Pulau Pombo, Rekomendasi Tempat Wisata Alam di Ambon

Pulau Pombo, Rekomendasi Tempat Wisata Alam di Ambon

Berita Warganet – Pulau Pombo, Rekomendasi Tempat Wisata Alam di Ambon. Maluku merupakan salah satu provinsi di kawasan timur Indonesia yang mulai diminati wisatawan. Destinasi wisata yang tak kalah menarik adalah wisata bahari.

Maluku terbagi menjadi beberapa pulau, sehingga terdapat pantai di sepanjang batas darat dan laut. Rata-rata pantai Maluku berpasir putih. Salah satunya adalah Pantai Pulau Pombo. Pulau Pombo terletak di Kecamatan Salahhutu, Kabupaten Maluku Tengah, atau secara geografis berada di antara Pulau Haruku dan Pulau Ambon.

Baca Juga : 17 Rekomendasi Tempat Wisata di Ambon yang Lagi Hits Tahun 2022

Luasnya hanya 4 km², tidak terlalu besar, tetapi kunjungan ke pulau indah di Maluku ini menawarkan berbagai pesona alam dan ketenangan.

Pulau yang indah ini memiliki banyak keindahan alam baik di darat maupun di laut yang membuatnya sangat menarik. Apalagi pulau kecil ini masih alami dan belum berpenghuni.

Bagi mereka yang menyukai kegiatan scuba diving, Pulau Pombo dianggap sebagai salah satu tempat snorkeling dan menyelam baru di Maluku, yang menarik para penyelam baik dari dalam maupun luar negeri.

Baca Juga :  Link Twibbon HUT PPNI ke-48 Tahun 2022, Klik Disini
Pulau Pombo Obyek Wisata Ambon
Pulau Pombo Obyek Wisata Ambon

Baca Juga : Pantai Pintu Kota, Rekomendasi Tempat Wisata di Ambon

Karena keanekaragaman hayati dan ekosistem Pulau Pombo yang tinggi, maka daratan dan perairan Pulau Pombo di sekitarnya ditetapkan sebagai cagar alam dan dijadikan cagar alam sebagai taman wisata alam bahari. Di pulau ini, Sobat dapat berenang, snorkeling, menyelam, memancing, mendaki, mengamati burung, berjalan di sekitar pulau, dan melakukan berbagai kegiatan wisata alam lainnya.

Tanah indah yang terlihat seperti mengambang di laut, pantai berpasir putih dan warna laut yang jernih akan menarik perhatian Sobat. Karena statusnya sebagai cagar alam dan taman laut, dari sekian banyak satwa yang ditemukan di Pulau Pombo, jenis burung Pombo asli Pulau Pombo yang paling banyak ditemukan secara alami. wilayah Maluku. Burung dari spesies ini terbang bolak-balik dalam jumlah yang signifikan.

Baca Juga : Pantai Natsepa, Rekomendasi Tempat Wisata Hits di Ambon

Keindahan pulau ini sangat memukau disaat air sedang surut. Daerah baru yang semula perairan dangkal perlahan mulai muncul, dan pasir membentuk daratan. Kawasan pulau ini dikelilingi oleh bebatuan besar dan kecil serta atol serta memiliki air yang jernih.

Baca Juga :  Logo HUT Kendal ke-417 Tahun 2022, Download Format PNG

Perairan Pulau Pombo adalah rumah bagi berbagai macam ikan, kerang, dan rumput laut. Menyelam adalah suatu keharusan ketika Sobat datang ke pulau yang indah ini.

Kagumi kehidupan laut dan kekayaan alam di sekitar Pulau Pombo. Karena keindahan alam bawah lautnya, terumbu karangnya masih terjaga dengan baik dengan ikan dan karang berwarna-warni.

Pulau ini memiliki suasana yang cocok untuk mendirikan tenda dan digunakan sebagai bumi perkemahan. Di tengah pulau terdapat banyak pohon peneduh yang bisa dijadikan sebagai tempat berteduh.

Jika Sobat ingin mengunjungi pulau pasir putih ini, Sobat harus datang pada waktu yang baik sepanjang tahun. Jika cuaca buruk, banyak kapal nelayan yang enggan mengantar Sobat ke Pulau Pombo. Hal ini dikarenakan ombak yang sangat besar dapat menerjang perahu-perahu kecil.

Meskipun Pulau Pombo merupakan pulau kecil yang tidak berpenghuni, namun keadaan alamnya sangat alami karena sebagian hutannya telah ditetapkan sebagai Hutan Cagar Alam. Karena itu, tidak ada fasilitas.

Oleh karena itu, pilihan akomodasi yang paling mungkin bagi wisatawan adalah bermalam di tenda-tenda di alam terbuka Pulau Pombo yang sangat indah, atau kembali ke desa terdekat.

Baca Juga :  Link Twibbon Hari Jadi Halmahera Selatan 2022 ke-19 Tahun, Klik Disini

Untuk makanan, Sobat harus membawa makanan sendiri saat mengunjungi Pombo, tetapi pastikan untuk membawa kembali sisa makanan yang Sobat bawa. Jangan lupa membawa air dan obat-obatan untuk pertolongan pertama karena jauh dari desa terdekat yang berpenghuni.

Pulau ini dapat ditempuh dengan mobil dari kota Ambon dalam waktu sekitar satu jam ke Tulehu, kemudian ke Pulau Pombo dengan speedboat dalam waktu sekitar 15-20 menit, dengan biaya sewa 300-500.000. Perahu nelayan dari Pelabuhan Hunimua juga tersedia dengan harga kurang dari 100.000.

Lokasi Obyek Wisata Pulau Pombo

Apabila Sobat bingung rute terbaik menuju ke obyek wisata Pantai Pulau Pombo yang ada di Ambon, Sobat bisa mengakses peta lokasinya berikut ini untuk mempermudah perjalanan liburan Sobat, Simak lokasi Obyek Wisata Pulau Pombo di bawah ini di kata KUNJUNGI :

Baca Juga : Logo Kota Ambon PNG, Download Lambang Gambar HD

KUNJUNGI

Tentang Hari Jadi Kota Ambon :