Pakaian Adat Minagkabau
Pakaian Adat Minagkabau

Kunci Jawaban “Keunikan Pakaian Adat Wanita Minangkabau”

Daftar Isi

beritawarganet.com – Kunci Jawaban “Keunikan Pakaian Adat Wanita Minangkabau”. Pakaian adat daerah-daerah di Indonesia sangat beragam dan memiliki keunikan sendiri-sendiri. Keunikan pakaian ada terdapat pada bahan kain, bentuk, aksesoris yang dgunakan baik laki-laki maupun perempuan, dan lain sebagainya. Seperti yang akan kita bahas berikut ini yaitu keunikan pakaian adat wanita Minangkabau. Sobat BW, mari kita simak bersama.

Keunikan Pakaian Adat Wanita Minangkabau

Setiap daerah mempunyai pakaian adat. Begitu pula dengan daerah Minang di Sumatra Barat. Pakaian adat bagi wanita Minang sering disebut Limpapeh Rumah Nan Gadang.

Pakaian adat Limpapeh Rumah Nan Gadang ini terdiri atas beberapa bagian. Setiap bagian memiliki keunikan masing-masing. Berikut ini adalah bagian-bagian dari Pakaian adat Limpapeh Rumah Nan Gadang.

Bagian paling atas adalah penutup kepala berbentuk runcing (gonjong) menyerupai bentuk atap rumah Minangkabau. Penutup kepala ini disebut tingkuluak. Namun, para pengantin biasanya memakai hiasan yang disebut suntiang.

Baca Juga :  Contoh Teks Pembawa Acara atau MC Idul Fitri 2022, Singkat Bermakna

Selanjutnya adalah baju adat yang disebut baju batabue. Baju ini penuh dengan hiasan benang emas yang melambangkan kekayaan alam Minangkabau. Corak hiasan benang emas beragam. Pada pinggir baju ada batas yang diberi benang emas dan disebut minsie. Baju bagian bawah berupa kain atau sarung yang disebut lambak. Kain sarung dapat berupa kain tenun atau kain songket. Wanita Minang juga mengenakan selendang yang disebut salempang.

Pakaian Adat Minagkabau

Sebagai pelengkap, pakaian adat ini juga dilengkapi dengan perhiasan. Perhiasan yang dikenakan berupa gelang dan kalung. Gelang biasa disebut galang. Kalung biasa disebut dukuah.
(Sumber: http://kidnesia.com/Indonesiaku/Teropong-Daerah/Sumatera-Barat/SeniBudaya/Uniknya-Limpapeh-Rumah-Nan-Gadang diunduh 22 September 2016)

Ayo Berdiskusi
Kamu telah membaca bacaan “Keunikan Pakaian Adat Wanita Minangkabau”. Lakukan kegiatan berikut bersama teman sebangkumu.

Tuliskan ide pokok dari setiap paragraf.

1 Pakaian adat bagi wanita Minang sering disebut Limpapeh Rumah Nan Gadang.
2 Pakaian adat Limpapeh Rumah Nan Gadang ini terdiri atas beberapa bagian.
3 Bagian paling atas adalah penutup kepala berbentuk runcing (gonjong) menyerupai bentuk atap rumah Minangkabau.
4 Baju adat wanita minang disebut baju batabue
5 Pakaian adat Limpapeh Rumah Nan Gadang juga dilengkapi dengan perhiasan

Tuliskan informasi baru yang kamu dapatkan dari bacaan tersebut. Tuliskan dalam bentuk berikut.

Informasi dari Bacaan “Keunikan Pakaian Adat Wanita Minangkabau”
Pakaian adat bagi wanita Minang sering disebut Limpapeh Rumah Nan Gadang. Pakaian adat Limpapeh Rumah Nan Gadang ini terdiri atas beberapa bagian. Bagian paling atas adalah penutup kepala berbentuk runcing (gonjong) menyerupai bentuk atap rumah Minangkabau. Baju adat yang disebut baju batabue Pakaian adat Limpapeh Rumah Nan Gadang juga dilengkapi dengan perhiasan.

Setiap pakaian adat mewakili budaya yang ada pada setiap daerah. Bagaimana dengan pakaian adat yang ada di daerah Sobat BW? Apa saja keunikan yang menjadi ciri khas pakaian adat daerah mu?

Baca Juga :  Kunci Jawaban Tokoh dan Sifat Tokoh dalam Cerita