7 Gangguan yang Terjadi Pada Mesin Katup Sepeda Motor

7 Gangguan yang Terjadi Pada Mesin Katup Sepeda Motor. Setiap kendaraan pasti mengalami masalah untuk bagian tertentu jika sudah digunakan. Kali ini Berita Warganet akan share Gangguan yang terjadi pada bagian Katup Tepatnya untuk mesin Sepeda Motor. Berikut ulasannya.

Sistem operasi mesin sepeda motor tidak menutup kemungkinan mengalami permasalahan atau gangguan pada saat pemakaian sepeda motor. Salah satunya gangguan pada mesin dan gejala yang ditimbulkan. Berikut ini merupakan masalah atau gangguan yang terjadi pada mesin sepeda motor bagian kinerja mekanisme katup antara lain .

1. Penempatan dan setelan katup tidak tepat

Akibat penempatan katup tidak tepat mengakibatkan suara mesin menjadi kasar dan konsumsi bahan bakar menjadi boros. Tenaga mesin kurang optimal dan berpengaruh terhadap emisi gas buang atau knalpot mengeluarkan asap. Setelan katup berfungsi agar celah antara batang katup dan pelatuk berada pada kondisi standar pabrik. Celah katup tersebut akan mengantisipasi terjadinya pemuaian pada katup. Akibat dari setelan katup yang terlalu renggang dapat menimbulkan bunyi berisik pada pengerak katup dan batang katup bisa patah karena mendapat pukulan yang tiba-tiba serta mengakibatkan sudut pembukaan katup menjadi lebih singkat.

Akibat dari setelan katup yang terlalu sempit menyebabkan waktu pembukaan katup lebih lama dari semestinya. Overlapping menjadi lebih besar sehingga kerugian gas baru, ketika putaran idle, mesin bisa bergetar, katup tidak menutup secara sempurna, dan katup bisa terbakar karena tidak ada pemindahan panas pada pegas.

Baca Juga :  Fino 125 Sporty Produk Yamaha Awal 2021 Dengan Tampilan Biru Kebangganya

2. Terjadi Overheat dan detonasi (Knocking)

Terjadinya overheat atau mesin panas yang berlebih dan adanya knocking akibat terdapat banyaknya endapan kerak karbon pada ruang bakar di bagian katup dan kepala piston. Hal tersebut terjadi akibat pembakaran yang tidak sempurna dan campuran terlalu kaya, sehingga mengakibatkan munculnya panas yang berlebih pada mesin dan mesin mengeluarkan suara. Dengan begitu, permasalahan tersebut bisa perbaikan dengan melakukan proses pembersihan pada bagian kepala silinder, skir katup, dan penyetelan ulang campuran sistem bahan bakar.

3. Timbul asap pada knalpot berwarna putih dan oli cepat habis

Hal tersebut disebabkan karena perapat batang katup yang sudah aus maupun valve guide yang harus segera diganti.

4. Terdengar suara berisik berlebihan pada mesin

Jika suara terdengar di bagian kepala silinder maka hal tersebut disebabkan oleh penyetelan renggang katup yang tidak tepat, menyebabkan katup macet atau pegas katup putus. Terjadinya kerusakan menimbulkan ausnya noken as, rantai mesin longgar atau aus, penegang rantai mesin yang sudah mengalami aus atau rusak, gigi-gigi sprocket poros bubungan yang aus, atau bahkan penegang rantai mesin tidak berfungsi dengan baik. Apabila suara terdengar pada bagian bloksilinder terjadi karena blok silinder aus. Dengan demikian, gejala yang ditimbulkan oleh blok
silinder aus disebabkan oleh bagian piston dan cincin piston yang sudah aus dan mengalami kerusakan.

5. Mesin sulit di start

Diakibatkan oleh pegas katup yang lemah sehingga terjadi kebocoran kompresi.

6. Tekanan kompresi tinggi, mesin terlalu panas atau terdengar suara menggelitik

Hal tersebut diakibatkan oleh kerak karbon yang menumpuk pada bagian ruang bakar, bagian kepala piston dan kepala katup.

Baca Juga :  Yamaha V50, si Jadul Yang Lagi Gencar di Cari

7. Tekanan kompresi terlalu lemah, mesin sulit di hidupkan, atau rendahnya performance mesin pada kecepatan rendah

Jika terjadi pada bagian katup hal tersebut diakibatkan karena setelan kerenggangan katup terlalu rapat atau tidak tepat, tertib buka katup tidak tepat, terjadinya kebocoran kepala katup, seal tangkai katup aus atau rusak, bos katup aus atau rusak, kekuatan pegas katup terlalu lemah atau pegas katup putus. Sedangkan jika terjadi pada bagian kepala silinder disebabkan karena gasket atau packing kepala silinder bocor atau rusak, piston dan cincin piston yang aus atau cacat, dan kepala silinder bengkok atau ada keretakan.