Jawaban Kegiatan 2 Hikayat Sa-ijaan dan Ikan Todak

Jawaban Kegiatan 2 Hikayat Sa-ijaan dan Ikan Todak

Jawaban Kegiatan 2 Hikayat Sa-ijaan dan Ikan Todak – Dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai jawaban kegiatan 2 hikayat sa-ijaan dan ikan todak yang terdapat pada buku buku cerdas cergas berbahasa dan bersastra indonesia untuk SMA/SMK Kelas X halaman 58.

Jawaban Kegiatan 2 Hikayat Sa-ijaan dan Ikan Todak Halaman 58

Sobat bacalah terlebih dahulu dengan seksama teks Hikayat Sa-ijaan dan Ikan Todak

 setelah itu kita akan mulai masuk dalam pembahasan soal.

Mari kita simak bersama mengenai jawaban kegiatan 2 hikayat sa-ijaan dan ikan todak berikut ini.

Hikayat Sa-ijaan dan Ikan Todak

Menurut sahibul hikayat, sebermula ada seorang Datu yang sakti mandraguna sedang bertapa di tengah laut. Namanya Datu Mabrur. Ia bertapa di antara Selat Laut dan Selat Makassar.

Siang-malam ia bersamadi di batu karang, di antara percikan buih, debur ombak, angin, gelombang dan badai topan. Ia memohon kepada Sang Pencipta agar diberi sebuah pulau. Pulau itu akan menjadi tempat bermukim bagi anak-cucu dan keturunannya, kelak.

Hatta, ketika laut tenang, seekor ikan besar tiba-tiba muncul dari permukaan laut dan terbang menyerangnya. Tanpa beringsut dari tempat duduk maupun membuka mata, Datu Mabrur menepis serangan mendadak itu.

Ikan itu terpelanting dan jatuh di karang. Setelah jatuh ke air, ikan itu menyerang lagi. Demikian berulang-ulang. Di sekeliling karang, ribuan ikan lain mengepung, memperlihatkan gigi mereka yang panjang dan tajam, seakan prajurit siap tempur. Pada

serangannya yang terakhir, ikan itu terpelanting jatuh persis saat Datu Mabrur membuka matanya.

“Hai, ikan! Apa maksudmu mengganggu samadiku? Ikan apa kamu?”

“Aku ikan todak, Raja Ikan Todak yang menguasai perairan ini. Samadimu membuat lautan bergelora. Kami terusik, dan aku memutuskan untuk menyerangmu. Tapi, engkau memang sakti, Datu Mabrur. Aku takluk,” katanya, megap-megap. Matanya berkedip-kedip menahan sakit. Tubuhnya terjepit di sela-sela karang tajam.

Baca Juga :  Jawaban PMM Post Test Topik 11 Semangat Guru 2: Kompetensi Nonteknis Kurikulum Merdeka

“Jadi, itu rakyatmu?” Datu Mabrur menunjuk ribuan ikan yang mengepung karang.

“Ya, Datu. Tapi, sebelum menyerangmu tadi, kami telah bersepakat. Kalau aku kalah, kami akan menyerah dan mematuhi apa pun perintahmu.”

“Datu, tolonglah aku. Obati luka-lukaku dan kembalikanlah aku ke laut. Kalau terlalu lama di darat, aku bisa mati. Atas nama rakyatku, aku berjanji akan mengabdi padamu, bila engkau menolongku…” Raja Ikan Todak mengiba-iba. Seolah sulit bernapas, insangnya membuka dan menutup.

“Baiklah,” Datu Mabrur berdiri. “Sebagai sesama makhluk ciptaan-Nya, aku akan menolongmu.”

“Apa pun permintaanmu, kami akan memenuhinya. Datu ingin istana bawah laut yang terbuat dari emas dan permata, dilayani ikan duyung dan gurita? Ingin berkeliling dunia, bersama ikan paus dan lumba-lumba?”

“Tidak. Aku tak punya keinginan pribadi, tapi untuk masa depan anak-cucuku nanti….” Lalu, Datu Mabrur menceritakan maksud pertapaannya selama ini.

“Akan kukerahkan rakyatku, seluruh penghuni lautan dan samudera. Sebelum matahari terbit esok pagi, impianmu akan terwujud. Aku bersumpah!” jawab Raja Ikan Todak.

Datu Mabrur tak dapat membayangkan, bagaimana Raja Ikan Todak akan memenuhi sumpahnya itu. “Baiklah. Tapi kita harus membuat perjanjian. Sejak sekarang kita harus sa-ijaan, seiring sejalan. Seia sekata, sampai ke anak-cucu kita. Kita harus rakat mufakat, bantu membantu, bahu membahu. Setuju?”

“Setuju, Datu…,” sahut Raja Ikan Todak yang tergolek lemah.

Ia sangat membutuhkan air.

Mendengar jawaban itu, Datu Mabrur tersenyum. Dengan hati-hati, dilepaskannya tubuh Raja Ikan Todak dari jepitan karang, lalu diusapnya lembut.

Ajaib! Dalam sekejap, darah dan luka di sekujur tubuh Raja Ikan Todak itu mengering! Kulitnya licin kembali seperti semula, seakan tak pernah luka. Ikan itu menggerak-gerakkan sirip dan ekornya dengan gembira. Dengan lembut dan penuh kasih sayang, Datu Mabrur mengangkat Raja Ikan Todak itu dan mengembalikannya ke laut. Ribuan ikan yang tadi mengepung karang, kini berenang mengerumuninya, melompat-lompat bersuka ria.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Siswa Aktif halaman 103 Produk dan Jasa Lokal PPKn SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

“Sa-ijaan!” seru Raja Ikan Todak sambil melompat di permukaan laut.

“Sa-ijaan!” sahut Datu Mabrur.

Sebelum tengah malam, sebelum batas waktu pertapaannya berakhir, Datu Mabrur dikejutkan oleh suara gemuruh yang datang dari dasar laut. Gemuruh perlahan, tapi pasti. Gemuruh suara itu terdengar bersamaan dengan timbulnya sebuah daratan, dari dasar laut! Kian lama, permukaan daratan itu kian tampak.

Naik dan terus naik! Lalu, seluruhnya timbul ke permukaan!

Di bawah permukaan air, ternyata jutaan ikan dari berbagai jenis mendorong dan memunculkan daratan baru itu dari dasar laut. Sambil mendorong, mereka serempak berteriak, “Sa-ijaan! Sa-ijaan! Sa-ijaaan…!”

Datu Mabrur tercengang di karang pertapaannya. Raja Ikan Todak telah memenuhi sumpahnya! Bersamaan dengan terbitnya matahari pagi, daratan itu telah timbul sepenuhnya. Berupa sebuah pulau. Lengkap dengan ngarai, lembah, perbukitan dan pegunungan. Tanahnya tampak subur. Pulau kecil yang makmur.

Datu Mabrur senang dan gembira. Impiannya tentang pulau yang akan menjadi tempat tinggal bagi anak-cucu dan keturunannya, telah menjadi kenyataan. Permohonannya telah

dikabulkan. Dengan memanjatkan puji dan syukur kepada Sang Pencipta, ia menamakannya Pulau Halimun.

Alkisah, Pulau Halimun kemudian disebut Pulau Laut. Sebab, ia timbul dari dasar laut dan dikelilingi laut. Sebagai hikmahnya, kata sa-ijaan dan ikan todak dijadikan slogan dan lambang Pemerintah Kabupaten Kotabaru.

Kegiatan 2

Setelah menyimak Hikayat Sa-ijaan dan Ikan Todak jawablah pertanyaan berikut. Kalian dapat meminta teman untuk membacakan hikayat tersebut sekali lagi agar mendapatkan pemahaman yang lebih baik.

1. Berdasarkan penggalan cerita pada Hikayat Sa-ijaan dan Ikan Todak berikut, sifat Datu Mabrur apakah yang hendak disampaikan penulis kepada pembaca?

Siang-malam ia bersamadi di batu karang, di antara percikan buih, debur ombak, angin, gelombang dan badai topan.

2. Bagaimana perasaan Ikan Todak saat muncul ke permukaan dan memperkenalkan dirinya kepada Datu mabrur?

3. Apakah kalian setuju dengan sikap Raja Ikan Todak yang menyerang Datu Mabrur?

  • Setuju
  • Tidak setuju
Baca Juga :  Kunci Jawaban "Keragaman Ekonomi di Indonesia (2)"

Alasan: _____________________________________________________________________________

4. Tentukan apakah pernyataan berikut ini benar atau salah.

a. Datu Mabrur ingin memiliki pulau yang dapat ia tinggali dan kuasai

b. Datu Mabrur dapat mengatasi serangan Ikan Todak

c. Ikan Todak menyerang Datu Mabrur karena telah sengaja menyakiti pasukannya

d. Sa-ijaan berarti saling membantu.

e. Proses munculnya daratan baru dari dasar laut terjadi sejak tengah malam hingga pagi hari.

5. Bagaimana hubungan pesan moral yang disampaikan dengan kondisi masyarakat pada saat ini?

Jawaban    :

  1. Datu Mabrur memiliki sifat yang gigih dan bersungguh – sungguh ketika memiliki keinginan. Pantang menyerah walaupun banyak kesulitan yang ia hadapi.
  2. Ikan todak merasa terusik saat Datu bersamadi, merasa takut dan malu saat mengakui kekalahannya dan kesaktian Datu.
  3. Setuju, karena Raja ikan todak merasa terancam dengan keberadaan Datu saat bersamadi yang membuat lautan bergelora.
  4. a. Datu Mabrur ingin memiliki pulau yang dapat ia tinggali dan kuasai. (Salah)

b. Datu Mabrur dapat mengatasi serangan Ikan Todak. (Benar)

c. Ikan Todak menyerang Datu Mabrur karena telah sengaja menyakiti pasukannya. (Salah)

d. Sa-ijaan berarti saling membantu. (Benar)

e. Proses munculnya daratan baru dari dasar laut terjadi sejak tengah malam hingga pagi hari. (Benar)

5. Pesan moral yang disampaikan adalah penting bagi kita untuk saling tolong menolong, bekerja sama, saling memaafkan dan meluruskan kesalahpahaman.

Kesimpulan

Nah, itulah pembahasan mengenai jawaban kegiatan 2 hikayat sa-ijaan dan ikan todak yang terdapat pada buku buku cerdas cergas berbahasa dan bersastra indonesia untuk SMA/SMK Kelas X halaman 58.

Disclaimer : Jawaban yang telah dibahas di atas bukan jawaban yang mutlak benar, akan tetapi artikel ini diharapkan dapat membantu sobat dalam belajar.

Baca Juga :

You May Also Like