Review Samsung Galaxy A12

Review Samsung Galaxy A12, Baterai Kuat Performa kurang

Review Samsung Galaxy A12, Baterai Powerfull Performa kurang  -Sobat pastinya sudah mengetaui salah satu produsen smartphone yang satu ini. Dan bisa juga karena membaca artikel ini, sobat adalah penggemar berat merk Samsung ataupun seri Galaxy. Dari jajaran smartphone Samsung mulai dengan Galaxy Note 20 dan rilis terakhir dengan Galaxy S21 . Mungkin salah satu smartphone tersebut sudah sobat warganet miliki. Biasanya seri Galaxy terkenal dengan harganya yang lumayan tebal dikantong.

Namun sebenarny ada banyak opsi yang lebih murah, termasuk entri smartphone terbaru Samsung, Galaxy A12. Yang hadir dengan layar 6,5 inci yang besar dan tonjolan kamera yang berisi tidak kurang dari empat lensa di bagian belakang. Jika melihat dari tampilannya, tentu saja sobat warganet akan mengira ponsel ini adalah smartphone premium. Jangan salah, sobat warganet akan terkejut jika mengetahui smartphone ini hanya dibanderol dengan harga 2,4 jutaan saja.

Review Samsung Galaxy A12

Galaxy A12 memiliki menggunakan chipset octa-core dengan empat core clock pada 2.3GHz dan empat lagi pada 1.6GHz. Performanya juga didukung oleh RAM 4GB dan penyimpanan internal 64GB. Penyimpanan internalnya sebesar namun A12 mendukung kartu microSD hingga ukuran 1TB. Jadi tidak akan menjadi masalah berarti untuk segmen penyimpanan. Dan sobat bisa puas menyimpan banyak video atau foto di smartphone.

Baca Juga : Cara Menyinkronkan Google Drive di Linux dengan Insync

Khususnya bagi sobat yang memang memiliki hobi fotografi, karena Samsung galaxy A12 juga dilengkapi dengan tidak kurang dari empat kamera di bagian belakang. Kamera ini disusun dalam persegi yang rapi. Kamera utama adalah 48MP, f/2.0, dan didukung oleh lensa ultra lebar 5MPl, f/2.2 dan dua kamera 2MP, f/2.4. Satu kamera berfungsi sebagai pengindraan kedalaman dan yang lainnya untuk makro super close-up tembakan.

Baca Juga :  Hanya Rp 2 Jutaan Dengan Kamera 48 MP Serta Baterai 6.000 mAh Inilah Spesifikasi Dan Harga HP Realme C25s

Harga dan Persaingan

Sobat dapat memiliki ponsel ini dengan harga yang tergolong murah. Namun sebelum membelinya sobat warganet juga harus mempertimbangkan bahwa titik harga smartphone di bawah 3 jutaan belakangan ini telah menjadi sangat ramai. Hal ini dikarenakan adanya beberapa smartphone yang juga luar biasa dalam hal performa, kamera maupun daya.

Baca Juga : Prudential : Pilihan Asuransi Kesehatan Terbaik Selain BPJS 2021

Contohnya adalah beberapa smartphone produkan dari Negri Tirai Bambu dengan harga terjangkau untuk dipilih. Misalnya, Xiaomi Redmi Note 9T yang baru dan penuh fitur dijual seharga 1,9 juta. Ada juga Realme 7 dapat dibeli seharga 3,3 juta . Dan tak lupa ada Xiaomi Poco X3 yang memiliki performa luar biasa dengan kinerjanya yang tak tertandingi dan layar 120Hz dengan harga kurang dari 4 jutaan saja.

Desain

Ada beberapa tanda bahwa Galaxy A12 bukanlah flagship Samsung, walaupun secara sekilas memang terlihat premium. Layar 6,5 inci mendominasi bagian depan ponsel dengan bezel setebal beberapa milimeter di sekelilingnya. Kamera menghadap ke depan tertanam dalam lekukan dangkal di bagian atas. Body terbuat dari plastik dan pada bagian atas memiliki pola garis diagonal yang memberikan tampilan dan nuansa bergelombang ringan yang menyenangkan.

Baca Juga : Daftar Smartphone terbaik 2021 untuk dibeli saat ini

Tonjolan quad-camera di sudut kiri atas terlihat cukup rapi, meskipun sedikit menonjol dari handset, yang berarti ponsel tidak akan berbaring telentang sepenuhnya. Pemindai sidik jari disematkan ke tombol daya di sisi kanan. Samung Galaxy A12 bahkan memiliki sejumlah fitur ramah konsumen yang tidak selalu ditemukan di ponsel premium. Smartphone ini mendukung ekspansi microSD hingga 1TB tidak seperti iPhone dan Galaxy S21 terbaru, dan memiliki jack headphone 3.5mm. Tentu saja, tidak ada ruang untuk pengisian daya nirkabel atau waterproofing bersertifikat IP. Namun bagaimanapun juga, sobat warganet tidak dapat memiliki semuanya dengan harga 2,4 jutaan.

Baca Juga :  Review Samsung Galaxy A02s/M02s

Tampilan Layar

Samsung Galaxy A12 dibekali dengan layar PLS 6,5 inci dengan resolusi 720 x 1.600. Dengan kisaran harganya, sobat warganet tentu saja tidak akan mengharapkan memperoleh pengalaman Full HD. Namun dengan layar besar smartphone ini terlihat sangat tajam dalam penggunaan sehari-hari. Bukanlah hal yang buruk dan kira-kira masih sama dengan tamplian yang diberikan Nokia 5.3. Namun, agak jauh dari standar tinggi yang ditetapkan oleh Poco X3 NFC.

Performa

Kinerja dasar ini dicerminkan dalam tes grafis dengan GFXBench, di mana Samsung Galaxy A12 berhasil 19fps remeh dalam resolusi 720p asli, dan hanya 12fps saat output ke 1080p. Mengingat Realme 7 dan Poco X3 NFC mengelola sekitar empat kali bingkai pada resolusi itu. Yang paling jelas dalam performa Samsung galaxy A12 adalah efisiensi, dengan baterai 5.000mAh bsisa bertahan hingga 25 jam.

Baca Juga : Bentang Alam Pulau Papua Secara Umum

Samsung Galaxy A12 hadir dengan Android 10 dengan versi Android yang disokong pada One UI Samsung sendiri. Hal ini akan menimbulkan “kekhawatiran”  smartphone ini akan mencoba membuat Anda menginstal banyak ‘aplikasi yang direkomendasikan’ termasuk Candy Crush Saga saat sobat menyiapkan untuk pertama kalinya .

Kamera

Samsung Galaxy A12 memiliki empat kamera di bagian belakang. Kamera utama 48MP (f/2.0), didukung oleh lensa ultra lebar 5MP (f/2.2) dan dua kamera 2MP (f/2.4) untuk depth-sensing dan fotografi makro. Dalam kondisi cerah, foto cukup bagus, dengan komposisi detail.

Baca Juga :  Mengenal Menu Bar pada Microsoft Word

Baca Juga : Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Pelajar di Purwokerto dan Harganya

Namun sobat warganet juga seharusnya tidak mengharapkan keajaiban komposisi segera setelah tingkat cahaya turun. Begitu sobat memasuki wilayah yang kurang cahaya, kualitas gambarnya juga akan  berkurang. Namun, masalah ini memang banyak dihadapi semua kamera ponsel dibawah 3 jutaan.

Untuk kamera depan 8MP (f/2.2) cukup baik untuk selfie dan panggilan video. Secara default, opsi ‘kecantikan’ diaktifkan. Selain itu, Samsung Galaxy A12 merekam video pada 30fps dalam 1080p atau 720p . Tidak ada fitur stabilisasi juga.

Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy A12

Prosesor Octa-core Mediatek MT6765 Helio P35 (4 x 2.35GHz, 4 x 1.8GHz)
RAM 4GB
Ukuran layar 6.5in
Resolusi layar 720×1600
Kamera depan 8MP, f/2.2
Kamera belakang 48MP, f/2.0; 5MP, f/2.2 (ultrawide); 2MP, f/2.4 (makro); 2MP, f/2.4 (kedalaman)
Flash Iya
Tahan debu dan air T/A
Jack headphone 3,5 mmmm Iya
Pengisian nirkabel Tidak
Jenis koneksi USB USB-C
Opsi penyimpanan 64GB
Slot kartu memori (tersedia) MicroSD hingga 1TB
Sistem operasi Android 10
Ukuran baterai: 5.000mAh

 

Kesimpulan

Kelebihan Samsung Galaxy A12

  • Masa pakai baterai yang luar biasa
  • Tampilan yang bergaya premium
  • Penyimpanan yang dapat ditambahkan hingga 1 TB

Kekurangan Samsung Galaxy A12

  • Kurangnya Performa Smartphone
  • Segmen Kamera yang standar
  • Dengan tambahan sedikit Anggaran bisa mendapatkan Smartphone yang “lebih” baik dari segi performa

Demikianlah Review Samsung Galaxy A12. Pada akhirnya, keputusan ada ditangan sobat warganet. Namun, tidak ada salahnya untuk menambahkan Anggaran untuk mendapatkan Poco X3 NFC atau Xiaomi Redmi Note 9T. Semoga bermanfaat.