Teliti Sebelum Membeli, 7 cara cek IMEI iPhone!

Teliti Sebelum Membeli, 7 cara cek IMEI iPhone!

Teliti Sebelum Membeli, Gunakan 7 cara cek IMEI iPhone! – Belakangan ini banyak sekali smartphone yang dijual dengan harga yang miring. Hal ini dikarenakan semakin menjamurnya pasar gelap yang merambah pasaran smarphone Indonesia.

Berbagai macam merk diperdagangkan termasuk smartphone bonafit seperti iPhone. Oleh karena itu, sobat warganet tidak boleh cepat tergiur dengan tawaran harga yang murah. Karena bisa saja smartphone yang dibeli merupakan iPhone bajakan yang berasal dari pasar gelap. Ciri cirinya biasanya adalah tidak memiliki nomor IMEI resmi yang terdaftar. inilah pentingnya sobat warganet teliti sebelum membeli dan mencari  cara cek IMEI iPhone yang akan dibeli. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena pemerintah Indonesia sedang gencar gencarnya menon-aktifkan smartphone yang tidak memiliki nomor IMEI yang terdaftar. Bagi sobat warganet yang bingung cara cek IMEI pada Iphone yang akan dibeli, tenang saja. Yuk disimak artikel ini sampai selesai.

Cara cek IMEI iPhone dengan Mudah
1. Cek IMEI di Dusbook

Cara cek IMEI iPhone yang paling sederhana dan sangat mudah dilakukan adalah dengan mengecek pada dus boxnya. Biasanya informasi penting tentang smartphone atau ponsel akan tertera pada belakang dusbook ponsel . Beberapa informasi tersebut di antaranya adalah nomor SN, nomor SKU, dan juga nomor IMEI dari Ponsel.

Jika sobat warganet akan membeli atau sudah membeli dan ponsel tersebut dilengkapi dengan dusbook, sobat dapat segera mengeceknya. Nah, agar mengetahui IMEI tersebut sesuai, Setelah menemukan nomor IMEI di belakang dusbook tersebut, sobat warganet dapat mencocokkan dengan nomor IMEI yang ada di dalam ponsel, smartphone atau iPhone yang dimiliki. Lantas bagaimana cara mengeceknya, yuk kita simak tips berikutnya.

Baca Juga :  Langkah Sederhana Untuk Periklanan Gratis yang Hebat

2. Cek IMEI pada Pengaturan

Untuk dapat mengecek IMEI iPhone resmi, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah melalui pengaturan sistem. Berikut ini adalah cara cek IMEI iPhone melalui pengaturan:

  • Buka menu pengaturan atau settings yang terdapat pada iPhone.
  • Dari menu setting, pilih tab umum atau General.
  • Dari menu general akan muncul halaman baru, pilih About atau Tentang.
  • Setelah About dipilih, sobat warganet akan mendapatkan informasi lengkap mengenai iPhone yang dimiliki. Dari mulai spesifikasinya secara lengkap sampai dengan nomor IMEI yang ada pada smartphone.

3. Cek IMEI di Belakang Ponsel

Cara sederhana lain yang bisa sobat warganet lakukan untuk mengecek IMEI adalah dengan melihat nomor IMEI di belakang ponsel. Biasanya informasi ini terdapat pada iPhone dengan type series 5, 5C, 5 S, 6, dan 6+. Seri tersebut mencantumkan nomor IMEI di bagian belakangnya. Jika penasaran, sobat dapat segera cek bagian belakang iPhone yang dimiliki sekarang.

Biasanya di belakang ponsel terdapat beberapa informasi penting. Informasi tersebut biasanya berisi kota pembuatan iPhone, model, sampai ke nomor IMEI. Hal ini dibuat untuk memudahkan pengguna dalam mengecek nomor IMEI iPhone yang dimiliki tanpa harus membuka pengaturan terlebih dahulu.

4. Cek IMEI di Web Apple

Cara cek IMEI iPhone ini dapat juga digunakan apabila perangkat iPhone tidak berada di tangan. Misalnya iPhone sobat warganet sedang dipinjam atau tertinggal di rumah, namun, sobat tidak sabar ingin mengecek nomor IMEI ponsel, sobat dapat cek IMEI iPhone melalui web resmi Apple dengan langkah sebagai berikut

  • Buka situs web appleid.apple.com Pada browser.
  • Sign in ke dalam situs dengan menggunakan ID Apple yang sobat gunakan pada perangkat iPhone ingin dicek (Harus hafal ya)
  • Akan ada halaman berisi beberapa pilihan, pilihlah pada bagian Perangkat untuk melihat nomor IMEI/IMEID dari perangkat iPhone yang sobat warganet miliki.
Baca Juga :  10 Tips Hebat Cara Mendesain Kartu Nama

5. Cek IMEI di Slot Kartu SIM

Saai ini, dda beberapa type series iPhone yang juga menyimpan nomor IMEI nya di dalam slot kartu SIM. Biasanya sobat dapat melakukan cara ini jika memiliki type iPhone 3G, 3GS, 4 (dengan model GSM), dan 4S. Dan cara mengeceknya pun terbilang cukup mudah. Sobat warganet hanya perlu mengeluarkan SIM Card dari ponsel terlebih dahulu. Setelah itu, sobat dapat melihat nomor IMEI dan nomor Serialnya.

6. Cek dengan Dial Code

Cara cek IMEI iPhone yang dapat dicoba selanjutnya adalah dengan menggunakan kode dial atau dial code. Caranya  sangat mudah kok, sobat warganet cukup memasukkan *#06# pada menu panggilan telepon iPhone yang dimiliki.  Secara otomatis, akan menunjukan IMEI dan IMEID (dengan catatan jika iPhone yang sobat miliki memang terdaftar secara resmi)

7. Cek Melalui Finder atau iTunes

Cara terakhir yang bisa Sobat warganet coba adalah dengan menggunakan Finder atau iTunes. Dengan cara ini sobat juga bisa menemukan nomor IMEI. Berikut ini adalah langkahnya

  • Sambungkan iPhone yang kamu miliki ke perangkat komputer atau laptop.
  • Buka Finder atau iTunes pada laptop
  • Jika melalui Finder, sobat warganet dapat menemukannya pada tab umum. Sedangkan dengan menggunakan iTunes, sobat warganet dapat menemukan perangkat di Tab Ringkasan
  • Selanjutnya, klik nomor telepon di bawah nama perangkat. Maka, nomor IMEI dari iPhone yang sobat miliki akan keluar secara otomatis.

Nah, itulah 7 cara cek IMEI iPhone yang tentunya sangat bermanfaat untuk mengecek keaslian iPhone kamu sob. Pastikan IMEI dari ponsel pintar kamu terdaftar di Situs cek IMEI iPhone yang disediakan oleh pemerintah. Jika terdaftar, maka iPhone yang sobat miliki dijamin asli dan legal untuk digunakan. Jadi teliti sebelum membeli ya! Selalu beli dari toko atau penjual resmi agar tidak terjadi masalah dikemudian hari. Semoga bermanfaat!

Baca Juga :  5 Tips Usaha Sistem Patungan ( JV ) Yang Sukses