Fitur Baru Firefox 100, Privasi Tetap Jadi Prioritas

Fitur Baru Firefox 100, Privasi Tetap Jadi Prioritas

Fitur Baru Firefox 100, Privasi Tetap Jadi Prioritas – Saat ini, Firefox mungkin tidak sepopuler dulu, namun melihat dari rekam jejaknya, Sofware ini tetap menjadi salah satu peramban web alternatif yang sangat baik. Apalagi jika kamu sangat mengutamakan mengenai privasi. Dan pada 3 Mei kemarin, Firefox 100 telah resmi di luncurkan di semua platform dengan beberapa fitur baru.

Lalu apa saja fitur baru dari Browser kawakan ini? Kali ini beritawarganet akan mengulas Fitur baru Firefox 100 baik di desktop maupun di Android. Salah satu fitur baru yang hadir adalah dukungan Picture-in-Picture yang ditambahkan dengan kemampuan untuk melihat subtitle dan teks di jendela PiP. Saat ini memang menjadi fitur yang menarik, karena rivalnya yaitu Chrome belum mendukung fitur ini.

Picture-in-Picture di Firefox  di Windows

Mozilla mengatakan video dari YouTube, Amazon Prime Video, dan Netflix akan memiliki teks, serta situs apa pun yang menggunakan Web Video Text Tracks Format (WebVTT) . Jika situs web menggunakan metode berbeda untuk menampilkan teks atau subjudul, subtitle mungkin tidak muncul di popup Picture-in-Picture. Firefox benar-benar mengalahkan Chrome di sini, ya hal ini dikarenakan Chrome belum menampilkan teks atau subjudul di Picture-in-Picture.

Fitur Baru Firefox 100, Privasi

Firefox untuk iPhone dan Android juga memiliki beberapa fitur baru. Mozilla meluncurkan dukungan wallpaper di ponsel kembali pada bulan Maret , memungkinkan orang untuk memilih di antara beberapa latar belakang yang berbeda untuk halaman awal Firefox, dan dua opsi lagi telah ditambahkan: ‘Suasana pantai’ dan ‘Twilight hills’. Firefox untuk Android sekarang memiliki mode khusus HTTPS, yang pertama kali muncul di browser Firefox Focus dan memblokir semua koneksi yang tidak dienkripsi.

Baca Juga :  Download Dan Edit Foto Bernyanyi dengan Aplikasi Anyface

Wallpaper baru untuk Firefox di Android dan iOS

Browser seluler kini juga memiliki ‘riwayat bebas gangguan’ dan ‘tab bebas gangguan’. Riwayat bebas kekacauan mengatur riwayat peramban Kamu berdasarkan item asli dalam grup (sedikit seperti fitur ‘Perjalanan’ yang tiba di Chrome awal tahun ini) dan menghapus entri duplikat. Tab yang tidak berantakan menampilkan tab terbaru Kamu dengan lebih jelas, alih-alih mengurutkannya berdasarkan waktu pembuatannya. Fungsionalitas itu tiba di Android tahun lalu, tetapi sekarang juga tersedia di iOS.

Selain kedua fitur diatas, masih ada banyak fitur dan perubahan baru lainnya di Firefox 100 versi desktop dan seluler. Berikut ini adalah daftar Catatan rilis Fitur Baru Firefox 100 yang sudah beritawarganet rangkum untuk kamu sob.

Catatan Rilis Fitur Baru Firefox 100 Untuk Desktop

  • Firefox 100 saat ini mendukung tampilan teks/subtitel di YouTube, Prime Video, dan video Netflix yang Kamu tonton di Picture-in-Picture. Cukup aktifkan subtitle pada pemutar video dalam halaman, dan subtitle akan muncul di PiP.
  • Picture-in-Picture kini juga mendukung teks video di situs web yang menggunakan format WebVTT (Web Video Text Track), seperti Coursera.org, Canadian Broadcasting Corporation, dan banyak lagi.
  • Saat pertama kali dijalankan setelah penginstalan, Firefox mendeteksi ketika bahasanya tidak cocok dengan bahasa sistem operasi dan menawarkan kepada pengguna pilihan di antara kedua bahasa tersebut.
  • Pemeriksaan ejaan Firefox sekarang memeriksa ejaan dalam berbagai bahasa. Untuk mengaktifkan bahasa tambahan, pilih bahasa tersebut di menu konteks bidang teks.
  • Firefox di Mac saat ini sudah mendukung Video HDR. Hal ini dimulai dengan YouTube! Pengguna Firefox di macOS 11+ (dengan layar yang kompatibel dengan HDR) dapat menikmati konten video dengan fidelitas yang lebih tinggi. Tidak perlu membalik preferensi apa pun secara manual untuk mengaktifkan dukungan video HDR—cukup pastikan preferensi baterai TIDAK disetel ke “optimalkan streaming video saat menggunakan baterai”.
  • Decoding video AV1 yang dipercepat perangkat keras diaktifkan pada Windows dengan GPU yang didukung (Intel Gen 11+, AMD RDNA 2 Tidak termasuk Navi 24, GeForce 30). Menginstal Ekstensi Video AV1 dari Microsoft Store mungkin juga diperlukan.
  • Hamparan video diaktifkan di Windows untuk GPU Intel, mengurangi penggunaan daya selama pemutaran video.
  • Meningkatkan kinerja penggeser volume di Twitch .
  • Scrollbar di Linux dan Windows 11 tidak akan memakan ruang secara default. Di Linux, pengguna dapat mengubah ini di Pengaturan. Di Windows, Firefox mengikuti pengaturan sistem (Pengaturan Sistem > Aksesibilitas > Efek Visual > Selalu tampilkan bilah gulir).
  • Firefox sekarang mendukung pengisian dan pengambilan otomatis kartu kredit di Inggris.
  • Firefox sekarang mengabaikan kebijakan perujuk yang tidak terlalu dibatasi—termasuk url tidak aman, tanpa pengarah-saat-penurunan versi, dan asal-saat-silang-asal—untuk permintaan subsumber daya/iframe lintas situs guna mencegah kebocoran privasi dari perujuk.
  • Pengguna sekarang dapat memilih skema warna yang disukai untuk situs web. Penulis tema sekarang dapat membuat keputusan yang lebih baik tentang skema warna yang digunakan Firefox untuk menu. Tampilan konten web sekarang dapat diubah di Pengaturan.
  • Mulai rilis ini, penginstal Firefox untuk Windows ditandatangani dengan intisari SHA-256, bukan SHA-1. Pembaruan KB4474419 diperlukan agar penginstalan berhasil di komputer yang menjalankan Microsoft Windows 7. Untuk detail selengkapnya tentang pembaruan ini, kunjungi situs web Dukungan Teknis Microsoft .
  • Di macOS 11+ firefox saat ini hanya melakukan rasterisasi font sekali per jendela. Ini berarti membuka tab baru dengan cepat, dan berpindah tab di jendela yang sama juga cepat. (Masih ada pekerjaan yang harus dilakukan untuk berbagi font di seluruh jendela, atau untuk mengurangi waktu yang diperlukan untuk menginisialisasi font ini.)
  • Kinerja display: grid elemen yang sangat meningkat.
  • Dukungan untuk membuat profil beberapa utas java telah ditambahkan.
  • Memuat ulang halaman web secara perlahan tidak akan lagi menyebabkan validasi ulang untuk semua sumber daya.
  • Tugas non-vsync diberikan lebih banyak waktu untuk dijalankan, yang meningkatkan perilaku di Google docs dan Twitch.
  • Geckoview API telah ditambahkan untuk mengontrol waktu mulai/berhenti pengambilan profil.
  • Berbagai perbaikan keamanan .
Baca Juga :  Cara Mengubah Sensitivitas Mouse di Windows 11

Catatan Rilis Firefox 100 Android

  • Dua wallpaper baru sekarang tersedia untuk latar belakang berandamu.
  • Riwayat telah diperbarui untuk mengurangi kekacauan dan membantu menemukan halaman yang sebelumnya Kamu lihat:
  • Pencarian riwayat sekarang tersedia
  • Pencarian serupa sekarang dikelompokkan bersama dalam riwayatmu untuk tampilan yang lebih teratur
  • Ada bagian baru di berandamuyang menunjukkan sorotan dari riwayat pencarian
  • Pencarian bookmark sekarang tersedia.
  • Sekarang Kamu dapat mengaktifkan mode khusus HTTPS, yang akan meminta versi aman dari semua situs web yang Kamu kunjungi dan memperingatkanmu jika tidak tersedia.
  • Papan klip sistem sekarang menjadi target berbagi yang valid untuk teks dan URL.
  • Kode untuk memigrasi profil Firefox 68 atau yang lebih lama telah dihapus.
  • Berbagai perbaikan keamanan .
Baca Juga :  Review Samsung Galaxy Z Fold2

Firefox 100 secara perlahan diluncurkan ke Windows, macOS, Linux, dan Android. Jika sobat warganet ingin kembali mengunakan browser yang satu ini, Kamu bisa mengunduh Firefox dari situs resmi Mozilla , Google Play Store , Apple App Store , dan Microsoft Store .