Jawaban Tugas Mengidentifikasi Struktur Teks Eksplanasi

Jawaban Tugas Mengidentifikasi Struktur Teks Eksplanasi

Jawaban Tugas Mengidentifikasi Struktur Teks Eksplanasi – Halo sobat, dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai jawaban tugas mengidentifikasi struktur teks eksplanasi halaman 63 yang terdapat pada Buku Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.

Sebelum masuk dalam pembahasan soal, sobat bacalah kembali teks berjudul “Demonstrasi Massa” sehingga dapat mempermudah sobat dalam menjawab soal. Untuk pembahasan selengkapnya, mari kita simak bersama ulasan berikut ini.

Jawaban Tugas Mengidentifikasi Struktur Teks Eksplanasi Halaman 63

C. Menganalisis Struktur dan Kebahasaan Teks Eksplanasi

Baca Juga :  Jawaban Tugas Mengungkapkan Informasi Berdasarkan Isi Karya Ilmiah

Setelah mempelajari materi ini, kamu diharapkan mampu:

1. mengidentifikasi struktur teks eksplanasi;

2. menelaah kebahasaan teks eksplanasi.

Setiap teks memiliki unsur kebahasaan yang berbeda-beda, demikian pula dengan teks eksplanasi.

Kegiatan 1

Mengidentifikasi Struktur Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi memiliki struktur baku sebagaimana halnya jenis teks lainnya. Sesuai dengan karakteristik umum dari isinya, teks eksplanasi dibentuk oleh bagian-bagian berikut.

1. Identiikasi fenomena (phenomenon identiication), mengidentiikasi sesuatu yang akan diterangkan. Hal itu bisa terkait dengan fenomena alam, sosial, budaya, dan fenomena-fenomena lainnya.

2. Penggambaran rangkaian kejadian (explanation sequence), memerinci proses kejadian yang relevan dengan fenomena yang diterangkan sebagai pertanyaan atas bagaimana atau mengapa.

Baca Juga :  Jawaban Mengidentifikasi Isi Teks Editorial

a. Rincian yang berpola atas pertanyaan “bagaimana” akan melahirkan uraian yang tersusun secara kronologis ataupun gradual. Dalam hal ini fase-fase kejadiannya disusun berdasarkan urutan waktu.

b. Rincian yang berpola atas pertanyaan “mengapa” akan melahirkan uraian yang tersusun secara kausalitas. Dalam hal ini fase-fase kejadiannya disusun berdasarkan hubungan sebab akibat.

3. Ulasan (review), berupa komentar atau penilaian tentang konsekuensi atas kejadian yang dipaparkan sebelumnya.

Tugas

1. Bacalah kembali teks yang berjudul “Demonstrasi Massa” di atas. Secara berkelompok, tentukanlah bagian-bagian dari struktur teks tersebut. Kemudian, simpulkan pula struktur teks tersebut berdasarkan kelengkapannya!

Baca Juga :  Kunci Jawaban Siswa Aktif halaman 70 Meningkatkan Kesadaran Gender PPKn SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

2. Presentasikanlah pendapat-pendapat kelompokmu tentang struktur itu. Kemudian, mintalah teman-teman dari kelompok lain untuk memberikan penilaian atau tanggapan-tanggapannya berdasarkan ketepatan, kelangkapan, dan kejelasannya!

Jawaban    :

Bagian-bagian teksPenunjukan isi
Identifikasi fenomenaDemonstrasi bukan hal aneh lagi bagi negara-negara Eropa
Proses kejadianPada umumnya demonstrasi massa justru lebih disadari oleh kebutuhan tingkatan akhir. Masyarakat berdemonstrasi karena membutuhkan pengakuan dari pemerintah ataupun pihak-pihak lain agar hak-hak dan eksistensi mereka diakui.
ulasanDemonstrasi massa pada awal-awal reformasi di negeri ini pada tahun 1997–1998, bukan dilakukan oleh rakyat miskin ataupun orang-orang lapar. Justru hal itu dilakukan oleh warga dari kalangan menengah ke atas, dalam hal ini adalah mahasiswa dan golongan intelektual.
Simpulan
Banyak hal yang melatar belakangi demonstrasi yaitu karena adanya ketidaksesuaian aturan dan pelaksaan, didorong oleh beberapa pihak, serta pelaksanaanya tidak selalu dari kalangan menengah ke bawah bahkan menengah ke atas.
 

Kesimpulan

Nah sobat, itulah pembahasan mengenai jawaban tugas mengidentifikasi struktur teks eksplanasi halaman 63 yang terdapat pada Buku Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.

Disclaimer :  Jawaban yang telah dibahas di atas bukan jawaban yang mutlak benar, akan tetapi artikel ini diharapkan dapat membantu sobat dalam belajar.

Baca Juga :