Jawaban Bacaan Kawasan Asia Tenggara Kelas 6

Jawaban Bacaan Kawasan Asia Tenggara Kelas 6 – Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang memprediksi Informasi berdasarkan Judul Bacaan. Kali ini kita akan membaca bacaan tersebut dan mencocokan Prediksi dengan bacaan yang ada yaitu Bacaan Kawasan Asia Tenggara yang terdapat pada Buku Siswa Kelas 6 tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 3. Sebelumnya Bacalah informasi di bawah ini dengan cermat!

Kawasan Asia Tenggara

Asia Tenggara terletak pada 29° LU dan 6° LS. Berdasarkan garis lintangnya, hampir seluruh wilayah Asia Tenggara berada di daerah tropis. Secara geologis, sebagian besar wilayah Asia Tenggara dilalui rangkaian Pegunungan Muda Mediterania.

Secara geografis, wilayah Asia Tenggara berada dijalur lalu lintas yang menghubungkan Samudra Pasifik dan Samudra Hindia, antara Australia dan Asia. Kawasan Asia Tenggara juga dilalui jalur pelayaran antara Asia Timur dan Asia Selatan.

Hampir seluruh wilayah Asia Tenggara memiliki kesamaan, yaitu dilalui oleh pegunungan muda yang masih aktif. Kenyataan ini ditunjukkan dengan sering terjadinya gempa vulkanik dan tektonik.

Sebagian besar wilayah Asia Tenggara terletak di daerah tropis. Tingginya curah hujan ini juga menyebabkan kawasan Asia Tenggara banyak hutan lebat. Di kawasan Asia Tenggara, berlaku musim penghujan dan musim kemarau. Curah hujan yang lebat menjadikan wilayah ini subur. Salah satu daerah pertanian yang subur di Asia Tenggara adalah daerah aliran Sungai Mekong. Sungai ini melintasi Tiongkok, Myanmar, Laos, Thailand, Kamboja, dan Vietnam.

Baca Juga :  2,5 Triliun Anggaran KIP Kuliah Merdeka, Agar Masyarakat Tidak Mampu Bisa Kuliah

Keadaan Alam Negara Singapura 23

Perhatikan kembali peta Asia Tenggara. Identifikasilah negara-negara yang ada di Asia Tenggara.

Negara-negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara:

Jawaban : Negara-negara yang letaknya ada di Kawasan Asia Tenggara Adalah Brunei Darussalam, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam.

Tuliskan informasi penting yang kamu peroleh setelah membaca teks “Kawasan Asia Tenggara”.

Tuliskan informasi tersebut dalam format yang disediakan dan bandingkan dengan perkiraan informasi yang sebelumnya kamu tuliskan.

Kawasan Asia tenggara Perbandingan

Apakah kamu menemukan persamaan dan perbedaan?

Jawaban : Ya, saya menemukan perbedaan dari Bacaan yang telah saya baca tersebut

Hasil Perbandingan

Jawaban : Perbandingannya adalah Sebelumnya, saya memprediksi negara di asia tenggara, luas wilayah, lokasi negara , kondisi Alam dan batas wilayahnya. Sedangkan pada teks bacaan tersebut membahas tentang Letak astornomis, letak geografis, iklim, kondisi geologi dan kondisi alam Asia Tenggara. (Jawaban tergantung pada jawaban kalian sendiri)