Museum Siwalima, Rekomendasi Tempat Wisata Sejarah di Ambon

Berita Warganet – Museum Siwalima, Rekomendasi Tempat Wisata Sejarah di Ambon. Museum Siwalima merupakan museum penting yang memberikan banyak informasi terkait Maluku dan kekayaan alam dan budayanya. Museum ini terletak di Maluku, Ambon, Kecamatan Nusaniwe, Desa Amashu, Kawasan Taman Makmur. Jarak dari pusat kota ke museum hanya 5 km.

Baca Juga : 17 Rekomendasi Tempat Wisata di Ambon yang Lagi Hits Tahun 2022

Museum Siwalima merupakan museum penting yang memberikan banyak informasi terkait Maluku dan kekayaan alam dan budayanya. Museum ini terletak di Maluku, Ambon, Kecamatan Nusaniwe, Desa Amashu, Kawasan Taman Makmur.

Jarak dari pusat kota ke museum hanya 5 km dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 10 menit dengan kendaraan bermotor. Dibangun pada tahun 1973, lokasi museum ini sangat eksotis karena berada di atas bukit yang menghadap ke Teluk Ambon.

Kata Siwalima sendiri berasal dari bahasa daerah dan terdiri dari dua kata. Ulisiwa berarti 9 kelompok dan Patalima berarti 5 kelompok. Kedua kata ini merujuk pada sembilan kerajaan yang menguasai Maluku Selatan dan lima kerajaan yang menguasai Maluku Utara. Bersama-sama, kedua kata ini memunculkan makna baru bagi Siwalima, mewakili kekayaan sejarah, alam dan budaya Maluku, Negeri Para Raja.

Baca Juga :  Resep Masakan Puasa Hari 6, Ramadhan 1442 H

Baca Juga : Pantai Pintu Kota, Rekomendasi Tempat Wisata di Ambon

Pendirian Museum Siwalimah dimulai dengan undang-undang Belanda pada tahun 1970 yang mewajibkan Belanda untuk mengembalikan barang-barang bersejarah kepada Marc. Banyak dari barang-barang bersejarah ini ditumpuk di galian dan membutuhkan tempat untuk membuatnya lebih nyaman.

Baca Juga : Pantai Natsepa, Rekomendasi Tempat Wisata Hits di Ambon

Belakangan situs yang menjadi markas Tentara Pembebasan Irlandia Barat ditemukan dan disebut Taman Makmur. Situs ini akhirnya menjadi situs pendiri museum dan digunakan untuk memajang dan menyimpan benda-benda bersejarah Yayasan Belanda. Awalnya, Museum Siwalima hanya berisi benda-benda yang berkaitan dengan sejarah dan budaya Maluku.

Namun seiring berjalannya waktu, museum ini juga menampilkan dunia bahari Maluku dan dikenal dengan Museum Bahari Siwalima. Terakhir, Museum Siwalima kini terbagi menjadi dua bagian penting: Museum Budaya, yang memuat segala sesuatu yang berkaitan dengan budaya Maluku. Bagian kedua adalah Museum Bahari yang menyimpan sejarah bahari Ambon.

Baca Juga :  Logo Hari Jadi Cilegon ke-23 Tahun 2022, Format PNG PDF JPG

Di bagian Museum Budaya Siwalima kita melihat berbagai peninggalan budaya dan benda-benda yang berkaitan dengan sejarah perkembangan Maluku.

Mulai dari pakaian adat, senjata khas Maluku, berbagai upacara adat dan artefak sejarah tertata rapi di bagian ini. Padahal, menurut peraturan yang dikeluarkan oleh direktur museum, fotografi flash kain, foto lama, dll tidak diperbolehkan. Banyak informasi tentang kehidupan Maluku dikumpulkan dari waktu ke waktu.

Di sisi lain, Museum Kelautan memberikan Sobat informasi yang sama menariknya. Informasi tersebut terutama menyangkut sejarah maritim Maluku, yang diketahui menguntungkan sejak dulu.

Sobat bisa belajar bahwa pada dasarnya orang Maluku dieksekusi terutama di laut, untuk perdagangan, perikanan dan perang. Keagungan Laut Maluku tidak hanya bisa dilihat dari masa kini, tapi juga masa lalu. Selain itu, kerangka ikan paus yang besar, panjangnya hingga 23 meter, menjadi daya tarik yang menarik dan menarik perhatian Sobat.

Baca Juga :  Rayakan Hari Lahir Kota Tegal yang ke-442, dengan Twibbon

Museum Siwalima merupakan sarana pendidikan yang efektif bagi generasi modern untuk belajar tentang kehidupan Maluku di masa lalu. Seharusnya pemerintah lebih memperhatikan keberadaan museum ini.

Masyarakat juga harus menumbuhkan rasa ingin tahu dan keinginan untuk menggali lebih jauh kekayaan sejarah dan fakta yang terkait dengan keberadaan Maluku di Nusantara, sehingga akan melahirkan warisan pengetahuan sejarah.

Lokasi Obyek Wisata Museum Siwalima

Museum Siwalima
Museum Siwalima

Apabila Sobat bingung rute terbaik menuju ke obyek wisata Museum Siwalima yang ada di Ambon, Sobat bisa mengakses peta lokasinya berikut ini untuk mempermudah perjalanan liburan Sobat, Simak lokasi Obyek Wisata Museum Siwalima di bawah ini di kata KUNJUNGI :

Baca Juga : Logo Kota Ambon PNG, Download Lambang Gambar HD

KUNJUNGI

Tentang Hari Jadi Kota Ambon :