Berikut ini langkah awal dalam melakukan tindakan kelas.

Berikut ini langkah awal dalam melakukan tindakan kelas

Berikut ini langkah awal dalam melakukan tindakan kelas.

A. Merencanakan
B. Melakukan eksperimen laboratorium
C. Melakukan tindakan
D. Refleksi
E. Observasi

Jawaban:

A. Merencanakan

Pembahasan

Penelitian tindakan kelas atau biasa disingkat sebagai PTK merupakan jenis penelitian yang sangat khas. Penelitian Tindakan Kelas (PTK Guru) adalah penelitian yang dilakukan di dalam kelas dengan menggunakan suatu tindakan untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar agar memperoleh hasil yang lebih baik dari sebelumnya. Salah satu ciri khas penting pada PTK adalah adanya siklus-siklus dan pada setiap siklus ini terdapat 4 tahapan yang mesti dilalui.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Cara Membuat Batik Jumputan

Siklus Pada Penelitian Tindakan Kelas

Adapun keempat tahap itu adalah:

  1. plan (merencanakan);
  2.  act (tindakan);
  3. observe (observasi); dan
  4. reflect (berpikir reflektif atau refleksi).

Tahapan-tahapan tersebut akan menunjang sebuah siklus PTK. Model apapun yang digunakan dalam metode penelitian tindakan kelas pada prinsipnya selalu menggunakan 4 tahapan tersebut, baik secara tersirat maupun secara langsung tertulis pada bagian metodologinya.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Penilaian Pengetahuan halaman 24 Meraih Kesuksesan dengan Kompetisi dalam Kebaikan dan Etos Kerja Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Plan (Merencanakan). Pada sebuah penelitian tindakan kelas, penelitiyang merupakan seorang guru setelah menemukan permasalahan di dalam kelas atau pembelajarannya, maka pada ia dapat memutuskan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut melalui sebuah kegiatan penelitian.