Hutan Kota Bungkirit, Rekomendasi Wisata Alam di Kuningan

Hutan Kota Bungkirit, Rekomendasi Wisata Alam di Kuningan

Berita Warganet – Hutan Kota Bungkirit, Rekomendasi Wisata Alam di Kuningan. Hutan Kota Bungkirit merupakan salah satu objek wisata alam di kawasan rekreasi yang menawan. Sekitar 2 kilometer dari Alun-Alun Kuningan, saat ini Hutan Kota Bungkirit menjadi tempat berkumpulnya warga Kuningan dan berolahraga di pagi hari. Dan akan sangat ramai dikunjungi wisatawan saat hari libur atau akhir pekan.

Secara administratif, pemerintahan ini berada di Desa Powa Vinangong di Kecamatan Cunningan, sebuah hutan kota yang hanya berjarak sekitar 2 kilometer dari pusat kota Cunningan.

Baca Juga :  Dirgahayu ke-166 Kabupaten Cilacap, Gambar Ucapan Tahun 2022

Bungkirit adalah nama balok di kawasan yang semula merupakan tanah lengkung (saat itu) di Desa Purwawinangun. Dengan berubahnya status desa menjadi jalan, tanah tersebut dikembalikan menjadi milik Pemkab Kuningan. Sejak tahun 2007, lahan yang terbengkalai dan ditumbuhi semak belukar dan ilalang itu telah digarap oleh penduduk setempat dan ditanami kembali dengan berbagai pohon buah-buahan dan kehutanan.

Wisata Hutan Kota Bungkirit
Wisata Hutan Kota Bungkirit

Baca Juga : Rekomendasi Tempat Wisata di Kuningan, Terbaik Populer 2022

Pada tahun 2008, Pemerintah Kabupaten Kuningan mengeluarkan peraturan daerah tentang hutan kota, dan surat keputusan bupati untuk menetapkan kawasan Bungkirit seluas 1,5 hektar sebagai Kawasan Hutan Kota Kuningan. Pada tahun yang sama, dibentuk Unit Pelaksana Teknologi Pengelolaan Hutan (UPT) Kota Bungkirit di bawah Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Kuningan.

Baca Juga :  Link Twibbon Hari Lahir Pancasila 2022, Download Gratis

Pembangunan fisik berlangsung antara 2010 dan 2011. Ini terutama mencakup trotoar dan jembatan, paviliun dan jaringan infrastruktur lainnya. Setelah itu, hutan kota bebas dan terbuka untuk acara umum.

Fasilitas utama taman dan hutan kota ini adalah jaringan jalan setapak yang menuju ke hampir seluruh bagian hutan, di atas lereng dan persawahan dibangun jembatan besi panjang. Selain itu, terdapat fasilitas bermain anak, pendopo, toilet, mushola dan fasilitas wisata lainnya.

Baca Juga :  Twibbon Hari Krida Pertanian 2021, Download Gratis Disini !!

Kebanyakan pengunjung datang ke hutan kota ini untuk berekreasi, atau untuk membuat acara keluarga. Akan tetapi banyak pula sekolah-sekolah yang memanfaatkannya untuk belajar di ruang terbuka, dan untuk berolahraga. Pramuka dan pecinta alam juga acap memanfaatkannya sebagai tempat berlatih.

Lokasi Wisata Hutan Kota Bungkirit

Apabila Sobat bingung rute terbaik menuju ke obyek wisata Hutan Kota Bungkirit, Sobat bisa mengakses peta lokasinya berikut ini untuk mempermudah perjalanan liburan Sobat, Simak lokasi Hutan Kota Bungkirit di bawah ini :

KUNJUNGI