Perbedaan 4 Tipe Jumlah Katup Mesin Sepeda Motor

Ada beberapa perbedaan Jumlah Katup Mesin Sepeda Motor, Berikut ulasan dari beberapa referensi terkait Perbedaan Tipe Jumlah Katup pada Motor. Simak penjelasan dibawah ini.

Seiring dengan perkembangan inovasi teknologi sepeda motor terdapat perbedaan pada jumlah katup dan desain penempatannya. Secara analisa pengujian mesin dan performa mesin pada masing-masing tipe tersebut tidak terlepas dari kekurangan dan kelebihan yang dimilikinya.

Baca Juga : 4 Macam Tipe Inovasi Mekanisme Katup Sepeda Motor

Terdapat perbedaan tipe jumlah katup mesin sepeda motor, yaitu sebagai berikut.

1. Tipe 2 Katup

Tipe dua katup merupakan konfigurasi dasar dari sepasang katup masuk dan katup buang. Kekurangannya pada sepeda motor dengan tipe dua katup secara efisiensi pemasukan dan pengeluaran bahan bakar kurang bagus sehingga sulit menghasilkan tenaga yang besar pada kecepatan tinggi.

Baca Juga :  Pengertian dan Macam - Macam Motor Listrik

2. Tipe 3 Katup

Terdapat dua ubah katup yang dipergunakan oleh tipe ini yaitu satu katup masuk dan satu katup buang. Pada bagian kepala katup buang diameternya lebih besar daripada katup masuk. Umumnya, tipe 3 katup ini dikombinasikan dengan sistem DOHC agar menghasilkan efisiensi mesin yang lebih baik.

3. Tipe 4 Katup

Tipe empat katup terdiri dari dua katup masuk dan dua katup buang. Area lubang tiap katup lebih kecil dibandingkan dengan tipe dua katup. Dikarenakan lubangnya ada dua pada tiap sisi katup, total area lubang katup
menjadi lebih besar, sehingga tidak perlu memperbesar diameter lubang katup masuk dan katup buang atau mengatur ulang sudut katup. Pada umumnya untuk tipe empat katup ini dikombinasikan dengan tipe DOHC. Penempatan tipe empat katup pada bagian kepala silindernya memiliki empat lubang katup. Secara penempatan lubang katup sama dengan posisi yang sejajar antara katup masuk dan katup buang pada tiap sisinya. Untuk itu, diameter kepala katup pada tiap-tiap katup tersebut sama besar.

Baca Juga :  New Honda Odyssey 2021 Harga 888 Jutaan

4. Tipe 5 Katup

Penggunaan tipe lima katup antara lain tiga katup masuk dan dua katup buang dengan luas lubang masuk lebih besar dibandingkan tipe empat katup. Tipe katup ini untuk sudut katupnya lebih tegak dan lebih kecil. Selain dari jumlah katup yang telah diuraikan sebelumnya pada perkembangan inovasi teknologi mekanisme katup. Tipe dan model mesin sepeda motor terkini bahkan ada yang memiliki jumlah katup delapan buah dengan dua buah blok silinder yang terdapat pada bagian mesin. Jumlah katup masuk dua buah dan katup buang dua buah pada blok silinder pertama dan pada blok silinder kedua pun sama terdapat katup masuk dua buah dan katup buang dua buah. Jadi, total katup dari kedua silinder tersebut berjumlah delapan buah. Contohnya dapat dilihat pada mesin
sepeda motor Yamaha R25.

Baca Juga :  Honda CRF250 RALLY Hadir, Siapkan 87 Jutaan Jika Ingin Meemilikinya
Pencarian Populer : 4 tipe investasi