kewahiban llingkungan
kewahiban llingkungan

Kunci Jawaban Kewajiban dan Hak Lingkungan

beritwarganet.com – Kunci Jawaban Kewajiban dan Hak Lingkungan. Menjaga lingkungan dan sumber daya alam merupakan kewajiban kita hlo Sobat BW. Terdapat banyak contoh perilaku yang dapat dilakukan untuk menjaga serta melestarikan lingkungan dan sumber daya alam di lingkungan sekitar kita seperti mendaur ulang sampah, limbah, atau barang-barang bekas sudah tidak terpakai.

 

Jika Sobat BW melaksanakan kewajiban terhadap lingkungan dengan menjada kebersihan dan kelestariannya, tentu lingkungan akan terjaga dan terhindar dari kerusakan. Sebaliknya jika Soat BW tidak melaksanakan kewajiban terhadap lingkungan maka akan terjadi masalah bahkan bencana alam yang akan menimpa lingkungan tempat tinggal kita.

 

Baca Juga :  Sendi, Penghubung Antar Tulang

Hal yang demikian juga berlaku pada sendi kehidupan yang lain. Oleh karena itu, pelaksanaan hak dan kewajiban haruslah berjalan seimbang agar kehidupan dapat berjalan dengan aman, nyaman, tertib, dan semua kebutuhan dapat terpenuhi dengan baik pula.

 

Akibat tidak melaksanakan kewajiban

Kunci Jawaban Kewajiban dan Hak Lingkungan – Sebagai warga negara Indonesia yang baik kita harus melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang. Kita tidak boleh menuntut hak kita sebelum kewajiban kita laksanakan dengan baik. Contoh sederhana adalah ketika kamu menginginkan nilai yang bagus, kamu harus belajar terlebih dahulu.

Berikut contoh pelaksanaan hak dan kewajiban yang seimbang:

1. Jika ingin sehat, kamu harus menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggalmu.

2. Jika ingin terhindar dari banjir, jangan membuang sampah di sungai.

3. Jika kamu menginginkan udara bersih, kamu harus mau menanam pohon.

 

Itulah contoh sederhana pelaksanaan hak dan kewajiban yang seimbang dan dapat dilakukan sehari-hari. Bagaimana dengan kewajiban sebagai warga negara? Apakah kamu telah melaksanakan kewajibanmu?

Baca Juga :  Kunci Jawaban Sultan Hasanuddin "Ayam Jantan dari Timur"

 

Ayo Berdiskusi

Coba diskusikan bersama dengan temanmu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:

1. Haruskah orang yang mengabaikan kewajiban diberi sanksi? Mengapa?

Orang yang mengabaikan keajiban harus diberi sanksi karena kewajiban merupakan suatu hal yang harus dilaksanakan, mengabaikan kewajiban berarti mengabaikan peraturan-peraturan yang telah berlaku di masyarakat. Kewajiban itu ada untuk mengatur ketertiban masyarakat.

2. Sebutkan contoh sanksi bagi orang yang tidak melaksanakan kewajiban.

Tuliskan pada tabel berikut

kewahiban llingkungan

 

Akibat tidak memperoleh hak

Kunci Jawaban Kewajiban dan Hak Lingkungan – UUD 1945 telah memberikan jaminan akan pelaksanaan hak dan kewajiban warga negara sehingga tidak dibenarkan jika warga negara hanya melaksanakan salah satunya. Apakah itu hak atau kewajiban, kedua-duanya harus dilaksanakan secara merata dan seimbang.

 

Pernahkah kamu melihat kejadian seorang warga negara tidak memperoleh haknya sebagai warga negara? Apakah kamu sendiri pernah mengalaminya? Bagaimana dengan hak kamu untuk memperoleh pendidikan yang layak? Sudahkah terpenuhi? Coba kamu bayangkan jika orang tuamu melarang atau membatasimu untuk bersekolah dan memperoleh pendidikan, sementara kamu ingin sekali meraih cita-citamu, ingin seperti teman-temanmu yang lain menuntut ilmu setinggi-tingginya. Bagaimana perasaanmu dan apa yang akan kamu lakukan?

Baca Juga :  Kunci Jawaban "Perjuangan Bung Tomo dalam Pertempuran 10 November"

 

Dalam masalah ini jelas bahwa hak kamu sebagai warga negara telah dilanggar. Oleh karena itu, kamu akan merasa sedih, kecewa, dan marah. Tindakan terbaik yang dapat kamu lakukan adalah dengan menanyakan langsung kepada orang tuamu dan meminta orang tuamu untuk memenuhi hakmu.

 

Apakah kamu punya cara lain? Jika punya, ungkapkan cara mu tersebut di depan teman-teman dan guru!

 

Contoh akibat tidak dilaksanakannya kewajiban terhadap lingkungan adalah dengan membuang sampah ke sungai yang dapat mengakibatkan banjir. Sampah yang terus menerus dibuang ke sungai akan mengotori sungai dan lingkungan sekitar sungai. Sampah yang terus bertambah dan menumpuk akan menyumbat bendungan yang berakibat tidak dapat mengalirnya air dengan lancar. Hal inilah yang akan menyebabkan banjir, sehingga kita tidak menerima hak kita memiliki sungai dan lingkungan yang bersih jika kita tidak melaksanakan kewajiban kita merawat dan menjaga sungai dan lingkungannya.

Nah, Sobat BW penting bagi kita untuk melaksanakan kewajiban dalam hal apapun, sehingga kita pantas untuk mendapatkan hak kita.

Semoga bermanfaat ya..