Jawaban Tugas Menemukan Nilai-Nilai Kehidupan dalam Cerpen

Jawaban Tugas Menemukan Nilai-Nilai Kehidupan dalam Cerpen

Jawaban Tugas Menemukan Nilai-Nilai Kehidupan dalam Cerpen – Halo sobat, dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai jawaban tugas menemukan nilai-nilai kehidupan dalam cerpen halaman 110 yang terdapat pada buku bahasa indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.

Di sini sobat diharapkan dapat menemukan nilai-nilai kehidupan yang terdapat pada cerpen “Robohnya Surau Kami” yang ada pada halaman buku sebelumnya. Bacalah kembali cerpen tersebut yang mana menjadi acuan dalam menjawab soal di bawah. Untuk pembahasan selengkapnya, mari kita simak bersama ulasan berikut ini.

Jawaban Tugas Menemukan Nilai-Nilai Kehidupan dalam Cerpen Halaman 110

Kegiatan 2

Menemukan Nilai-Nilai Kehidupan dalam Cerita Pendek

Dengan mengajukan beragam pertanyaan tentang isi suatu teks, misalnya cerpen, kita akan sampai pada penemuan nilai dari teks itu. Adapun yang dimaksud dengan nilai dalam hal ini adalah sesuatu yang penting, berguna, atau bermanfaat bagi manusia. Pertanyaan kritis tentang kelebihan dan kelemahan cerpen itu, misalnya, akan sampailah pada jawaban tentang bermanfaat atau tidaknya bagi pembaca.

Baca Juga :  Kunci Jawaban "Cara Membuat Montase, Kolase, Mozaik, dan Karya Aplikasi"

Perhatikan penggalan cerpen berikut.

Pak, pohon pepaya di pekaranganku telah dirobohkan dengan tak semena-mena, tidaklah sepatutnya hal itu kulaporkan? Itu benar, tapi jangan melebih-lebihkan. Ingat, yang harus diutamakan ialah kerukunan kampung. Soal kecil yang dibesar-besarkan bisa mengakibatkan kericuhan dalam kampung. Setiap soal mesti diselesaikan dengan sebaik-baiknya. Tidak boleh main seruduk. Masih ingatkah kau pada peristiwa Dullah dan Bidin tempo hari? Hanya karena soal dua kilo beras, seorang kehilangan nyawa dan yang lain meringkuk di penjara. (Cerpen “Gerhana”, Muhammad Ali)

Penggalan cerpen tersebut mengungkapkan perlunya menjaga diri, yakni untuk tidak melebih-lebihkan persoalan sepele karena hal tersebut bisa berakibat fatal. Dalam unsur-unsur intrinsik karya sastra, pernyataan tersebut dinamakan dengan amanat. Pernyataan seperti itulah yang dianggap bernilai atau sesuatu yang berguna, sebagai “obor” atau petunjuk jalan bagi seseorang dalam berperilaku. Oleh karena itu, berkaitan dengan baik-buruknya perilaku dalam bermasyarakat, hal itulah yang dinamakan dengan nilai moral.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 7 halaman 189 Menganalisis Bank IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Nilai dari sebuah cerpen tidak hanya berkaitan dengan keindahan bahasa dan kompleksitas jalinan cerita. Nilai atau sesuatu yang berharga dalam cerpen juga berupa pesan atau amanat. Wujudnya seperti yang dikemukakan di atas: ada yang berkenaan dengan masalah budaya, moral, agama, atau politik. Realitas pesan-pesan itu mungkin berupa pentingnya menghargai tetangga, perlunya kesetiaan pada kekasih, ketawakalan

kepada Tuhan, dan sebagainya. Hanya kadang-kadang kita tidak mudah untuk merasakan kehadiran pesan-pesan itu. Karya-karya semacam itu perlu kita hayati benar-benar.

Untuk menemukan keberadaan suatu nilai dalam cerpen, kamu dapat mengajukan sejumlah pertanyaan, misalnya, sebagai berikut.

1. Mengapa tokoh A mengatakan hal itu berkali-kali?

2. Mengapa latar cerita itu di sekolah dan pada sore hari?

3. Mengapa pengarang membuat jalan cerita seperti itu?

4. Mengapa seorang tokoh dimatikan sementara yang lain tidak?

Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan seperti itu akan membawamu pada simpulan tentang nilai tertentu yang disajikan pengarang.

Tugas

1. Lakukan hal-hal berikut ini sesuai dengan instruksinya!

Baca Juga :  Jawaban Pertanyaan Pemantik Tentang Puisi

a. Bacalah kembali cerpen “Robohnya Surau Kami”!

b. Secara berkelompok, tunjukkanlah nilai-nilai kehidupan yang terdapat dalam cerpen itu!

c. Mungkinkah nilai-nilai tersebut kamu aktualisasikan pula dalam kehidupan sehari-hari?

d. Laporkanlah hasil diskusi kelompokmu itu dalam format berikut!

JAWABAN :

  • Nilai-nilai kehidupan yang terdapat dalam cerpen “Robohnya Surau Kami” :
Nilai Sosial : Sudah seharusnya sesame manusia saling membantu ketika ada yang sedang mengalami kesulitan.
Nilai Moral : Saling hormat-menghormati antar sesame manusia.
Nilai Agama : Mentaati perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya.
Nilai Pendidikan : Tidak mudah berputus asa ketika menghadapi kesulitan.
Nilai Budaya : Memegang teguh adat istiadat yang ada di masyarakat.
  • Nilai-nilai tersebut mungkin diaktualisaikan dalam kehidupan sehari-hari seperti selain beribadah kepada Tuhan, manusia juga harus bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari

Kesimpulan

Nah sobat, itulah pembahasan mengenai jawaban tugas menemukan nilai-nilai kehidupan dalam cerpen halaman 110 yang terdapat pada buku bahasa indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.

Disclaimer :  Jawaban yang telah dibahas di atas bukan jawaban yang mutlak benar, akan tetapi artikel ini diharapkan dapat membantu sobat dalam belajar.

Baca Juga :