itu berupa kata benda, baik konkret maupun abstrak, seperti demonstrasi, banjir, gerhana, embrio, kesenian daerah; dan bukan kata ganti orang, seperti ia, dia, mereka. Karena objek yang dijelaskannya itu berupa fenomena, tidak berbentuk personal (nonhuman participation), dalam teks eksplanasi itu pun ditemukan banyak kata kerja pasif. Hal itu seperti kata-kata berikut: terlihat, terbagi, terwujud, terakhir, dimulai, ditimbun, dan dilahirkan.

Di dalam teks itu pun dijumpai banyak kata teknis atau peristilahan, sesuai dengan topik yang dibahasnya. Apabila topiknya tentang kelahiran, istilah-istilah biologi yang muncul. Demikian pula apabila topiknya tentang kesenian daerah, istilah-istilah budaya sering digunakan. Apabila topiknya tentang fenomena kebaikan BBM, istilah ekonomi dan sosial akan sering muncul.

Baca Juga :  Kunci Jawaban "Indahnya Keragaman Budaya Indonesia"

Tugas

1. Kerjakanlah secara berkelompok. Untuk berlatih, tulislah masing- masing lima contoh kalimat yang menggunakan konjungsi kausalitas, kronologi, dan yang berketerangan waktu. Kamu bisa mengerjakan tugas ini pada buku kerjamu!

Jawaban    :

Kaidah KebahasaanContoh Penggunaan
Konjungsi kausalitasMataku bengkak sebab menangis semalaman.
Aku tidak berangkat sekolah karena semalam demam.
Rambutku sudah sangat Panjang, oleh sebab itu aku memutuskan memotong rambut.
Toko itu memberikan banyak diskon, oleh karena itu banyak pengunjung yang datang.
Davin hujan-hujanan, sehingga sakit batuk dan pilek.
Konjungsi kronologisAku menyapu halaman kemudian membuang sampah di tempat sampah.
Aku pergi berlibur lalu mengambil banyak foto.
Diva tidak sengaja memecahkan vas bunga setelah itu ia membersihkan serpihan vas.
Doni rajin berlatih pada akhirnya ia memenangkan perlombaan.
Sebelum menjawab soal, sebaiknya cermati soal terlebih dahulu.
Keterangan waktuBesok hari ulang tahun Rani.
Pada hari sabtu, siswa akan menerima hasil penilaian belajar.
Siswa akan mengikuti masa orientasi selama lima hari.
Kejuaraan bulu tangkis akan dimulai satu bulan lagi.
Di zaman modern ini, tekhnologi semakin canggih.

Kesimpulan

Nah sobat, itulah pembahasan mengenai jawaban tugas menelaah kebahasaan teks eksplanasi halaman 65 yang terdapat pada Buku Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.

Disclaimer :  Jawaban yang telah dibahas di atas bukan jawaban yang mutlak benar, akan tetapi artikel ini diharapkan dapat membantu sobat dalam belajar.

Baca Juga :