Jawaban Menemukan Pandangan Pengarang dalam Novel

Jawaban Menemukan Pandangan Pengarang dalam Novel

Jawaban Menemukan Pandangan Pengarang dalam Novel – Halo sobat, dalam artikel kali ini akan disajikan informasi mengenai jawaban menemukan pandangan pengarang dalam novel halaman 125 yang terdapat pada buku Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK KELAS XII Edisi Revisi 2018.

Dalam pembahasan kali ini, sobat akan menemukan pandangan pengarang dalam novel berjudul Ronggeng Dukuh Paruk. Disini akan disajikan informasi mengenai jawaban tugas tersebut, jawaban hanya bersifat untuk membantu sobat dalam belajar. Sobat bisa menjawab sesuai dengan pemahaman sobat, untuk itu jawaban yang akan disajikan bisa dijadikan pembanding sehingga sobat lebih memahami materi dalam pembahasan kali ini.

Baca Juga :  Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 261 Bagian 3

Kalau begitu, mari langsung saja kita simak ulasan berikut ini !

Jawaban Menemukan Pandangan Pengarang dalam Novel Halaman 125

Menyajikan Hasil Interpretasi Pandangan Pengarang

! Setelah mempelajari materi ini, kamu diharapkan mampu:

(1) menemukan pandangan pengarang dalam novel; dan

(2) menyajikan hasil interpretasi pandangan pengarang dengan kalimat yang baik dan benar.

Berapa novel yang pernah kalian baca? Bagaimana dengan isi novel yang kalian baca? Tentu berbeda-beda bukan? Selain tema yang diusung, perbedaan yang ada adalah cara menyajikan cerita dan sudut pandang pengarang. Setiap pengarang memiliki pandangan masing-masing dalam menyikapi suatu hal yang biasanya tergambar pada karyanya. Kamu telah membaca beberapa penggalan novel Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari, bukan? Apa yang dapat kalian temukan? Bagaimana pandangan pengarang dalam novel tersebut? Untuk mengetahui hal tersebut, kalian harus membaca novel tersebut secara utuh. Setelah itu, barulah kalian dapat menemukan bagaimana pandangan pengarang dalam novel tersebut.

Baca Juga :  Seorang pemain menggenggam raket dengan kencang. Otot yang bekerja untuk menggengam raket tersebut

Kegiatan 1

Menemukan Pandangan Pengarang dalam Novel

Pada kegiatan ini kalian diminta untuk menemukan pandangan pengarang dalam novel Ronggeng Dukuh Paruk. Untuk memudahkan pekerjaanmu, ikutilah format berikut ini dan salinlah di buku tugasmu!

Aspek KehidupanPandangan Pengarang
Sosial 
Keagamaan 
Budaya 

Jawaban    :

Aspek KehidupanPandangan Pengarang
SosialPandangan pengarang mengenai aspek sosial yang terdapat pada novel, terlihat dari penggambaran dukuh Paruk merupakan kampung yang memprihatinkan dimana masyarakatnya hidup dalam kemiskinan, kelaparan, dan kebodohan.
KeagamaanSedangkan aspek keagamaan yang digambarkan dalam novel yaitu masyarakatnya masih mempercayai tradisi-tradisi leluhur dengan meminta bantuan kepada roh nenek moyang dengan memberikan sesajen.
BudayaPandangan budaya dalam novel digambarkan dengan masyarakat masih menjadi penari ronggeng dan masih mempercayai tradisi-tradisi nenek moyang.

Kesimpulan

nah sobat, demikianlah pembahasan mengenai jawaban menemukan pandangan pengarang dalam novel halaman 125 yang terdapat pada buku Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK KELAS XII Edisi Revisi 2018. Semoga bermanfaat !

Baca Juga :  Jawaban Mengidentifikasi Isi Teks Editorial

Disclaimer : Pembahasan soal di atas merupakan panduan untuk belajar, jawaban tidak mutlak dan bersifat terbuka sehingga masih dapat dikembangkan.

Baca Juga :