11 Fitur Baru Whatsapp, Sudah Tahu Cara Pakainya?

11 Fitur Baru Whatsapp, Sudah Tahu Cara Pakainya?

11 Fitur Baru Whatsapp, Sudah Tahu Cara Pakainya? – Whatsapp memiliki sejumlah fitur baru yang akan diperkenalkan di 2022. Fitur-fitur itu tak lain bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Beberapa fitur sebenarnya sudah tersedia, baik di beta tester di Android maupun iOS. Namun, spesifikasi kapan fitur-fitur ini diluncurkan belum diumumkan.

Mengutip Mint, setidaknya ada 11 fitur baru WhatsApp tahun ini. Berikut rangkumannya:

11 Fitur Baru Whatsapp

1. Emoji Reaction

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk bereaksi terhadap pesan dengan emoticon. Pengguna hanya perlu mengetuk dan menahan pesan yang ingin mereka tanggapi lalu menyeret jari mereka ke emoji yang sesuai. Reaksi akan muncul di bawah teks. Ini akan terlihat langsung ke semua anggota group.

2. Communities

Fitur ini memungkinkan untuk menyatukan grup-grup terpisah di bawah “satu payung”. Inilah mengapa ini disebut communities (komunitas). Pengguna dapat menerima pembaruan yang dikirim ke seluruh komunitas dan dengan mudah mengatur grup diskusi yang lebih kecil tentang apa yang jadi fokus pembicaraan. Komunitas juga akan berisi alat baru untuk admin, termasuk pesan pengumuman yang dikirim ke semua orang dan kontrol atas grup mana yang dapat diikutsertakan.

Baca Juga :  Gambar Ucapan Hari POM TNI Tanggal 11 Mei 2022

3. Admin Bisa menghapus Pesan Pengguna Lain

Fitur lain yang akan muncul adalah pemaksimalan peran admin dalam sebuah grup WhatsApp sehingga mereka bisa menghapus pesan yang salah atau bermasalah dari obrolan semua orang. Hingga saat ini, hanya pengirim yang diizinkan untuk menghapus pesan mereka. Sehingga ini menjadi terobosan baru di aplikasi berbalas pesan ini.

4. Peningkatan Kapasitas Berbagi File

WhatsApp juga melakukan peningkatan bagi kapasitas berbagi fail atau dokumen. Saat ini WhatsApp hanya mengizinkan berbagi fail hingga 100 MB. Fitur baru ini diharapkan membuat pengguna dengan mudah berkolaborasi dalam sebuah proyek. Platform akan mendukung transfer file hingga 2 GB.5.

5. Update Panggilan Suara

WhatsApp akan memperkenalkan panggilan suara satu ketukan hingga 32 orang dengan desain baru. Perusahaan mengubah desain jendela aplikasi yang terlihat selama panggilan suara grup. Platform ini menambahkan bentuk gelombang suara untuk semua peserta selama panggilan grup. Suara bentuk gelombang mirip dengan yang terlihat di catatan suara. Perubahan dalam desain memang masih minimal. Tetapi diharapkan, ini memberikan tampilan yang segar ke halaman nantinya.

Baca Juga :  Dirgahayu ke-68 Kabupaten Bolmong, Gambar Ucapan Tahun 2022

6. Pause dan Resume pada saat Voice Message Recording

Pengguna WhatsApp sekarang dapat menjeda dan melanjutkan voice message (pesan suara) saat merekamnya. Pengguna akan dapat melihat opsi pause saat mereka mulai merekam pesan suara dalam mode handsfree. Hingga saat ini, pengguna harus merekam ulang pesan suara jika terjadi gangguan apa pun. Fitur ini juga akan membantu saat merekam pesan suara yang panjang.

7. Me-resume Voice Message dari Tempat Pause

Pengguna WhatsApp tidak perlu mendengarkan pesan suara sekaligus sekarang. Mereka dapat menjeda pesan suara dan melanjutkan mendengarkan dari tempat mereka tinggalkan. Fitur ini akan berguna untuk mendengarkan pesan suara yang lebih panjang. Namun, belum diketahui kapan fitur ini akan dirilis.

8. Memutar Voice Message di Luar Obrolan WhatsApp

Pengguna WhatsApp sekarang dapat mendengarkan pesan suara bahkan setelah meninggalkan percakapan atau saat menggunakan aplikasi lain. Fitur ini diharapkan membantu menghemat waktu karena pengguna dapat membalas obrolan lain sambil mendengarkan catatan suara. Saat ini, pengguna harus tetap mengobrol untuk mendengarkan catatan suara yang diterima. Jika keluar hal tersebut tak bisa dilakukan lagi.

Baca Juga :  Syarat dan Tahapan Pendaftaran KIP Kuliah 2021

9. Pesan Suara Desain Gelombang

Pengguna WhatsApp sekarang dapat melihat representasi visual dari suara pesan suara. WhatsApp juga memperkenalkan desain bentuk gelombang serupa untuk panggilan suara.

10. Mendengar Voice Message Sebelum Dikirim

Pengguna WhatsApp akan dapat mendengarkan rekaman pesan suara mereka sendiri sebelum mengirimnya. Saat ini, pengguna hanya memiliki opsi untuk merekam dan mengirim pesan suara secara langsung tanpa mendengarnya terlebih dahulu.

11. Pemutar Cepat Voice Message

WhatsApp akan menawarkan opsi kepada pengguna untuk memutar pesan suara dengan kecepatan 1,5x atau 2x dan mendengarkannya lebih cepat. Tombol kecepatan 1x baru sekarang dapat dilihat di dekat pemutar pesan suara.

Itulah 11 Fitur Baru Whatsapp yang mungkin akan segera diluncurkan dan bisa kita nikmati pada tahun 2022 ini. Namun, seperti disebutkan diatas, saat ini belum ada kepastian waktu release fitur-fitur tersebut.