Breaking News
Memilih Laptop 2 in 1

Memilih Laptop 2 in 1, Laptop dan Tablet dalam 1 Gawai

Memilih Laptop 2 in 1, Laptop dan Tablet dalam 1 Gawai  – Laptop 2 in 1 adalah perrangkat yang merangkum hal terbaik yang ada pada laptop dan tablet. Perangkat ini menggabungkannya menjadi satu paket yang rapi. Dan kemajuan teknologi prosesor seluler bertenaga rendah secara langsung telah membantu desain 2-in-1 yang ringan dan portable. Perangkat baru ini berkembang menjadi sub-kategori laptop yang fantastis, dengan banyak keunggulan dan fitur yang bisa digunakan dalam rutinitas sehari hari.

Sebelum memilih atau membeli perangkat yang satu ini, ada baiknya sobat warganet mengetahui cara Memilih Laptop 2 in 1 dan semua informasi yang diperlukan. Setelahnya, sobat warganet dapat memutuskan apakah laptop 2-in-1 tepat untuk dibeli atau menggunakan Laptop Standar untuk kegiatan sehari-hari.

Apa itu laptop 2 in 1?

Laptop 2-in-1 atau Hybrid adalah perangkat yang dapat anda gunakan sesuai dengan kondisi apapun. Sobat warganet dapat menggunakannya dengan dilipat menjadi format tablet dan menggunakannya sebagai laptop pada waktu yang lain. Dan tentu saja transformasi tersebut tidak membutuhkan waktu yang lama. Dan ini adalah cara serbaguna dan hemat biaya untuk mendapatkan keduanya sekaligus..

Ada dua jenis utama laptop 2-in-1 yang ada di pasaran. Jenis Laptop 2-in-1 yang pertama adalah laptop yang dapat dilepas atau hibrida contohnya adalah Microsoft Surface Book 3 terlihat seperti laptop pada umumnya, namun layarnya dapat dilepas dari keyboard untuk digunakan sebagai tablet. Tablet itu sendiri bisa digunakan sama seperti saat terhubung pada keyboard.

Baca Juga :  Review Laptop Gaming Lenovo Legion 5 Pro

Jenis kedua adalah konvertibel seperti Dell Inspiron 15 7000. Layar yang ada pada jenis laptop 2 in 1 ini tidak dapat dilepaskan dari keyboard. Sebagai gantinya, sobat warganet akan menjumpai desain engsel yang dapat diputar 360 derajat. Laptop ini juga disebut sebagai laptop reversibel karena desainnya, yang memungkinkannya diposisikan dalam beberapa cara berbeda. S obat warganet dapat memutar keyboard dan meletakkannya menghadap ke bawah untuk melihat layar secara vertical. Menopang seperti tenda ataupun digunakan dengan cara yang biasa.

Apa bisa dilakukan laptop 2-in-1?

Sebelum memilih laptop 2 in 1, kita tentunya harus mengetahui kelebihan dan kekurangan dari perangkat ini. Hampir semua yang bisa sobat lakukan dengan laptop ini. Singkatnya, jika sobat warganet ingin membeli Laptop dan Tablet namun tidak memiliki anggaran yang cukup. Perangkat ini adalah jawabannya. Sobat bisa mendapatkan keduanya dalam 1 perangkat saja. Sobat warganet dapat menggambar dengan stylus, bekerja, atau menonton film favorit ataupun bermain game. Dan tentunya bergaya.Yang perlu diperhatikan adalah selain kelebihan yang bisa sobat warganet dapatkan, tentu saja perangkat ini juga memiliki keterbatasan.

Baca Juga : Review M1 Apple iPad Pro 2021, Bukan untuk Game

Kelebihan laptop 2-in-1

Selain manfaat ekonomi yang jelas karena dapat menghemat anggran sepert yang dibahas diatas, keuntungan utama yang bisa didapatkan dari laptop 2-in-1 adalah fleksibilitasnya. Perangkat ini bisa beralih dari mode laptop ke mode tablet dalam hitungan detik. Kapanpun sobat warganet merasa jenuh ketika sedang bekerja, seketika sobat bisa rebahan dan beralih pada mode tablet untuk menonton film atau bermain game dengan mudah.

Baca Juga :  Cara Menunda Update Windows 10 Pada Laptop

Kekurangan laptop 2-in-1

Laptop 2-in-1 biasanya tidak dapat menandingi performa laptop standar. Tentu saja dikarenakan laptop ini dibuat dengan desain yang tetap ramping dan portable. Laptop ini juga cenderung memiliki grafis terintegrasi. Hal tersebut membuat laptop ini kurang  bisa diandalkan untuk beberapa pekerjaan berat seperti editing video ataupun menjalankan banyak aplikasi atau multitasking. Dan juga sobat warganet biasanya tidak bisa bermain game yang memiliki spesifikasi yang tinggi. Jadi perlu dipertimbangkan lagi jika sobat biasa mengerjakan pekerjaan pekerjaan tertentu yang memerlukan perfroma laptop yang tinggi.

Baca Juga :

Memilih Laptop 2 in 1, Fitur yang diperlukan

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat melakukan pembelian laptop 2-in-1, baik dari segi komponen internal perangkat maupun tampilan luarnya.

Prosesor

Beberapa laptop 2-in-1 memiliki desain yang sangat ramping sehingga memerlukan prosesor berdaya rendah tanpa kipas. Prosesor Intel adalah CPU yang umum digunakan pada Laptop 2 in 1. Untuk performa yang maksimal sobat warganet dapat memilih laptop 2-in-1 terbaru dengan Tiger Lake generasi ke-11 dari Intel. Ataupun prosesor Rysen dari AMD yang merupakan saingan utama Intel dalam ruang CPU dan 2-in-1. Biasanya AMD akan lebih murah daripada Laptop dengan prosesor Intel.

RAM

Seperti laptop lainnya, jumlah RAM (Random Access Memory) yang dimiliki laptop 2-in-1 tentu saja akan memengaruhi kinerjanya. Dengan memilih RAM yang besar tentu saja akan semakin baik namun harga yang ditawarkan juga akan lebih tinggi. RAM  8GB adalah pilihan yang tepat dalam hal biaya dan kinerja bagi sobat warganet.

Baca Juga :  Asus ROG Zephyrus G14, Tipis Performa Fantastis

Baca Juga : Review Samsung Galaxy A12, Baterai Kuat Performa kurang

Penyimpanan

Laptop 2-in-1 dengan penyimpanan SSD (Solid State Drive) lebih banyak digunakan jika dibandingkan laptop dengan hard disk mekanis atau penyimpanan eMMC. Hal ini dikarenakan hardisk atau eMMC umumnya lebih lambat daripada SSD. Namun tak perlu khawartir, karena saat ini semakin banyak orang yang mengandalkan penyimpanan Cloud. Sehingga kebutuhan akan banyak ruang penyimpanan pada laptop 2-in-1 dapat diatasi dengan mudah.

Namun, jika sobat warganet menggunakan banyak aplikasi besar atau menyimpan file besar ke perangkat setidaknya memilih SSD dengan kapasitas 256GB.

Tampilan

Layar Full HD dengan rasio kontras yang layak dan kecerahan yang solid adalah suatu keharusan. Beberapa laptop 2-in-1 yang ada dipasaran saat ini menggabungkan layar 4K UHD, yang memberikan kualitas gambar terbaik. Namun hal itu juga selaras dengan harganya.

Baca Juga : Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Pelajar di Purwokerto dan Harganya

Ukuran dan berat

Laptop 2-in-1 pada umumnya dirancang untuk mudah dibawa secara portable sepanjang hari. Tentu saja ringan dan kokoh adalah keharusan. Ukuran layar jelas sangat menentukan seberapa portabel laptop 2-in-1. Semakin besar layar, perangkat akan semakin berat. Jadi tentukan Laptop yang sesuai dengan kebutuhan sobat warganet.

Nah itulah hal hal yang perlu sobat warganet ketahui sebelum memilih laptop 2 in 1 dan memutuskan membelinya atau tidak. Semua keputusan ada ditangan sobat warganet sendiri. Semoga informasi ini membantu!

Baca Juga :  Daftar Laptop 2 in 1 terbaik 2021