dampak perubahan lingkungan
dampak perubahan lingkungan

Kunci Jawaban Dampak Perubahan Lingkungan

beritawarganet.com – Kunci Jawaban Dampak Perubahan Lingkungan. Pemanfaatan sumber daya alam yang dilakukan manusia jika tidak dimanfaatkan dengan bijaksana dan bertanggung jawab akan menyebabkan perubahan lingkungan. Perubahan lingkungan yang terjadi dapat berdampak buruk bagi lingkungan Sobat BW tinggal. Sobat BW apa saja kegiatan yang berdampak buruk bagi lingkungan? Mari kita cari tahu bersama!

 

Dampak Perubahan Lingkungan yang Disebabkan oleh Manusia terhadap Keseimbangan Ekosistem

 

1. Penebangan dan pembakaran hutan

Manusia melakukan penebangan dan pembakaran hutan secara liar demi membuka lahan pertanian, permukiman, serta mengambil kayu dari hutan sebagai bahan dalam membuat perlengkapan rumah tangga. Kegiatan tersebut tentu saja membuat hutan menjadi gundul. Hal semacam ini memengaruhi daur hidup tumbuhan dan hewan. Beberapa populasi tumbuhan berkurang bahkan punah, beberapa hewan yang masih hidup kehilangan tempat tinggal.

Baca Juga :  Apa Pengertian Arduino? Penjelasan Lengkap

 

2. Penggunaan bahan-bahan kimia dan pestisida secara berlebihan

Salah satu contoh penggunaan bahan kimia adalah penggunaan detergen sebagai bahan pembersih. Bahan ini menghasilkan busa yang dapat mencemari lingkungan. Busa detergen akan menutupi permukaan perairan sehingga sinar matahari tidak dapat menembus perairan. Proses fotosintesis tumbuhan air menjadi terganggu. Hal itu memengaruhi daur hidup tumbuhan dan hewan air. Akibatnya tumbuhan kekurangan makanan dan akhirnya mati. Contoh lainnya adalah penggunaan pestisida yang berlebihan untuk memberantas hama tanaman yang dapat membunuh hewan lain yang lebih menguntungkan.

 

3. Eksploitasi sumber daya laut

Eksploitasi sumber daya laut ini umumnya berupa kegiatan pengeboran minyak di laut. Kegiatan ini dapat menyebabkan pencemaran apabila terjadi kebocoran sehingga menyebabkan minyak mencemari laut. Sinar matahari yang dibutuhkan dalam proses fotosintesis tanaman air akan terhalang oleh minyak yang menutupi permukaan sehingga jumlah oksigen berkurang dan hewan laut kesulitan bernapas. Hal ini akan mengganggu ekosistem laut dan daur hidup hewan serta tumbuhan laut.

 

4. Perpindahan penduduk

Perpindahan penduduk mengakibatkan daerah yang didatangi menjadi sangat padat akibat jumlah pemukiman yang terbatas. Hal ini akan memicu terbentuknya pemukiman kumuh yang memengaruhi kualitas kesehatan manusia dan menyebabkan pencemaran lingkungan semakin meningkat sehingga dapat mengganggu keseimbangan ekosistem.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 14 halaman 56 Kebutuhan Hidup IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

 

5. Penggunaan kendaraan bermotor

Dalam menjalankan kendaraan bermotor dibutuhkan bahan bakar, baik bensin maupun solar. Namun, pembakaran bahan bakar tersebut menyebabkan polusi udara. Pembakaran tersebut menghasilkan gas karbon dioksida sehingga bumi menjadi semakin panas. Akibatnya, banyak makhluk hidup yang sulit beradaptasi. Beberapa di antara mereka akan mati sehingga akan mengganggu keseimbangan ekosistem.

 

6. Perburuan liar

Sebagian manusia gemar melakukan perburuan liar terhadap hewan dan tumbuhan dengan tujuan tertentu. Perburuan tersebut dapat mengakibatkan kelangkaan hewan dan tumbuhan. Jika tidak dihentikan, perburuan liar dapat mengakibatkan kepunahan. Akibatnya, keseimbangan ekosistem dan daur hidup hewan menjadi terganggu.

 

7. Perusakan terumbu karang

Terumbu karang merupakan rumah bagi hewan-hewan laut. Warnanya yang indah membuat sebagian kalangan mengambilnya untuk dijadikan hiasan. Pengambilan ini tentu mengancam keberadaan terumbu karang. Apalagi terumbu karang membutuhkan waktu yang sangat lama untuk dapat terbentuk kembali. Akibatnya, ikan-ikan kehilangan tempat tinggal. Ekosistem laut dan daur hidup hewan laut pun menjadi terganggu. Jika dibiarkan, lambat laun ikan-ikan akan punah.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Matematika Latihan 2.5 halaman 126 kelas 9

 

Ayo Berlatih

Kunci Jawaban Dampak Perubahan Lingkungan – Kamu telah membaca bacaan “Dampak Perubahan Lingkungan yang Disebabkan oleh Manusia terhadap Keseimbangan Ekosistem”. Temukan informasi-informasi penting pada bacaan tersebut. Selanjutnya, lakukan latihan berikut.

Lengkapilah peta pikiran berikut.

 

 

Ayo Berlatih

Kunci Jawaban Dampak Perubahan Lingkungan – Sekarang ini banyak perilaku dan kegiatan orang-orang di sekitar kita yang justru merusak lingkungan alam. Apa saja perilaku dan kegiatan yang merusak lingkungan tersebut? Carilah jawaban pertanyaan tersebut dengan bertanya kepada narasumber di sekitarmu. Kamu dapat bertanya kepada orang tuamu, Bapak/ Ibu guru, atau orang-orang lain di sekitarmu.

dampak perubahan lingkungan

 

Kesimpulan: sebagai manusia yang sangat bergantung pada alam dan lingkungan sudah seharusnya kita menjaga dan melestarikan lingkungan.

 

Kunci Jawaban Dampak Perubahan Lingkungan – Perubahan lingkungan yang terjadi akibah kegiatan yang dilakukan manusia disadari atau pun tidak akan berdampak kembali kepada manusia seperti bencana alam. Bencana alam yang terjadi dapat berupa banjir, tanah longsor, polusi udara, dan masih banyak lagi. Perubahan lingkungan tidak hanya berdampak kepada manusia saja, tetapi juga akan berdampak pada makhluk hidup lainnya.

Sebagai manusia yang memanfaatkan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan hidup, Sobat BW memiliki kewajiban untuk ikut menjaga dan melestarikan lingkungan, agar terjadi keseimbangan.

Semoga bermanfaat ya..