Jawaban Tugas Menemukan Informasi dan Permasalahan Aktual dalam Teks Ceramah

Jawaban Tugas Menemukan Informasi dan Permasalahan Aktual dalam Teks Ceramah

Jawaban Tugas Menemukan Informasi dan Permasalahan Aktual dalam Teks Ceramah – Halo sobat, dalam artikel kali ini akan dibahas jawaban tugas menemukan informasi dan permasalahan aktual dalam teks ceramah halaman 82 yang terdapat pada Buku Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.

Sebelum masuk dalam pembahasan soal, sebaiknya sobat pahami terlebih dahulu mengenai jenis pembicaraan ceramah sehingga dapat menjadi acuan dalam menjawab pertanyaan di bawah. Untuk informasi selengkapnya, marik kita simak bersama ulasan berikut ini.

Jawaban Tugas Menemukan Informasi dan Permasalahan Aktual dalam Teks Ceramah Halaman 82

Kegiatan 2

Menemukan Informasi dan Permasalahan Aktual dalam Teks Ceramah

Dalam pembelajaran sebelumnya, kamu sudah mengenal jenis pembicaraan yang disebut dengan ceramah. Sekarang, kita akan mengenali jenis informasi ataupun pemasalahan yang mungkin kita dapatkan dari suatu ceramah.

Baca Juga :  Jawaban Tugas Kegiatan 1 Menyusun Rancangan Garis Besar Suatu Prosedur

Informasi disebut pula penerangan informasi bersifat publisitas; ditujukan untuk umum (publik). Informasi dalam media massa umumnya bersifat aktual. Demikian pula yang disampaikan melalui ceramah-ceramah yang biasanya berkaitan dengan isu-isu terhangat.

Jenis-jenis informasi dapat dikategorikan sebagai berikut.

1. Informasi berdasarkan fungsi yaitu informasi yang bergantung pada materi dan juga kegunaan informasi. Yang termasuk informasi jenis ini adalah informasi yang menambah pengetahuan, informasi yang mengajari pembaca (informasi edukatif), dan informasi yang hanya menyenangkan pembaca yang bersifat iksional (khayalan). Informasi yang menambah pengetahuan, misalnya, tulisan tentang pergantian kurikulum. Informasi edukatif, misalnya, tulisan tentang teknik belajar yang jitu. Selanjutnya, informasi yang menyenangkan, misalnya, cerita pendek, karikatur, dan komik.

2. Informasi berdasarkan format penyajian yaitu informasi berdasarkan bentuk penyajian informasinya. Di media massa dikenal berbagai bentuk penyajian yaitu dalam bentuk tulisan, foto, kartun, ataupun karikatur. Dalam bentuk tulisan dikenal bentuk berita, artikel, karangan khas (feature), resensi, kolom, dan karya iksi.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Ayo Berlatih halaman 175 dan 176 Klasifikasi dan Jaring Makanan SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

3. Informasi berdasarkan lokasi peristiwa yaitu informasi berdasarkan tempat kejadian peristiwa berlangsung. Dengan demikian, informasi dibagi menjadi informasi daerah, nasional, dan mancanegara.

4. Informasi berdasarkan bidang kehidupan yaitu informasi berdasarkan bidang-bidang kehidupan yang ada. Bidang-bidang yang biasanya dibedakan itu, misalnya pendidikan, olahraga, musik, sastra, budaya, dan iptek.

5. Informasi berdasarkan bidang kepentingan yaitu dapat dibedakan menjadi empat jenis yaitu sebagai berikut.

a. Informasi yang menyangkut keselamatan atau kelangsungan hidup pembaca.

b. Informasi yang menyangkut perubahan dan berpengaruh pada kehidupan pembaca.

c. Informasi tentang cara atau kiat baru dan praktis bagi pembaca untuk meningkatkan kualitas hidupnya.

Baca Juga :  Jawaban Mengidentifikasi Nilai-Nilai dalam Novel sejarah

d. Informasi tentang peluang bagi pembaca untuk memperoleh sesuatu.

Tugas

1. Manakah informasi yang berkaitan dengan masalah bahasa? Kembangkanlah jawabanmu pada buku kerjamu!

2. Berdasarkan fungsinya, termasuk jenis manakah informasi di bawah ini: edukatif (E), persuatif (P), atau rekreatif (R).

Jawaban    :

  1.  
NoContoh informasiYaBukanAlasan
 a. Kesantunan itu penting untuk diperhatikan dalam berbagai kesempatan.V Merupakan masalah Bahasa karena berkaitan dengan kesantunan berbahasa, berbicara dengan baik dan sopan santun.
 b.Setiap budaya memiliki pola berinteraksi yang cenderung berbeda-beda.V Merupakan masalah Bahasa karena berinteraksi salah satunya menggunakan Bahasa.
c. Dalam ekspresi seseorang itu terdapat banyak pesan yang harus kita perhatikan.V Merupakan masalah Bahasa karena berkaitan dengan ekspresi dalam berbahasa.
 d.Terjadi salah pengertian antara mereka sehingga sering terjadi pertengkaranV Merupakan masalah Bahasa karena bisa terjadi salah paham bila menyampaikan dengan Bahasa yang tidak sesuai.
 e.Seminar itu kan dipublikasikan hasilnya di media massa nasional. VBukan merupakan masalah Bahasa karena mempermasalahkan publikasi dalam seminar.

2.

NoContoh InformasiJenis  
  EPR
 a.Banyak cara yang dapat kita lakukan di dalam rangka meningkatkan keterampilan berkomunikasi.V  
 b.Kebahagiaan itu datangnya bukan dari orang lain, tetapi dari diri sendiri. V 
 c.Perjalanan ke kota itu sungguh mengesankan manakala diiringi rintik-rintik hujan yang menggoda.  V
 d.Sudah hampir sepuluh tahun peristiwa itu berlalu, tetapi pesan-pesannya tetap teringat sampai sekarang.V  
 e.Hendaknya kita tidak melupakan kebaikan-kebaikannya meskipun sesekali ia pernah mengecewakan kita, itu memang sudah biasa dan wajar. V 

Kesimpulan

Nah sobat, itulah pembahasan jawaban tugas menemukan informasi dan permasalahan aktual dalam teks ceramah halaman 82 yang terdapat pada Buku Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.

Disclaimer :  Jawaban yang telah dibahas di atas bukan jawaban yang mutlak benar, akan tetapi artikel ini diharapkan dapat membantu sobat dalam belajar.

Baca Juga :

You May Also Like