Menggunakan Google Docs Secara Offline, Ikuti Panduannya

Menggunakan Google Docs Secara Offline, Ikuti Panduannya – Masa Pandemi Covid membuat Google Docs banyak digunakan untuk membuat dokumen yang dibutuhkan dalam pekerjaan. Aplikasi ini memang banyak digunakan karena mudah dalam penggunaannya. Selain itu, Google docs juga dapat diedit dengan mudah secara online. Namun, tidak banyak orang yang tahu bahwa google docs bisa juga digunakan secara offline. Sehingga tidak membutuhkan koneksi internet untuk dapat menyelesaikan pekerjaan Anda. Fitur ini dapat digunakan baik pada Desktop maupun di Smartphone. Berikut ini adalah Cara Menggunakan Google Docs secara offline.  

Agar Anda dapat menggunakan Google Docs secara offline di Desktop Anda, tentunya Anda akan menggunakan Browser Google Chrome dan juga ekstensi Google Docs pada Chrome yang sudah terpasang. Setelah itu, Anda dapat mengIkuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Unduh Google Chrome untuk Desktop Anda (Jika Anda sudah memilikinya, Anda dapat melewati langkah ini).
  2. Setelah itu, unduh ekstensi Google Docs Offline yang bisa Anda dapatkan pada Toko Web Chrome. (Klik Titik 3 di sebelah kanan atas > Fitur Lainnya > Ekstensi)
  3. Setelah Anda menambahkan ekstensi Google Docs offline pada Google Chrome, bukalah Google Docs di tab baru.
  4. Pada  halaman utama, buka Pengaturan > aktifkan Offline.
  5. Setelah mengkatifkannya, Anda dapat menggunakan Google Docs secara offline tanpa koneksi internet dengan mudah.

Setelah Anda menyelesaikan dokumen yang dibuat, Anda dapat menyimpan salinan offline dari dokumen tersebut. Caranya adalah dengan menekan ikon tiga titik tepat di sebelah file lau pilihlah aktifkan Tersedia offline.Selain dengan menggunakan Desktop, Anda juga dapat menggunakan Google Docs secara offline di smartphone yang Anda miliki. bahkan prosesnya lebih sederhana jika dibandingkan dengan menggunakan Desktop. Caranya adalah sebagai berikut

  1. Pastikan Anda sudah mengunduh aplikasi Google Docs di smartphone Anda. Aplikasi ini tersedia baik di App Store maupun Google Play Store
  2. Setelah Anda mengunduh dan menginstall Google Docs di Ponsel Anda. Langkah selanjutnya adalah dengan membuka aplikasinyadan membuka Pengaturan.
  3. Pada layar berikutnya, aktifkan Fitur ‘Jadikan file terbaru tersedia secara offline’.
  4. Langkah yang sama juga digunakan ketika Anda ingin menyimpan dokumen tersebut secara offline. Anda dapat mengetuk ikon tiga titik tepat di sebelah file dan pilih ‘Jadikan tersedia offline’. Setelahnya, Anda akan melihat lingkaran dengan tanda centang di dalamnya. Tanda ini akan muncul tepat di sebelah file. Hal ini menandakan bahwa file Anda sekarang tersedia secara offline.

Dengan kedua cara yang telah dijelaskan diatas, baik dengan menggunakan Desktop maupun Smartphone, Anda dapat mengedit dan menyimpan file secara offline tanpa harus khawatir kehilangan Dokumen yang telah Anda kerjakan di Google Docs. Karena, setelah terhubung ke jaringan  internet, file dokumen yang Anda buat secara otomatis akan disimpan di drive Anda.

Baca Juga :  Review Xiaomi Mi 10T Pro 5G