mata pencaharian
mata pencaharian

Kunci Jawaban “Lingkungan Memengaruhi Mata Pencaharian Penduduk”

beritawarganet.com – Kunci Jawaban “Lingkungan Memengaruhi Mata Pencaharian Penduduk”Ketika liburan sekolah kemana Sobat BW berkunjung atau berlibur?

Mungkin ada yang ke daerah pantai, pegunungan, atau ke pedesaan. Tahukah Sobat BW ada salah satu daerah di Indonesia yang sangat terkenal sebagai destinasi liburan, dimanakah itu?

Bali sangatlah terkenal hingga di luar negeri sebagai ikon pariwisata Indonesia. Bali memiliki potensi pariwisata, seperti wisata alam, wisata seni, dan budaya. Provinsi Bali terbagi atas 8 kabupaten dan 1 daerah kota.

Tabanan merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Bali. Wilayah Kabupaten Tabanan didominasi oleh pegunungan dan pantai. Selain itu, Tabanan terkenal sebagai penghasil beras dan sayuran. Mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Namun, penduduk yang tinggal di pantai bermata pencaharian sebagai nelayan. Keadaan alam suatu tempat memengaruhi mata pencaharian penduduknya. Ayo, kita cari tahu lebih lanjut.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Kegiatan dalam Bidang Ekonomi

Ayo Membaca

Lingkungan Memengaruhi Mata Pencaharian Penduduk

Lingkungan memengaruhi mata pencaharian penduduk di suatu daerah. Mata pencaharian penduduk di suatu daerah berbeda dengan daerah lain. Mata pencaharian penduduk di daerah pesisir pantai berbeda dengan penduduk di daerah dataran rendah maupun di dataran tinggi. Simak penjelasan berikut.

1. Penduduk di daerah pantai bermata pencaharian sebagai nelayan, petani tambak, pedagang, petani garam, dan perajin.

2. Penduduk di daerah dataran rendah bermata pencaharian sebagai buruh, petani, pedagang, dan peternak.

3. Penduduk di daerah dataran tinggi bermata pencaharian sebagai petani, peternak, pedagang, dan pekerja perkebunan, misalnya teh, kopi, dan cengkeh.

Selain itu, penduduk yang tinggal di desa juga memiliki mata pencaharian yang berbeda dengan penduduk di kota. Penduduk di desa lebih banyak bermata pencaharian sebagai petani, peternak, perajin, pedagang, buruh tani dan perkebunan. Sedangkan penduduk di kota bermata pencaharian sebagai pekerja jasa (pegawai bank, konsultan, pengacara, sopir), karyawan, pedagang, dan buruh pabrik.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Kewajiban dan Hak Lingkungan

mata pencaharian

Ayo Berdiskusi

Diskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut bersama teman sebangkumu. Tuliskan hasilnya pada tempat yang disediakan.

1. Mengapa mata pencaharian penduduk berbeda sesuai lingkungan tempat hidupnya?

Mata pencaharian penduduk berbeda sesuai dengan lingkungan tempat hidupnya karena untuk memenuhi kebutuhan hidupnya penduduk cenderung akan memanfaatkan kekayaan alam yang ada didaerah tempat tinggal mereka. Kekayaan alam setiap tempat pasti berbeda-beda dari daerah satu dengan daerah lainnya sehingga akan menyebabkan keragaman jenis mata pencaharian penduduknya.

2. Mengapa penduduk di desa dan di kota memiliki mata pencaharian yang berbeda?

Di desa masih banyak lahan pertanian sehingga penduduknya bermata pencaharian sebagai petani, sedangkan di kota merupakan pusat pemerintahan dan perdagangan sehingga penduduk di kota lebih banyak bermata pencaharian sebagai pekerja jasa seperti pedagang, pegawai bank, dan lain sebagainya.

3. Apa perbedaan petani di daerah dataran rendah dan petani di daerah dataran tinggi?

Petani di daerah dataran rendah berbeda dengan petani di daerah dataran tinggi. Perbedaannya ada pada tanaman yang ditanam para petani ini dikarenakan jenis tanah dan suhu yang ada disana. Petani di daerah dataran rendah menanam tanaman seperti padi, jagung, dan palawija, sedangkan petani di daerah dataran tinggi menanam tanaman seperti kubis, bawang, wortel, kentang, dan lain sebagainya.

4. Apa yang dimaksud dengan pekerja jasa? Sebutkan contohnya.

Pekerja jasa adalah orang-orang yang bekerja memberikan pelayanan sesuai dengan keahlian yang dimilikinya. Contoh pekerja jasa antara lain dokter, penjahit, guru, pekerja bangunan, dan lain sebagainya.

Ayo Mengamati

Baca Juga :  Contoh Teks Pembawa Acara atau MC Idul Fitri 2022, Singkat Bermakna

1. Bentuklah kelompok terdiri atas 3 siswa. Pilihlah teman yang tempat tinggalnya dekat dengan rumahmu.

2. Amatilah keadaan lingkungan tempat tinggalmu. Apakah termasuk lingkungan kota, perdesaan, pesisir, atau pegunungan?

3. Amatilah pula penduduk di lingkungan sekitar tempat tinggalmu. Kemudian, catatlah mata pencaharian penduduk di lingkungan sekitarmu.

4. Buatlah laporan sederhana berdasarkan hasil pengamatanmu. Buatlah seperti contoh berikut.

5. Kumpulkan hasilnya kepada guru.

 

Laporan Hasil Pengamatan

Nama : Khumairah

Kelas : IV B

Alamat : Purbalingga

1. Nama daerah tempat tinggalku: Jawa Tengah

2. Tempat tinggalku termasuk daerah: Dataran rendah

3. Mata pencaharian penduduk di lingkungan tempat tinggalku: Petani, Pedagang, Peternak, Guru, Buruh Pabrik

4. Transportasi penduduk di lingkungan tempat tinggalku: Motor, Mobil, Angkutan umum

5. Kesenian di lingkungan tempat tinggalku: Thek-thek atau Kenthongan

Bagaimana dengan hasil yang pengamatan Sobat BW?

Sobat BW, keadaan alam ataupun lingkungan suatu tempat memengaruhi mata pencaharian penduduknya. Hal tersebut dikarenakan keadaan geografis yang berbeda-beda, sehingga mata pencaharian masyarakatnya pun berbeda-beda.