kegiatan di bidang ekonomi

Kunci Jawaban Kegiatan dalam Bidang Ekonomi

Beritawarganet.com – Kunci Jawaban Kegiatan dalam Bidang Ekonomi. Sobat BW, seperti yang kita ketahui bahwa masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka akan melakukan kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi yang dilakukan dapat di bidang pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, dan lain sebagainya. Lalu, bagaimana pengaruh kegiatan ekonomi terhadap kesejahtaraan masyarakat

Ayo kita simak penjelasan berikut.

Kegiatan ekonomi adalah suatu kegiatan seseorang, perusahaan, maupun masyarakat, untuk memproduksi barang dan jasa maupun mengonsumsi barang dan jasa tersebut. Untuk memenuhi kehidupan, seseorang akan melakukan kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan baik berupa sandang, pangan, dan papan. Dalam sebuah kegiatan ekonomi, terdapat perputaran uang. Seseorang akan mendapatkan uang untuk memenuhi kehidupannya setelah ia melakukan kegiatan ekonomi lainnya, yaitu melakukan pekerjaan. Setiap manusia tidak akan terlepas dari kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi tidak hanya dilakukan oleh seseorang, namun juga dilakukan oleh perusahaan, organisasi, pemerintah, bahkan negara.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Percobaan Air Tanah dan Permukaan

 

Kegiatan dalam Bidang Ekonomi

Kegiatan utama yang dilakukan dalam bidang ekonomi terdiri atas:

1. Produksi

Produksi yaitu kegiatan menambah faedah (kegunaan) suatu benda. Produksi juga berarti menciptakan benda baru sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan.

Tujuan dari kegiatan produksi secara umum adalah untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam rangka mencapai kemakmuran. Tujuan khusus kegiatan produksi, yaitu untuk menghasilkan barang dan jasa, mendapatkan keuntungan, dan sebagai alat pemuas kebutuhan.

 

2. Distribusi

Distribusi adalah penyaluran atau penyampaian barang-barang dan jasa dari produsen ke konsumen.

Tujuan dari distribusi adalah menyampaikan barang atau jasa dari tempat produsen ke tempat pengguna atau pemakai. Pelaku distribusi dapat memperoleh upah ataupun keuntungan dari kegiatan distribusi barang yang dilakukannya.

 

3. Konsumsi

Konsumsi adalah tindakan menghabiskan atau mengurangi secara berangsur-angsur manfaat suatu barang dalam memenuhi kebutuhan untuk memelihara kelangsungan hidupnya.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Perbedaan Gaya dan Gerak

Tujuan kegiatan konsumsi yaitu untuk memenuhi kebutuhan hidup. Kegiatan konsumsi juga memiliki fungsi menjaga kelangsungan hidup, memenuhi semua kebutuhan.

 

Ketiga kegiatan ekonomi tersebut, sangat berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat. Semakin maju kegiatan ekonomi dalam suatu negara, berarti semakin lancar juga arus peredaran uang, barang, dan jasa untuk memenuhi kebutuhkan masyarakat. Dengan demikian, tingkat kesejahteraan juga semakin meningkat. Diperlukan kondisi ketahanan dan pemerintahan yang stabil agar kegiatan ekonomi yang berlangsung di suatu negara dapat berjalan dengan baik. Pemerintahan yang stabil dapat tercapai jika masyarakatnya selalu menjunjung tinggi rasa persatuan dan kesatuan.

 

Ayo Mencoba

Kamu telah memahami tentang kegiatan ekonomi dan pengaruhnya bagi kehidupan masyarakat. Untuk mengembangkan keterampilan berpikirmu, buatlah mind map atau peta pikiran dari materi yang telah kamu pelajari tersebut. Mind map dapat dibuat pada kertas manila, asturo, ataupun kertas karton. Kamu bebas berkreasi menggunakan spidol warna-warni dan membuat bentuk mind map sesuai keinginan.

Baca Juga :  Apa yang Perlu Diperhatikan Saat Membuat Infografis Dari Segi Tampilan?

Buatlah sebaik dan sekreatif mungkin.

Contohnya sebagai berikut.

kegiatan di bidang ekonomi

Ayo Berdiskusi

Kesejahteraan masyarakat akan tercipta jika kegiatan ekonomi berlangsung stabil dan lancar. Tingginya kegiatan ekonomi akan semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Apa yang akan terjadi jika kegiatan ekonomi tidak berjalan dengan baik? Bagaimana pengaruhnya terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat?

Laporan Hasil Diskusi

Jika kegiatan ekonomi tidak berjalan dengan baik maka kebutuhan masyarakat akan tidak terpenuhi dan kesejahteraan masyarakat tidak dapat tercapai.

 

Sobat BW, itulah kegiatan yang dilakukan dalam bidang ekonomi, yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi. Kegiatan produksi merupakan kegiatan menambah keguanaan barang. Kegiatan distribusimerupakan kegiatan menyampaikan/penyaluran barang. Sendangkan kegiatan konsumsi merupakan kegiatan memakai barang secara berangsur-angsur.

Semoga bermanfaat ya..