Konservasi Elang Jawa
Konservasi Elang Jawa

Kunci Jawaban Konservasi Elang

beritawarganet.com – Kunci Jawaban Konservasi Elang. Konsevasi adalah perlindungan spesies dari kepunahan, pemeliharaan dan pemulihan habitat, peningkatan jasa ekosistem, dan perlindungan keanekaragaman hayati. Di Indonesia ada beberapa spesies yang termasuk dalam kelompok hewan langka dan hampir punah, salah satu contohnya adalah Elang Jawa. Dahulu Elang Jawa dapat ditemui di seluruh hutan dan lereng gunung Pulau Jawa, tetapi sekarang jenis burung tersebut sulit untuk ditemui karena habitatnya yang terbatas dan hampir punah. Untuk menghindari kepunahan, maka perlu dilakukan konservasi . Sobat BW apakah kalian tahu dimana koservasi elang jawa? Mari kita cari tahu bersama!

Konservasi Elang di Halimun Salak

 

Kunci Jawaban Konservasi Elang – Burung elang jawa (Nisaetus bartelsi) merupakan acuan lukisan Burung Garuda. Namun, kini jenis burung itu nyaris punah. Penyebab utama berkurangnya populasi burung elang jawa adalah kerusakan habitat tempat hidupnya. Kerusakan tersebut disebabkan karena adanya bencana alam maupun alih fungsi hutan menjadi ladang atau perkebunan. Ada pula perilaku manusia yang menyebabkan populasi burung ini semakin menyusut tajam yaitu perburuan. Burung elang hasil perburuan diperjualbelikan dan dijadikan koleksi pribadi.

Baca Juga :  Manakah tujuan pembelajaran yang sesuai dengan standar kompetensi mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak salah satu permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik adalah

 

Oleh karena itu, Indonesia berupaya melakukan usaha pelestarian. Salah satunya di Taman Nasional Gunung Salak. Namun, usaha itu juga tidak mudah dilakukan. Penyebabnya yaitu minimnya perhatian dan dukungan pembiayaan. Untuk penandaan burung, misalnya Indonesia masih memakai metode lama yaitu dengan memasang semacam bendera kuning di sayap. Sebagai bandingan di Thailand pemantauan burung sudah berbasis satelit. Sebaliknya, dalam hal pengamatan burung Indonesia masih mengandalkan pengamatan mata.

Baca Juga :  Jawaban Post Tes Modul 3 Merancang Projek Penguatan Profil Pancasila

Sumber: http://green.kompasiana.com/penghijauan/2012/10/31/konservasi-elang-di-halimun-salak-504938.html

 

Kunci Jawaban Konservasi Elang – Kamu telah membaca bacaan “Konservasi Elang di Halimun Salak”. Adakah kata-kata sukar yang belum kamu ketahui artinya? Jika ada, tuliskan dalam tabel berikut. Kemudian, carilah arti kata-kata tersebut. Dengan bantuan Kamus Besar Bahasa Indonesia atau bertanyalah kepada orang-orang yang kamu anggap mengetahui.

 

Konservasi Elang Jawa
Konservasi Elang Jawa

 

Dari bacaan “Konservasi Elang di Halimun Salak”, kamu mengetahui beberapa dampak kegiatan manusia terhadap populasi burung elang jawa. Apa sajakah itu? Lengkapilah peta pikiran berikut.

Apa yang dapat kamu lakukan untuk ikut melestarikan burung elang jawa? Diskusikan bersama teman-temanmu (4-5 orang tiap kelompok). Tuliskan hasilnya dalam tabel berikut.

Ayo Berlatih

Kunci Jawaban Konservasi Elang – Salah satu kewajiban manusia adalah menjaga lingkungan alam. Salah satunya melalui konservasi lingkungan alam. Amatilah bentuk-bentuk konservasi yang ada di daerah tempat tinggalmu!

Baca Juga :  Kunci Jawaban Ayo Kita Berlatih 4.3 Matematika Kelas 8 Halaman 157

Carilah jawaban pertanyaan tersebut dengan bertanya kepada narasumber di sekitarmu. Kamu dapat bertanya kepada orang tuamu, apak/ bu guru, atau orang-orang lain di sekitarmu.

Buatlah laporan hasil wawancaramu seperti contoh dalam kotak berikut.

Kesimpulan: habitat pada suatu wilayah dapat dikelola dan dijaga untuk melestarikan makhluk hidup yang tinggal didalamnya

Kunci Jawaban Konservasi Elang – Kegiatan konservasi dapat mencegah elang jawa dari kepunahan lho Sobat BW. Sebagai seorang siswa apa yang dapat kita lakukan untuk mendukung kegiatan konservasi?

Sobat BW, kita bisa secara aktif memberikan informasi kepada orang disekitar kita tentang pentingnya kelestarian hewan dan tumbuhan, ikut berperan aktif dalam kegiatan pelestarian lingkungan, dan lain sebagainya.

Semoga bermanfaat ya..