Cara Membuat Server Minecraft di VPS

Cara Membuat Server Minecraft di VPS

Cara Membuat Server Minecraft di VPS – Minecraft telah berkembang menjadi salah satu game terlaris di dunia sepanjang masa dan sebuah fenomena budaya yang bisa menarik lebih dari 132 juta pemain setiap bulannya. Dengan gaya visualnya yang sederhana, penuh warna, seperti Lego, dan desain game sandbox-survival, tidak mengherankan jika Minecraft telah menjadi ikon kreativitas internasional.

Namun, Minecraft tidak akan ada tanpa komunitas online dan dunia nyata yang berkomitmen dan terus-menerus membuat mod baru dan mengubah game menjadi sesuatu yang baru dan menarik. Saat ini, Minecraft hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran termasuk di PC, konsol game, virtual reality (VR), dan smartphone, yang menawarkan banyak kebebasan kepada pengguna dalam memainkan game.

Sementara banyak pemain Minecraft puas dengan gameplay dari Minecraft, mungkin, sebagian dari sobat warganet bertanya-tanya bagaimana cara membuat ruang virtual pribadi di mana kalian dapat bersenang-senang dengan teman-teman terdekat seperti para Streamer Minecraft yang sering kalian tonton di Youtube. Jika kamu ingin membuat Server Minecraft, kamu bisa Virtual Private Server ( VPS ). Walaupun kamu bisa menggunakan server khusus , kamu mungkin harus merelakan uangmu karena harganya yang lumayan.

Baca Juga :  5 Aplikasi Followers Instagram, Tambah Pengikut Dengan Mudah !!

Mengapa menggunakan VPS?

Meskipun VPS paling sering digunakan oleh individu, usaha kecil hingga menengah yang digunakan pada situs web, VPS juga bisa loh berfungsi sebagai server game yang stabil, aman, dan luar biasa. VPS akan memberi penggunanya lingkungan virtual yang benar-benar terisolasi atau pribadi, karena kamu tidak akan dipaksa untuk berbagi RAM, bandwidth, dan sumber daya lainnya dengan akun VPS lain (seperti halnya dengan shared hosting ), karena server semacam ini memisahkan file yang kamu miliki dari semua pengguna lain menggunakan sistem operasi (OS).

Cara Membuat Server Minecraft di VPS

Cara Membuat Server Minecraft di VPS

Meskipun kamu memiliki pilihan untuk menyewa server Minecraft yang sudah dibuat sebelumnya. Dengan menggunakan VPS, kamu akan bisa memangkas biaya secara signifikan dan memberimu kendali penuh. Jadi, jika kamu ingin mencoba untuk membuat dan mengaturnya sendiri, berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu lakukan

Pertimbangkan kebutuhan dan gunakan VPS yang sesuai

Membeli VPS adalah langkah pertama dalam menyiapkan server Minecraft . Saat melakukan ini, pastikan Kamu memilih penyedia VPS yang bagus, dan juga pertimbangkan biaya sampai dengan jumlah pemain yang ingin Kamu host di servermu nantinya. Misalnya, jika Kamu tidak berencana untuk menghosting lebih dari 20 pemain, maka kamu bisa memilih VPS yang menawarkan 1 GB RAM dan 20 GB ruang penyimpanan.

Baca Juga :  Cara Membuat Podcast di Spotify Dengan Anchor FM

Hubungkan ke VPS melalui SSH

Langkah selanjutnya mungkin sedikit rumit jika Kamu tidak terlalu paham teknologi atau memiliki teman yang paham mengenai hal ini. Termasuk menghubungkan ke VPS menggunakan Secure Shell Protocol (SSH). Karena klien SSH yang paling banyak digunakan adalah Putty (jika Kamu menggunakan Windows, macOS, atau Linux), Kamu dapat memulai dengan mengunduhnya dan menjalankannya di sistem. Kemudian, cari Host Name (alamat IP), salin alamat IP VPS Kamu (disediakan oleh penyedia layanan VPS mu), dan tempelkan ke kolom “Host Name”.

Setelah ini, memasukkan nama pengguna (juga disediakan oleh penyedia VPSmu, di terminal SSH dan ketikkan kata sandi untuk masuk ke VPS. Sekarang, sambungkan ke VPS Kamu melalui SSH, dan setelah tautan dibuat. Setelah itu, Kamu bisa mengonfigurasi server sesuai keinginanmu.

Instal JDK

Saat Kamu berada di SSH, instal Java Development Kit (JDK). Sebelum membuat server Minecraft, Kamu harus mengunduh Java versi terbaru. Setelah server diperbarui, masukkan perintah yang sesuai di konsolmu (misalnya, di Ubuntu “apt install openjdk-16-jdk”).

Unduh dan instal Minecraft di VPS

Langkah selanjutnya adalah membuat direktori terpisah untuk semua konten Minecraftmu, termasuk instalasi Minecraft. Kamu dapat melakukan ini dengan menjalankan perintah lain di terminal SSH (seperti “mkdir –p /Minecraft”), lalu menavigasinya dengan perintah lain (“cd /Minecraft”). Setelah ini selesai, saatnya untuk menginstal Minecraft, jadi pastikan untuk memeriksa situs resmi Minecraft untuk pembaruan terbaru.

Baca Juga :  Aplikasi Baca Plus Dapat Duit, Dapat Berita

Terima EULA

Sebelum menjalankan aplikasi server Minecraft, Kamu juga harus menyetujui syarat dan ketentuan EULA. Cobalah untuk membaca apa yang akan Kamu setujui. Kamu juga bisa melakukannya dengan satu perintah (“echo “eula=true” > eula.txt”).

Luncurkan Server Minecraft yang sudah Kamu buat

Setelah semuanya diatur, saatnya menjalankan dan mencoba server Minecraft yang sudah kamu buat, dan kamu bisa melakukannya melalui perintah seperti ini “java -Xmx1024M -Xms1024M -jar server.jar nogui”. Cobalah untuk tetap sabar sambil menunggu operasi yang berjalan pada baris perintah SSH selesai.

Manfaat Membuat server Minecraft menggunakan VPS

Server VPS menawarkan nilai terbaik pada sisi anggaran, hal ini dikarenakan menggunakan VPS akan sangat hemat biaya. Mengingat pada dasarnya VPS menawarkan fungsionalitas server khusus tanpa biaya yang mahal. Selain itu, karena Kamu tidak akan berbagi server dengan siapa pun. Kamu akan memiliki kendali penuh atas server tersebut, termasuk akses root.

Untuk keamanan, dengan menggunakan VPS Kamu mengandalkan serangkaian fitur keamanan lengkap (termasuk pencadangan data otomatis dan manual), yang berarti semua datamu aman dan terlindungi. Kamu bisa meningkatkan/menurunkan sumber daya tanpa hambatan. Selain itu, dengan server Minecraft yang dihosting di cloud, Kamu bisa mendapatkan kinerja yang lebih cepat dan latensi yang lebih rendah.