Review M1 Apple iPad Pro 2021

Review M1 Apple iPad Pro 2021, Bukan untuk Game

Review M1 Apple iPad Pro 2021, Bukan untuk Game – Chip M1 bukanlah  satu-satunya peningkatan besar untuk iPad Pro 2021. Upgrade lainnya adalah M1 Apple iPad Pro menggunakan layar “Liquid Retina XDR” baru. Layar baru ini menggunakan teknologi Mini-LED yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan HDR. Selain itu, juga meningkatkan visual hingga kecerahan dan masa pakai baterai. Sobat juga akan menjumpai 5G, kamera depan ultrawide, konektivitas Thunderbolt 3 dan opsi penyimpanan 2TB baru, walaupun harganya sangat mahal. Dan segala hal yang perlu sobat ketahui mengenai M1 Apple iPad Pro akan kita bahas pada artikel ini.

Review M1 Apple iPad Pro 2021

Sobat Warganet akan mendapatkan dua kamera “Pro” di bagian belakang tablet. Satu kamera utama dengan resolusi 12MP, satu kamera ultrawide 12MP dan ditambah dengan pemindai LiDAR untuk mengukur berbagai hal dan menggunakan aplikasi augmented reality (AR). Sementara itu, untuk keyboard dan Apple Pencil 2masih merupakan tambahan opsional yang mahal. Walaupun Sobat Warganet akan merasa kurang jika membeli iPad Pro tanpa keyboard. Apple iPad Pro 2021 juga tersedia dalam dua ukuran yang sama seperti sebelumnya. Layar sebesar 12.9 inci dan 11 inci. Berikut ini ulasan lengkapnya

Baca Juga: Review Samsung Galaxy A12, Baterai Kuat Performa kurang

Harga dan persaingan

Jika ingin membeli iPad Pro sobat warganet harus melihatnya sebagai alternatif laptop. Dan yang paling utama adalah jika membeli tablet mestinya digunakan sebagai alat produktifitas yaitu untuk bekerja dulu, bukan bermain game dan hanya untuk kesenangan saja.

Tablet ini dibanderol dengan harga 12 jutaan untuk model 11 inci dan 16 juta untuk varian 12 inci dengan penyimpanan 128GB. Dan saingan yang paling dekat dengan harga ini adalah M1 MacBook Air  walaupun tidak memiliki layar Mini-LED, layar sentuh atau dukungan stylus. Namun, dengan harga mulai dari 16 juta untuk model GPU 7-core dengan penyimpanan 256GB akan terlihat lebih baik.

Baca Juga :  Cara Memasang VPN di Windows, Mac, iOS, dan Android

Sedangkan untuk saingan dari laptop Windows, ada banyak pilihan yang tersedia pada kisaran harga ini. Mulai dari Samsung Galaxy Book Pro ultralight hingga Dell XPS 13 yang mewah powerfull. Dell XPS 13 sendiri dibanderol dengan harga 15 jutaan untuk model Intel Generasi ke-11 Core i5, 8GB RAM penyimpanan 256GB, non-layar sentuh. Selain itu masih ada Samsung Galaxy Tab S7 Plus yang menawarkan hardware kompetitif.

Desain dan fitur

Untuk desain fisik iPad baru ini tidak jauh berbeda dari model tahun lalu. Apple iPad Pro 2021 masih tersedia dalam warna Space Grey atau Silver, dengan ketebalan 5.9mm dan berat 682g, atau 1.4kg dengan Magic Keyboard yang terpasang. Model 11 inci yang lebih kecil memiliki berat 468g untuk tablet dan 1,1kg dengan Magic Keyboard.

Baca Juga: Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Pelajar di Purwokerto dan Harganya

Sobat Warganet juga akan menjumpai sepasang kamera di bagian belakang seperti yang terdapat pada smartphone iPhone 12 Apple. Di sampingnya sobat waganet akan menjumpai pemindai LiDAR tablet, yang digunakan untuk mengukur objek dengan aplikasi Ukur iOS dan oleh beberapa aplikasi yang menggunakan AR.

Juga di bagian belakang ada tiga buah kontak logam untuk dan di sekitar tepi Sobat Warganet akan menemukan satu port Thunderbolt 3, tombol volume dan daya. Ditambah dengan empat kisi-kisi speaker untuk rangkaian quad-speaker iPad Pro.  Seperti sebelumnya, iPad Pro menggunakan ID Wajah sebagai sarana utama autentikasi biometrik, yang berfungsi sama baiknya dengan produk sebelumnya. Kamera itu sendiri, telah ditingkatkan dengan pengenalan fitur yang disebut Center Stage. ederhananya, Center Stage menggunakan kamera depan ultrawide 10,8MP 105 derajat yang baru untuk menjaga wajah Sobat Warganet tetap berada di tengah bingkai selama panggilan video.

Baca Juga :  Cara Reset Password ID Apple Lihat Langkah Mudahnya

Baca Juga: Twibbon Hari Krida Pertanian 2021, Download Gratis Disini !!

Layar Liquid Retina XDR

Dengan tampilan Liquid Retina XDR baru, dan memiliki resolusi 2.732 x 2.048, sama seperti tahun lalu. Yang berbeda adalah digunakannya teknologi Mini-LED. Mirip dengan layar IPS LED di iPad Pro tahun lalu tetapi dengan lebih banyak LED di lampu latar. Mengapa Apple memilih untuk tidak menggunakan OLED? Kemungkinan dikarenakan sebagian besar layar OLED yang ada pada laptop seringkali berdampak negatif pada masa pakai baterai.

Gambar pada iPad baru terlihat lebih solid, gambar terlihat lebih nyata dan lebih hadir di layar Mini-LED. Dan itu lebih baik dibandingkan dengan panel OLED yang mulai dipasang oleh para pesaing di laptop dan tablet premium mereka juga. Layar OLED Samsung Galaxy Tab S7 Plus, misalnya, mungkin terlihat megah di dalam ruangan tetapi iPad Pro 2021 lebih terang dan jauh lebih praktis untuk bekerja dalam kondisi terang.

Baca Juga: Daftar Smartphone terbaik 2021 untuk dibeli saat ini

Daya tahan dan kinerja baterai

Peningkatan pada tampilan tidak mengorbankan masa pakai baterai, mungkin karena itulah Apple memilih untuk menggunakan OLED daripada Mini-LED. M1 iPad Pro 2021 mampu bertahan kurang lebih  11 jam. Tidak sebagus MacBook Air, yang mampu bertahan 14 jam dalam sebiah pengujian yang sama. Namun tidak terlalu mengejutkan mengingat baterai iPad 40.9Whr sedangkan MacBook Air 49.9Whr.

Apple telah membuat langkah besar dengan OS iPad dalam beberapa tahun terakhir. Dengan aplikasi File sekarang Sobat Warganet dapat melakukan operasi transfer file sederhana dan menyalin dan menempelkan dari penyimpanan eksternal. Pada platform ini juga terdapat banyak aplikasi kelas berat mulai dari aplikasi pengeditan foto profesional seperti Photoshop dan Affinity Photo hingga paket pengeditan video kelas atas seperti Luma Fusion. Sobat Warganet bahkan dapat menghubungkan mouse dan keyboard dan menggunakannya seperti PC biasa.

Baca Juga :  Review OnePlus Nord N10 5G

Baca Juga: Cara Menyinkronkan Google Drive di Linux dengan Insync

Tidak ada opsi untuk memperluas ruang yang tersedia dan menyebarkan aplikasi di dua layar seperti yang Sobat Warganet bisa lakukan dengan laptop MacBook atau Windows 10.  Tenang saja, kemungkinan hal ini dapat berubah, karena Apple memperbarui iOS selama beberapa bulan dan tahun mendatang dan mereka pastinya akan memikirkan hal ini.

Kesimpulan

Kelebihan

  • Layar Mini-LED yang sangat bagus
  • Chip M1 sangat kuat
  • Daya tahan baterai masih bagus

Kekurangan

  • Harga yang mahal
  • Tidak ada opsi untuk dua layar

IPad Pro perlahan-lahan mengambil lompatan besar ke depan pada tahun 2021 dengan mengadopsi prosesor Apple M1 yang powerfull. Chip ini adalah chip yang sama pada iMac 24 inci tahun ini, Mac mini, MacBook Pro dan MacBook Air.

Baca Juga: Prudential : Pilihan Asuransi Kesehatan Terbaik Selain BPJS 2021

Cukup jelas bahwa iPad Pro 2021 adalah perangkat keras yang luar biasa dan jelas merupakan tablet terbaik yang bisa Sobat Warganet beli. iPad Pro 2021 sekuat MacBook Air dan MacBook Pro, memiliki daya tahan baterai yang hebat dan teknologi layar Mini-LED baru yang pastinya lebih efisien jika dibandingkan dengan layar OLED.

Jika Sobat Warganet membeli tablet dan keyboard ini, harganya akan jauh lebih mahal daripada Apple MacBook Air, walaupun iPad memang memiliki layar sentuh dan tampilan yang jauh lebih bagus. Hal ini adalah dilema yang harus dihadapi sobat warganet sendiri. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *