Cara Mengatasi Case Smartphone Berubah Kuning

Cara Mengatasi Case Smartphone Berubah Kuning

Cara Mengatasi Case Smartphone Berubah Kuning – Salah satu cara agar ponsel awet adalah dengan menggunakan atau menambahkan keamanan ekstra. Sobat warganet pasti pernah pergi ke konter HP untuk memasang Anti Gores atau membeli phone case atau casing ponsel bukan?

Ya, Casing bening adalah salah satu cara yang bagus untuk menambahkan perlindungan ekstra ke smartphone yang dimiliki, balik iPhone atau ponsel Android. Dan biasanya, kalian akan memilih warna bening tersebut dikarenakan tidak terlalu merubah warna dan desain dari ponsel kesayangan. Namun, satu masalah dengan beberapa kasus yang jelas adalah casing bening ini akan berangsur berubah warna dan memiliki rona kuning dari waktu ke waktu. Mengapa demikian?

Casing Ponsel Berubah Menjadi Kuning?

Casing ponsel yang bening memang biasanya memang akan menguning seiring waktu, dan semakin lama digunakan, casing ini akan menjadi lebih kuning. Tidak usah heran sob, karena hampir semua kasing bening memang memiliki warna kuning alami. Pembuat kasing biasanya menambahkan sedikit pewarna biru untuk mengimbangi warna kuning, membuatnya tampak lebih jernih.

Baca Juga :  Cara Membersihkan Layar Laptop yang Aman

Selain itu, jenis bahan juga memainkan peran besar dalam hal ini. Namun tidak semua kasus menjadi kuning seiring waktu dialami oleh casing ponsel yang berwarna bening. Casing dengan bahan yang keras dan tidak fleksibel tidak terlalu banyak mengalami hal seperti ini, Hal ini dikarenakan bahannya biasanya menggunakan mika atau acrylic.

Namun akan berbeda dengan Casing silikon yang murah, lembut, dan fleksibel. Casing dengan bahan ini akan menjadi casing yang paling kuning seiring waktu berjalan. Hal ini sangat wajar sob. Proses penuaan alami ini disebut “degradasi material.” Ada beberapa faktor lingkungan yang berbeda yang berkontribusi dalam “penuaan” ini diantaranya adalah

Penyebab Casing Ponsel Berubah Menjadi Kuning

Matahari

Ada dua pelaku utama yang dapat mempercepat proses penuaan bahan casing ponsel bening. Yang pertama adalah sinar ultraviolet, yang sebagian besar akan Kamu dapatkan dari matahari. Sinar ultraviolet adalah salah satu jenis radiasi. Seiring waktu, ia memecah berbagai ikatan kimia yang menyatukan rantai molekul polimer panjang yang membentuk kasing.

Baca Juga :  Cara Kompres PDF Online di Sodapdf

Panas

Panas juga mempercepat proses ini. Panas dari matahari dan kamu mungkin akan mendapat sumber panas yang berasal dari tangan Kamu. Berbicara tentang tangan, kulit Kamu adalah pelaku kedua. Lebih tepatnya, minyak alami pada kulit Kamu.

Minyak

Semua minyak alami, keringat, dan lemak yang dimiliki setiap orang dapat menumpuk seiring waktu. Tidak ada yang benar-benar benar-benar jernih, sehingga semuanya menambah warna kuning alami. Bahkan casing dengan warna sekalipun dapat sedikit berubah warna karena hal ini.

Cara Mengatasi Case Smartphone Berubah Kuning

Bergantung pada usia casing, Kamu mungkin dapat mengembalikannya menjadi lebih “bersih” dari sebelumnya. Kamu dapat membersihkan semua penumpukan minyak, keringat, dan lemak dari tangan Kamu, tetapi Kamu tidak dapat membalikkan kerusakan akibat sinar ultraviolet.

Cara Mengatasi Case Smartphone Berubah Kuning

Ada tiga bahan pembersih yang bisa Kamu coba: sabun cuci piring, soda kue, dan alkohol gosok. Untuk sabun cuci piring, cukup buat air sabun hangat dan gosok casing secara menyeluruh dengan sikat gigi.

Baca Juga :  Cara Menggunakan OpenShot Editor Video Untuk Youtube

Untuk metode soda kue, taburkan bubuk soda kue ke seluruh wadah, terutama bagian yang berwarna kuning. Basahi sikat gigi dan gunakan untuk menggosok kasing dan membuat busa yang bagus. Jangan sampai casing terlalu basah.

Untuk alkohol gosok, jangan mengoleskan alkohol gosok langsung ke kasing. Sebagai gantinya, basahi handuk kertas atau kain pembersih dan gosok casing dengan itu. Menggosok alkohol juga dapat merusak silikon, jadi jangan berlebihan.

Hal yang sudah disebutkan diatas, mungkin bisa mengatasi sementara masalah case smartphone yang menguning. Walaupun pada akhirnya, Kamu menyadari bahwa kamu sedang berjuang dalam pertempuran yang tidak bisa dimenangkan.

Paling tidak, kamu dapat mencegah menguning dengan beberapa pembersihan sesekali, tetapi proses penuaan alami tidak dapat sepenuhnya dihentikan. Jika Kamu ingin menghindari masalah sepenuhnya, Kamu mungkin perlu mempertimbangkan untuk menggunakan case-less atau tidak menggunakan casing poinsel. Atau, Kamu bisa membeli casing baru untuk ponselmu.