Cara Memilih Komputer yang Bagus untuk Digunakan Sendiri

Cara Memilih Komputer yang Bagus untuk Digunakan

Cara Memilih Komputer yang Bagus untuk Digunakan Sendiri – Adakalanya kamu ingin membeli perangkat Komputer baru untuk beragam kebutuhan yang ada. Namun, sebelum membeli komputer atau PC desktop baru, apakah kamu pernah memikirkan dan memahami beberapa faktor seperti CPU dan RAM memengaruhi kinerja sistem? Ataku pernahkah Kamu mempertimbangkan komponen lainnya yang Kamu perlukan, seperti port konektor dan drive optik?  Kali ini beritawarganet akan membagikan cara memilih komputer yang bagus untuk digunakan sendiri sesuai dengan kebutuhan kamu dan juga beberapa faktor yang perlu kamu pertimbangkan sebelum atau pada saat Kamu berbelanja komputer atau PC desktop.

Beberapa hal yang ada nantinya akan diulas secara umum yang mungkin pada semua perangkat komputer atau PC desktop. Dan meskipun nantina secara umum akan lebih dioptimalkan pada OS Windows dan Linux namun tidak ada salahnya kamu mempersiapkan spesifikasi produk secara individu sebelum melakukan pembelian. Beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan diantaranya adalah

Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Spesifikasi komputer yang ideal tentunya akan  sangat ditentukan pada tujuan penggunaan secara khusus. Misalnya, seberapa cepat PC yang kamu perlukan akan bergantung pada apa yang akan Kamu gunakan secara khusus nantinya. Seperti pada penggunaan PC gaming , kamu akan membutuhkan prosesor yang cepat dan RAM yang cukup serta kartu grafis yang kuat. Dan jika Kamu berencana untuk menggunakan komputer untuk menjelajahi web dan tugas produktivitas sederhana, seperti pengolah dokumen, maka Komputer atau PC desktop dengan anggaran tingkat rendah sudah cukup. Dan beberapa komponen yang juga harus kamu perhatikan adalah

Baca Juga :  5 Rekomendasi Aplikasi Screenshot Simpel Untuk Ponsel Android

Prosesor

Meskipun ada banyak prosesor desktop atau CPU yang berbeda, sebagian besar Prosesor yang biasanya digunakan memang berasal dari dua produsen besar yaitu AMD dan Intel. Prosesor Intel umumnya menawarkan kinerja yang lebih baik, tetapi harganya lebih mahal daripada prosesor AMD. Namun, perbedaan utama antara prosesor berkaitan dengan jumlah core yang mereka tawarkan dan kecepatan relatifnya.

Sebagian besar produsen menghadirkan sistem penilaian kinerja untuk PC desktop mereka, namun, membandingkan antar merek tidaklah selalu mudah. Yang terbaik dalam memilih prosesor untuk PC adalah dengan menyesuaikan dengan harga yang sesuai dengan anggaran dan yang terpenting adalah dengan memilih prosesor yang cukup sesuai untuk kebutuhan Kamu nantinya.

RAM

Random Acces Memory atau RAM memang memiliki peran besar dalam hal kecepatan dan kinerja PC. Hal ini berarti Semakin tinggi RAM yang kamu sematkan maka akan semakin baik kinerjanya. Saat ini banyak merekomendasikan penggunaan setidaknya 8 GB RAM. Namun, seperti yang disebutkan 16 GB tentunya akan menawarkan kinerja yang lebih baik. Untuk penggunaan game dan penggunaan aplikasi terbaru yang cukup berat seperti editing video atau aplikasi lainnya, RAM 16 GB adalah jumlah minimum yang harus Kamu pertimbangkan.

Meskipun memori DDR3 adalah standar untuk komputer desktop selama bertahun-tahun, namun DDR4 sekarang lebih disukai. Yang kamu pertimbangkan adalah kemungkinkan peningkatan memori di masa mendatang .

Baca Juga :  Harga Dan Spesifikasi Redmi Note 8 Pro, Mei 2021

Hard Drive

Memang HDD atau Hard drive sudah umum digunakan pada kebanyakan Komputer atau PC Desktop. Namun saat ini,  sebagian besar PC yang terbaru sudah menggunakan solid-state drive untuk menyimpan dan menyimpan data. Saat ini penggunaan SSD memang lebih disukai karena lebih cepat, lebih efisien, dan lebih tahan lama daripada HDD.

Ada dua elemen utama yang perlu dipertimbangkan saat membeli hard drive yaitu ukuran dan kecepatan. Hard drive pada PC desktop modern setidaknya memiliki kapasitas 1TB untuk ruang penyimpanan. Dalam hal kecepatan, sebagian besar berjalan pada 7200 rpm, dan kebanyakan motherboard sekarang mendukung RAID untuk menginstal beberapa hard drive pada mesin Kamu. RAID adalah singkatan dari Redundant Array of Inexpensive Drives or Disks. RAID akan menciptakan lebih banyak penyimpanan dengan biaya lebih rendah.

Video/Kartu Grafis

Jika Kamu tidak berencana untuk memainkan game PC dengan grafis 3D, maka Kamu tidak perlu khawatir dengan kartu grafis khusus . Namun jika kamu adalah seorang Gamer atau bahkan streamer game, tentunya harus mempertimbangkan kartu DirectX 11 dengan memori internal minimal 2 GB. Pilih kartu video yang sesuai dengan anggaran jika Kamu hanya tertarik untuk mempercepat tugas non-3D. Faktor yang perlu dipertimbangkan termasuk kinerja, jumlah memori pada kartu, konektor output, dan versi Direct X yang didukung.

Monitor Desktop

Meskipun kamu bisa menggunakan PC all-in-one dengan monitor internal, Kamu tetap perlu mempertimbangkan kualitas layar. Kebanyakan monitor saat ini didasarkan pada teknologi LCD, dan satu-satunya perbedaan utama di antara monitor yang ada adalah ukuran dan biaya. Beberapa faktor lain, seperti akurasi warna, mungkin penting jika Kamu berencana menggunakan desktop untuk pekerjaan grafis.

Baca Juga :  4 Cara Menghindari Pelanggaran Hak Cipta

LCD 24-inci adalah yang paling umum, hal ini dikarenakan keterjangkauan dan dukungan untuk video definisi tinggi 1080p penuh. Layar yang lebih besar, seperti LCD 27 inci dan layar 4K , juga akan mempengaruhi biaya yang akan kamu keluarkan. Kamu juga bisa membaca artikel tentang Layar Monitor untuk PC kamu disini.

Drive Optik (CD/DVD/Blu-Ray)

Kebanyakan desktop masih dilengkapi dengan DVD burner , namun beberapa PC yang akan kamu gunakan untuk menonton film baru dalam HD, desktop Kamu memerlukan drive Blu-ray . Jika kamu memang memiliki anggaran terbatas, kamu juga bisa memilih PC Desktop tidak disematkan drive optik, beli CD, DVD, dan pemutar Blu-ray.

Konektor Periferal Eksternal

Cara Memilih Komputer yang Bagus untuk Digunakan Sendiri yang terakhir adalah memeriksa berapa banyak dan jenis port eksternal yang akan kamu gunakan di komputer pada masa mendatang. Saat ini kamu akan dengan mudah menemukan berbagai konektor periferal berkecepatan tinggi. Yang terbaik adalah mendapatkan PC dengan setidaknya enam port USB. Konektor berkecepatan lebih tinggi lainnya termasuk eSATA dan Thunderbolt , akan sangat berguna untuk penyimpanan eksternal.

Demikianlah Cara Memilih Komputer yang Bagus untuk Digunakan Sendiri dan beberapa hal yang akan kamu perlukan dalam mempertimbangkan sebelum membeli atau merakit PC desktop atau komputer yang akan digunakan. Semoga bermanfaat!