Cara Membuat Podcast di Spotify Dengan Anchor FM

Cara Membuat Podcast di Spotify Dengan Anchor FM

Cara Membuat Podcast di Spotify Dengan Anchor FM – Spotify menjadi salah satu platform streaming audio paling populer di dunia dengan lebih dari 356 juta pengguna. Jika Kamu berencana untuk memulai podcast, kamu bisa mempertimbangkan untuk membuat Podcatsmu Spotify.

Dengan membuat podcast sendiri di Spotify, kamu bisa menjangkau jutaan orang di seluruh dunia dan menumbuhkan basis audiensmu sendiri. Namun, untuk mengunggah podcast ke platform streaming seperti Spotify, Apple Podcast, Google Podcast, atau SoundCloud cukup berbeda langkahnya jika dibandingkan dengan memublikasikan video di YouTube.

Yang paling membedakan adalah Spotify tidak meng-host podcast. Hal ini berarti Kamu tidak dapat mengunggah podcast yang kamu buat secara langsung di aplikasi. Kamu perlu mengirimkan podcast di platform hosting yang akan membantumu untuk mendistribusikan rekaman podcastmu ke Spotify atau platform lainnya. Platform hosting akan bertindak sebagai basecamp untuk podcastmu. Biasanya, platform hosting ini akan menyediakan alat untuk merekam, mengedit, menyimpan, dan mengirimkan podcastmu ke Spotify.

Baca Juga :  Cara Download Status WhatsApp di Smartphone Android

Memilih Platform Hosting

Yang harus kamu lakukan dalam membuat podcast adalah dengan mengunggah episode pertama dan mempublikasikannya di platform hosting. Platform hostingmu kemudian akan memastikan bahwa episode mendatang yang kamu buat secara otomatis diunggah di Spotify atau platform lainnya. Jadi memilih platform hosting adalah langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk membuat podcast di Spotify.

Ada banyak sekali platform hosting yang bisa kamu gunakan, namun tidak semuanya didistribusikan langsung ke Spotify. Jadi, sebelum memilih platform hosting, kamu harus memeriksa daftar platform yang didukung oleh hosting dan memastikan semua alat yang disediakan.

Ada beberapa rekomendasi yang bisa kamu gunakan untuk memulainya, diantaranya adalah Anchor, Buzzsprout, Podbean, Simplecast, dan Acast. Semua platform hosting tersebut cukup bagus untuk pemula dan memungkinkanmu untuk mengunggah podcast secara langsung ke Spotify. Nah kali ini berita warganet akan memberikan informasi mengenai Cara Membuat Podcast di Spotify Dengan Anchor FM.

Cara Membuat Podcast di Spotify Dengan Anchor FM

Untuk membuat Podcast di Spotify dengan menggunakan Anchor kamu bisa mengikuti langkah berikut ini

  1. Unduh aplikasi Anchor di smartphone, Kamu bisa mengunduhnya terlebih dahulu jika kamu belum memiliki sebelumnya di Google Playstore atau kamu juga bisa mengunjungi halaman www.anchor.fm.
  2. Buat akunmu terlebih dahulu (dan selesaikan proses pendaftarannya jika kamu belum memiliki akun Anchor) lalu unggah episode podcast pertama yang sudah kamu siapkan. (Jika belum, kamu bisa membuatnya terlebih dahulu)
  3. Tambahkan judul, deskripsi, dan unggah sampul Channelmu.
  4. Setelah selesai, ketuk Publish Now . Selanjutnya, kamu harus mengetikkan nama Podcast dan menjelaskan tentang Podcast yang kamu buat. Selanjutnya, isi semua detailnya dan terakhir ketuk Publish my podcast .
  5. Kamu bisa memeriksa status distribusi pada hari berikutnya. Dan, setelah podcast yang kamu buat disetujui, perlu beberapa jam atau satu hari untuk terlihat di Spotify atau platform lain yang didukung.
  6. Sekarang, setiap kali Kamu mengunggah episode baru di platform hosting, episode tersebut akan secara otomatis ditayangkan di Spotify dalam 10 menit.
Baca Juga :  Download Aplikasi Gratisoe TV Terbaru 2021, Nonton TV Lokal & Internasional Gratis!

Unggah podcast di Spotify Menggunakan tautan umpan RSS

Jika kamu sebelumnya memilih platform hosting yang tidak mendistribusikan podcast ke Spotify secara langsung, Kamu harus mengambil satu langkah ekstra setelah mengunggah podcast di platform hosting yang kamu gunakan agar podcast yang sudah kamu unggah bisa ditayangkan di Spotify. Berikut ini adalah langkahnya

  1. Buka platform hosting yang kamu gunakan lalu salin tautan umpan RSS.
  2. Buka https://podcasters.spotify.com/ .
  3. Jika kamu belum membuat akun podcaster Spotify, Kamu harus membuat akun terlebih dahulu
  4. Selanjutnya, Cari tombol tiga titik di sudut kiri atas layar dan ketuk Add or claim your podcast > Get started .
  5. Sekarang, tempel tautan umpan RSS yang sudah kamu salin dari platform hosting sebelumnya dan ketuk Next .
  6. Spotify akan mengirimkan kode verifikasi pada ID email yang kamu daftarkan untuk memverifikasi identitas. Masukkan OTP, isi detail seperti kategori, bahasa, dan negara, lalu ketuk Next .
  7. Sekarang kirimkan podcast yang kamu buat di Spotify. Podcastmu akan tersedia untuk didengarkan di Spotify biasanya dalam satu hari atau beberapa jam.
Baca Juga :  Crash Bandicoot: On The Run! Launching 25 Maret, Pra-Registrasi untuk dapat Blue Hyena Skin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.