Jawaban Tugas Menelaah Bagian-Bagian Penting dalam Teks Ceramah

Jawaban Tugas Menelaah Bagian-Bagian Penting dalam Teks Ceramah

Jawaban Tugas Menelaah Bagian-Bagian Penting dalam Teks Ceramah – Halo sobat, dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai jawaban tugas menelaah bagian-bagian penting dalam teks ceramah halaman 85 yang terdapat pada Buku Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.

Sebelum masuk dalam pembahasan soal, sobat perhatikan teks di bawah ini sehingga bisa menjadi acuan sobat dalam menjawab soal. Untuk pembahasan selengkapnya, mari kita simak bersama ulasan berikut ini.

Jawaban Tugas Menelaah Bagian-Bagian Penting dalam Teks Ceramah Halaman 85

B. Menyusun Bagian-Bagian Penting dari Permasalahan Aktual

Setelah mempelajari materi ini, kamu diharapkan mampu:

1. menelaah bagian-bagian penting dalam teks ceramah;

2. menemukan kalimat majemuk bertingkat dalam teks ceramah.

Kegiatan 1

Menelaah Bagian-Bagian Penting dalam Teks Ceramah

Perhatikan cuplikan bacaan berikut.

Tentang Jepang

Pernahkah kamu pergi ke Jepang? Jepang termasuk negara kecil di Asia yang sudah maju. Banyak hal yang perlu diketahui tentang Jepang. Masyarakat negara ini mampu mempertahankan tradisi yang berkembang di masyarakatnya.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 1 halaman 227 Perbedaan Cara Pandang Geografi dengan Ilmu Lainnya IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Anak-anak Jepang membersihkan sekolah mereka setiap hari, selama seperempat jam dengan para guru. Itulah yang menyebabkan munculnya generasi Jepang yang sederhana dan suka pada kebersihan. Para siswa belajar menjaga kebersihan karena dalam mengatasi kebersihan merupakan bagian dari etika Jepang. Siswa Jepang, dari tahun pertama hingga tahun keenam sekolah dasar harus belajar etika dalam berurusan dengan orang-orang.

Pekerja kebersihan di Jepang dimaksudkan untuk menciptakan kesehatan. Oleh karena itu, mereka sering disebut “insinyur kesehatan” dan mendapatkan gaji setara dengan Rp50 Juta per bulan. Untuk merekrut mereka dilakukan melalui tes tertulis dan wawancara.

Jepang tidak memiliki sumber daya alam yang melimpah seperti Indonesia. Mereka sering terkena gempa bumi, tetapi itu tidak mencegah Jepang menjadi negara dengan kekuatan ekonomi terbesar kedua di dunia. Rakyat Jepang mengatasi kekurangan sumber daya alam dengan mengoptimalkan sumber daya lainnya.

Jika kamu pergi ke sebuah restoran prasmanan di Jepang maka kamu akan melihat orang-orang yang hanya makan sebanyak yang mereka butuhkan. Dengan begitu, tidak ada sisa-sisa makanan. Selain itu, dari restoran tidak ada limbah apa pun.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Matematika Soal Ringkasan halaman 87 kelas 7

Masyarakat Jepang sangat menghargai waktu. Mereka selalu menepati waktu. Bahkan, tingkat keterlambatan kereta di Jepang hanya sekitar 7 detik per tahun. Budaya mereka dalam menghargai nilai waktu sangat dijaga sehingga mereka sangat tepat waktu, dengan perhitungan menit dan detik.

Jepang sangat menghargai pendidikan. Masyarakatnya mendukung visi pendidikan di Jepang. Jika kamu bertanya kepada mereka, “Apakah arti pelajar itu?” Maka mereka akan menjawab bahwa, “Pelajar adalah masa depan Jepang”.

Bagian-bagian yang bercetak tebal merupakan hal penting dalam seluruh rangkaian cuplikan ceramah tersebut. Bagian-bagian tersebut merupakan bagian pokok atau dasar dari suatu ceramah. Adapun bagianbagian lainnya berperan sebagai penjelas saja.

Penting atau tidaknya suatu uraian dapat pula berdasarkan kebermanfaatannya. Apabila bagian itu dianggap bermanfaat atau sangat perlu diketahui, maka bagian itulah yang penting. Sementara itu, pernyataan lain yang kurang bermanfaat atau sudah diketahui maksudnya, maka bagian itu bukanlah hal penting. Dengan demikian, penting tidaknya suatu uraian bisa berbeda antara pendengar yang satu dengan pendengar yang lainnya. Meskipun demikian, berdasarkan paparan yang tersaji dalam teks ceramah itu, suatu informasi dianggap penting apabila informasi itu bersifat umum yang merangkum atau menjadi dasar uraian-uraian lainnya.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 6.4 halaman 139 Pertumbuhan Penduduk Indonesia IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Tugas

1. Kerjakanlah latihan berikut sesuai dengan instruksinya!

a. Bacalah teks di bawah ini dengan baik.

b. Secara berkelompok, tandailah bagian-bagian penting dari teks tersebut.

c. Buatlah simpulan tentang isi teks itu secara keseluruhan!

2. Setelah membaca dan menjawab pertanyaan, lakukanlah hal-hal berikut!

a. Presentasikanlah pendapat kelompokmu di depan kelompok lainnya.

b. Mintalah anggota dari kelompok lain untuk memberikan tanggapan/ kritik berdasarkan ketepatan dan kelengkapannya!

Jawaban    :

  1.  
NoBagian-bagian penting
1Menggambarkan bahwa ada dua kelompok siswa yang memiliki sikap berbahasa yang berbeda di sekolah.
2Penyebab  ketidakberesan dalam berbahasa, antara lain, disebabkan oleh kekurangwibawaan bahasa Indonesia itu sendiri di mata mereka yang dianggap kurang “asyik”.
3Penggunaan bahasa yang acak-acakan juga banyak dipelopori oleh kalangan pebisnis.
4Kalangan terpelajar dijuluki sebagai “tulang punggung negara, harapan masa depan bangsa” seharusnya tidak larut dengan kebiasaan seperti itu.
5Intensitas para siswa dalam memahami literatur-literatur ilmiah sesungguhnya merupakan sarana efektif dalam mengakrabi ragam bahasa baku.
 Simpulan Siswa saat ini kebanyakan menggunakan Bahasa gaul daripada Bahasa Indonesia yang baku, hal tersebut dianggap Bahasa Indonesia kurang asyik. Hal lain juga diperngaruhi oleh penggunaan Bahasa kalangan pebisnis yang acak-acakan. Oleh karena itu penting sekali para siswa untuk memahami literatur-literatur ilmiah sehingga lebih akrab dengan penggunaan Bahasa baku.  

Kesimpulan

Nah sobat, itulah pembahasan mengenai jawaban tugas menelaah bagian-bagian penting dalam teks ceramah halaman 85 yang terdapat pada Buku Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.

Disclaimer :  Jawaban yang telah dibahas di atas bukan jawaban yang mutlak benar, akan tetapi artikel ini diharapkan dapat membantu sobat dalam belajar.

Baca Juga :