adaptasi dengan alam

Kunci Jawaban Adaptasi dengan Alam Sekitar

Beritawarganet.com – Kunci Jawaban Adaptasi dengan Alam Sekitar. Sobat BW, tahukah kalian bahwa bentuk permukaan bumi tidaklah rata?

 

Bentuk permukaan bumi ada yang tinggi dan ada yang rendah, ada yang berbentuk daratan dan perairan. Wilayah daratan ini yang banyak digunakan manusia untuk membangun tempat tinggal. Tetapi tidak menutup kemungkinan ada masyarakat yang tinggal di daerah perairan. Pada dasarnya manusia harus bisa beradaptasi dengan daerah dimana mereka berada.

 

Ayo Membaca

Adaptasi Masyarakat Terhadap Ketampakan Alam Sekitar

Permukaan bumi tidak rata. Permukaan bumi ada yang tinggi dan ada yang rendah. Ketampakan alam adalah berbagai bentuk muka bumi yang terjadi secara alamiah. Ketampakan alam terdiri atas dua bagian pokok, yaitu ketampakan alam berupa perairan dan ketampakan alam yang berupa daratan.

 

Daratan adalah tempat kita berpijak. Bentuk ketampakan alam berupa daratan bermacam-macam, contohnya gunung, pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah, pantai, tanjung, dan delta. Perairan merupakan bagian dari permukaan bumi yang tergenang air. Bentuk ketampakan alam perairan contohnya sungai, danau, dan laut.

 

Manusia melakukan adaptasi berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Manusia hidup beradaptasi sesuai dengan alam dan ketampakan alam di lingkungan tempat tinggal. Adaptasi yang dilakukan meliputi jenis mata pencaharian utama, makanan, bentuk tempat tinggal, pakaian yang dikenakan, peralatan rumah tangga, dan teknologi. Semua kegiatan itu menyesuaikan tempat mereka tinggal. Kita dapat melihat hasil adaptasi masyarakat suatu daerah. Makanan dan barang-barang atau benda-benda khas dari daerah pegunungan berbeda dengan daerah pantai dan dataran rendah.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Fungsi Air Bagi Mahluk Hidup

 

Dari bacaan di atas dapat disimpulkan bahwa benda-benda atau barang barang di setiap daerah berbeda. Tidak hanya itu, air di laut juga akan berbeda dengan air di pegunungan. Dapatkah kamu membedakan air laut dengan air pegunungan?

 

Berikut perbedaan air laut dan air pegunungan:

1. Ciri air laut adalah

Memiliki rasa asin.

Bersumber dari aliran sungai besar yang menuju lautan.

Mengandung kadar garam tinggi

Memiliki jumlah atau volume yang sangat besar.

Dapat digunakan untuk pembuatan garam.

 

2. Air pegunungan

Memiliki rasa tawar.

Dapat digunakan sebagai air minum.

Bersumber dari mata air.

Tidak memiliki kadar garam.

Memiliki jumlah atau volume yang terbatas.

 

Baca Juga :  Jawaban Post Tes Modul 1 Memahami Asesmen Topik 4 Asesmen SD/Paket A

Semua daerah memiliki keunikan yang berbeda dari daerah lainnya. Tanah di daerah pegnungan berbeda dengan tanah di daerah pedesaan. Tanah di daerah pegunungan cocok untuk ditanami tanaman teh, tembakau, dan lain sebagainya. Sedangkan tanah di daerah pedesaan lebih cocok jika ditanami padi, jagung, kacang tanah, dan sebagainya.

 

Begitupula perbedaan air laut dan air pegunungan, air laut tidak cocok dijadikan sebagai sumber air minum karena rasanya yang asin dan mengandung kadar garam yang tinggi. Sedangkan air pegunungan dapat dijadikan sebagai sumber air minum karena rasanya yang tawar dan tidak memiliki kadar garam.

 

Ayo Mengamati

Berbicara tentang air, perhatikan iklan berikut.

 

 

Apa isi kedua iklan pada gambar di atas?

Amatilah kedua iklan tersebut. Kemudian, ungkapkan pendapatmu mengenai iklan tersebut.

Kedua iklan tersebut menawarkan tentang isi ulang air mineral dan pemasangan alat isi ulang air mineral, yang mana sama sama memiliki kelebihan hasil air mineralnya higienis, sehat dan aman untuk dikonsumsi.

 

Meskipun alam dan ketampakan alam daerah satu dengan daerah lainnya berbeda, kita sebagai masyarakat Indonesia harus menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan dan kesatuan. Untuk mewujudkan nilai nilai persatuan dan kesatuan dapat dimulai dari hal-hal kecil yang ada di sekitar kita. Perhatikan gambar dan uraian keterangan gambar berikut.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Tokoh dan Sifat Tokoh dalam Cerita

 

Pak Tagor mengajak Siti dan teman-teman membersihkan parit kecil di samping sekolah. Pak Tagor meminta anak-anak membersihkan sampah yang menghalangi aliran air. Pak Tagor juga meminta anak-anak mencabut rumput rumput ilalang disepanjang parit. Siti dan teman-teman senang melakukan kegiatan itu. Mereka rukun dan bekerja sama demi lingkungan sekolah yang bersih dan nyaman.

 

adaptasi dengan alam

 

Hidup rukun sangat menyenangkan. Hidup rukun harus terjalin, baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Siti bekerja sama dengan teman-teman seperti pada gambar di atas yang mencerminkan hidup rukun. Selain yang dicontohkan pada gambar, hidup rukun misalnya dengan membantu orang yang membutuhkan atau sedang susah. Dengan hidup rukun, kita turut memperkuat persatuan dan kesatuan di Indonesia.

 

Sobat BW, banyak sekali kegiatan-kegiatan yang dapat memperkuat persatuan dan kesatuan antar masyarakat hlo. Salah satu contohnya adalah kegiatan yang dilakukan oleh Pak Tagor dan murid-muridnya membersihkan parit di sekitar sekolah.

 

Semoga bermanfaat ya..

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Kunci Jawaban Adaptasi dengan Alam Sekitar yang dipublish pada April 13, 2022 di website Berita Warganet

Artikel Terkait