Jawaban Telaah Majas Dalam Puisi Padamu Jua

Jawaban Telaah Majas Dalam Puisi Padamu Jua

Jawaban Telaah Majas Dalam Puisi Padamu Jua – Halo sobat, dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai jawaban telaah majas dalam puisi padamu jua yang terdapat pada Buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA/SMK Kelas X, Kurikulum Merdeka.

Sebelum masuk dalam pembahasan soal, pahamilah terlebih dahulu mengenai pengertian majas dan jenisnya, lalu bacalah teks puisi di bawah. Untuk pembahasan selengkapnya, mari kita simak ulasan berikut ini.

Jawaban Telaah Majas Dalam Puisi Padamu Jua Halaman 165

A. Memahami Diksi dalam Teks Puisi yang Dibacakan

Memahami diksi dalam teks puisi yang dibacakan dengan kritis dan reflektif

Baca Juga :  Kunci Jawaban Ayo Cek Pemahaman halaman 148 149 dan 150 Potensi Geotermal Indonesia IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Kegiatan 1

Apakah kalian dapat memahami teks puisi “Hujan Bulan Juni” karya Sapardi Djoko Damono di atas? Untuk memahami suatu puisi, kalian harus menelaah makna pilihan kata yang terdapat di dalamnya. Setiap kata dalam puisi dipilih dengan cermat oleh penyair dengan berbagai pertimbangan.

Hal tersebut bertujuan memunculkan efek dan makna tertentu. Untuk itu, penyair sering menggunakan gaya bahasa (majas), pengimajian, kata konkret, dan kata konotatif untuk mendukung makna puisi yang ingin disampaikannya. Berikut penjelasan mengenai hal tersebut.

1. Majas (gaya bahasa)

Majas atau gaya bahasa merupakan bahasa kiasan yang digunakan untuk menampilkan efek tertentu bagi pembacanya. Untuk lebih memahami majas/gaya bahasa dalam puisi, kalian dapat berlatih menganalisis majas dalam pembacaan teks puisi karya Amir Hamzah. Mintalah satu satu teman kalian untuk membacakan teks puisi di bawah ini!

Baca Juga :  Latihan Soal Pretest PPG Tahun 2022

Padamu Jua

Karya Amir Hamzah

Habis kikis

Segala cintaku hilang terbang

Pulang kembali aku padamu

Seperti dahulu

Kaulah kandil kemerlap

Pelita jendela di malam gelap

Melambai pulang perlahan

Sabar, setia selalu

Satu kekasihku

Aku manusia

Rindu rasa

Rindu rupa

Di mana engkau

Rupa tiada

Suara sayup

Hanya kata merangkai hati

Engkau cemburu

Engkau ganas

Mangsa aku dalam cakarmu

Bertukar tangkap dengan lepas

Nanar aku, gila sasar

Sayang berulang padamu jua

Engkau pelik menarik ingin

Serupa dara di balik tirai

Kasihmu sunyi

Menunggu seorang diri

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 2 halaman 232 Masalah Lingkungan IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Lalu waktu-bukan giliranku

Mati hari-bukan kawanku …

Secara berkelompok, kalian dapat berlatih menelaah majas dalam puisi karya Amir Hamzah di atas pada isian tabel berikut.

Tabel 6.4 Telaah majas dalam puisi Padamu Jua

Jawaban       :

NoJenis MajasTeks dalam PuisiAlasan
1PersonifikasiKasihmu sunyi/ menunggu seorang diriKiasan yang mempersamakan sesuatu dengan manusia yang dapat berbuat, melakukan suatu hal, dan sebagainya.
2Simile/ perumpamaanSerupa dara di balik tiraiMajas perbandingan atau perumpamaan, yaitu ungkapan yang menyamakan suatu hal dengan hal lain melalui penggunaan kata-kata pembanding : bagai, bak, seperti, seumpama, laksana, dll.
3MetaforaKaulah kandil kemerlap Pelita jendela di malam gelapKiasan yang bersifat langsung, tidak menggunakan kata-kata pembanding.
4RepetisiRindu rasa Rindu rupa   Engkau cemburu Engkau ganas  Menggunakan pengulangan kata-kata yang dimaksud untuk memberi efek penguatan atau penegasan.
5HiperbolaHabis kikis Segala cintaku hilang terbang Pulang kembali aku padamuMajas yang memberikan penekanan dengan melebih-lebihkan suatu hal.

Kesimpulan

Nah sobat, itulah pembahasan mengenai jawaban telaah majas dalam puisi padamu jua yang terdapat pada Buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA/SMK Kelas X, Kurikulum Merdeka.

Disclaimer :  Jawaban yang telah dibahas di atas bukan jawaban yang mutlak benar, akan tetapi artikel ini diharapkan dapat membantu sobat dalam belajar.

Baca Juga :

You May Also Like