Hidup Rukun dalam Keragaman
Hidup Rukun dalam Keragaman

Kunci Jawaban Hidup Rukun dalam Keragaman

Beritawarganet.com – Kunci Jawaban Hidup Rukun dalam Keragaman. Tidak dipungkiri bahwa Indonesia merupakan bangsa yang terdiri dari berbagai macam suku, ras, agama, budaya, dan perbedaan lainnya. Meski begitu kita harus tetap menjunjung persatuan dan kesetuan agar tercipta kehidupan yang rukun dalam keragaman dan perbedaan.

 

Wilayah Indonesia membentang luas dari Sabang sampai Merauke. Bentang alam ini merupakan salah satu alasan Indonesia kaya akan keragaman budaya.

 

Keragaman budaya di antaranya berupa upacara adat, rumah adat, tari-tarian, dan berbagai lagu daerah. Hampir setiap daerah memiliki kebudayaan masing-masing. Banyaknya perbedaan kebudayaan dalam suku bangsa bisa menjadi sumber terjadinya konflik antara suku-suku bangsa dan golongan. Namun, keberagaman suku bangsa dan budaya tidak membuat bangsa Indonesia terpecah belah. Terbukti bangsa Indonesia tetap rukun dan bersatu.

 

Bhinneka Tunggal Ika merupakan semboyan bangsa kita yang mengungkapkan persatuan dan kesatuan yang berasal dari keanekaragaman. Bhinneka Tunggal Ika artinya berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Walaupun kita terdiri atas berbagai suku yang beraneka ragam budaya daerah, namun kita tetap satu bangsa Indonesia. Kita memiliki bahasa dan tanah air yang sama, yaitu bahasa Indonesia dan tanah air Indonesia. Bendera kebangsaan kita merah putih sebagai lambang identitas bangsa. Kita bersatu padu di bawah falsafah dan dasar negara Pancasila.

Baca Juga :  Sebutkan Konektivitas Pada Jaringan Berkabel! Informatika Kelas 10 Kurikulum Merdeka

 

Hidup Rukun dalam Keragaman

 

Apa menurutmu kerukunan itu? Apakah gambar di atas mencerminkan kerukunan?

Kerukunan adalah persatuan dan kesatuan masyarakat untuk mencapai tujuan atas dasar perbedaan-perbedaan yang sudah ada.

Gambar diatas menunjukan suatu kerukunan dalam suatu perbedaan. dari gambar dapat dilihat bahwa walaupun mereka memiliki suku yang berbeda-beda namun mereka bersatu dan rukun, tidak bertengkar karena adanya perbedaan itu.

 

Hidup rukun harus dilakukan antara sesama anggota masyarakat. Hidup rukun akan membuat persatuan dan kesatuan bangsa semakin kuat. Agama dan suku setiap anggota masyarakat tentu berbeda. Walaupun berbeda anggota masyarakat harus hidup rukun, saling membantu dan menolong. Contoh hidup rukun di masyarakat, misalnya, bekerja sama dalam kebersihan dan keamanan lingkungan. Hidup menjadi lebih baik dan nyaman jika hidup dengan rukun.

 

Ayo Berlatih

Baca Juga :  Jawaban Menemukan Informasi dalam Sebuah Artikel Opini

Apa wujud perilakumu untuk hidup rukun sebagai warga masyarakat? Tuliskan dalam kolom berikut.

1. Kita saling menghargai dan menghormati antar suku,agama dan lain sebagainya

2. Sikap saling tolong menolong merupakan faktor utama dalam hidup rukun

3. Sikap saling percaya

4. Sikap saling berekja sama atau musyawarah, tanpa adanya misyawarah kerukunan tidak akan tercapai

 

 

Ayo Mengamati

Hidup rukun juga harus diwujudkan antarumat beragama. Di Indonesia ada enam agama, yaitu Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu. Banyak imbauan dan ajakan dari pemerintah untuk hidup rukun dan damai antarumat beragama. Perhatikan gambar berikut.

 

 

Apakah gambar di atas merupakan bentuk suatu iklan? Tuliskan pendapatmu pada kolom berikut.

Iya, karena iklan berarti pemberitahuan/pengumuman, sehingga gambar tersebut merupakan bentuk suatu iklan, yakni iklan yang mengumumkan tentang diselenggarakannya lomba kerukunan umat beragama yang diadakan oleh pusat kerukunan umat beragama kementerian agama republik indonesia.

 

Iklan sering muncul di media cetak maupun media elektronik. Berbagai benda atau barang ditawarkan melalui iklan. Berbagai alat musik pun sering kali ditawarkan melalui iklan. Alat musik apa saja yang kamu ketahui? Dapatkah kamu memainkan alat musik? Mari mengenal alat musik melodis.

Baca Juga :  Ketika guru melakukan penilaian dengan memberikan cara siswa melakukan penilaian diri sendiri dalam proses pembelajaran

 

Alat musik melodis merupakan alat musik yang digunakan untuk memainkan melodi. Jadi, alat musik tersebut dapat digunakan untuk memainkan melodi lagu sesuai dengan tangga nadanya. Ada beberapa contoh alat musik melodis, misalnya seruling (recorder) atau pianika. Berikut cara memainkan kedua alat musik tersebut.

 

Ayo Mengamati

Perhatikan gambar berikut.

1. Cara Bermain Seruling (Recorder). Seruling Recorder dimainkan dengan cara ditiup. Hasil tiupan rata dan berbunyi tuuu. . ., bukan hu. . .. Perhatikan posisi jari untuk mendapatkan nada-nada tertentu.

2. Cara Bermain Pianika. Pianika dimainkan dengan cara meniup slang peniup dan menekan tuts pianika. Berikut nada-nada yang ada dalam pianika.

 

Meskipun berbeda-beda kita harus tetap menjunjung tinggi kesatuan dan persatuan ya Sobat BW. Maka dari itu kita harus memiliki sikap toleransi terhadap perbedaan yang ada di sekitar kita.

Semoga bermanfaat ya..