5 Tips Usaha Sistem Patungan ( JV ) Yang Sukses

Ketika perusahaan memikirkan pembangunan tim, pengusaha biasanya mengaitkannya dengan membangun tenaga kerja internal perusahaan mereka menjadi mesin pertarungan yang ramping. Pembangunan tim, bagaimanapun, harus diperluas untuk mencakup hubungan eksternal seperti dengan perusahaan lain. Masukkan usaha patungan atau disingkat JV.

Usaha patungan umumnya adalah kemitraan bisnis yang dibangun antara dua pihak atau lebih (individu, kelompok bisnis, korporasi, korporasi) untuk tujuan memperluas bisnis dan mencapai prestasi dengan bergabung dan bekerja sebagai tim. Para pihak yang terlibat dalam perjanjian usaha patungan saling melengkapi, saling mengeksploitasi aset mereka, saling mengkompensasi kelemahan satu sama lain dan, terkadang, berbagi risiko secara setara.

Kurang dari 5% perusahaan benar-benar menggunakan usaha patungan secara efektif, dan sebagian besar bahkan tidak menggunakannya. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari usaha patungan dengan benar, beberapa faktor perlu dipertimbangkan seperti memilih dengan siapa akan bermitra, pendekatan yang tepat untuk calon mitra, menegosiasikan kesepakatan menang-menang, dan pelaksanaan yang terkoordinasi dengan baik, pertimbangan.

Ada beberapa jenis usaha patungan. Perusahaan besar dapat bergabung untuk menjadi lebih kuat dan dengan demikian mendominasi pasar, sementara perusahaan kecil dapat bergabung untuk membangun kehadiran yang lebih kuat di ceruk pasar mereka untuk mendorong kembali perusahaan yang lebih besar dan lebih banyak akal. JV juga dapat digunakan untuk mengakses pasar luar negeri. Perusahaan asing sering membentuk usaha patungan dengan perusahaan asli yang sudah ada di pasar, tetapi tanpa modal atau dana untuk benar-benar memanfaatkan potensi pasar. Perusahaan asing dapat membawa uang, teknologi baru, dan strategi kompetitif ke dalam perjanjian usaha patungan, sambil mendapatkan keuntungan dari hubungan dan branding perusahaan domestik.

Baca Juga :  Cara Merubah Bahasa di Facebook dan Instagram dengan Mudah

Kemitraan pelengkap ini menguntungkan semua perusahaan yang terlibat jika diatur dengan benar dengan mitra yang tepat. Berikut adalah contoh JV yang kuat namun sederhana yang dapat dimanfaatkan banyak perusahaan untuk mengembangkan bisnis kecil mereka dengan cepat. Ini adalah metode yang sangat efisien untuk meningkatkan keuntungan bisnis dengan bermitra dengan mitra lain yang bisnisnya tidak kompetitif dan menawarkan sumber daya yang sangat berharga, daftar pelanggan yang sangat responsif yang akan tertarik dengan produk atau layanan Anda. Dengan memanfaatkan tambang emas tersembunyi ini, bisnis kecil dapat menghemat ribuan dolar dalam biaya pemasaran untuk menjangkau pelanggan sasaran dengan mencapai tujuan meningkatkan keuntungan. Perusahaan yang menawarkan kendaraan untuk menjangkau klien ini, daftar klien, mendapatkan keuntungan dari menawarkan produk dan layanan pelengkap yang tidak dijualnya dan meningkatkan penjualan yang dihasilkan pemasaran ke daftar ini.

Berikut adalah 5 tip untuk sukses usaha patungan:

Pilih Mitra Anda dengan Hati-Hati.

Usaha patungan memiliki peluang lebih baik untuk sukses jika mitra memiliki reputasi yang sangat baik. Komponen penting dalam membangun tim yang baik adalah memiliki mitra yang tepat. Mereka harus dapat diandalkan dan memiliki tingkat integritas yang tinggi.

Usaha patungan melibatkan upaya membangun tim yang ekstensif karena ini adalah hubungan antara dua pihak dan jika hubungan itu akan bertahan lama, itu harus dipupuk dan dipelihara. Kedua belah pihak harus bisa saling percaya dan menepati janji satu sama lain. Untuk menemukan mitra yang tepat, lakukan riset pasar yang solid dan hanya targetkan perusahaan dengan siapa Anda ingin melakukan bisnis jangka panjang. Jika Anda ingin membentuk kemitraan dengan perusahaan tertentu, pastikan praktik bisnisnya sejalan dengan Anda. Akan sangat sulit bagi Anda untuk membentuk tim yang dapat diandalkan dengan orang-orang tanpa motivasi atau profesionalisme, jadi Anda harus mencari mitra potensial yang terlatih dan berpikiran terbuka.

Baca Juga :  Spesifikasi Kamera Samsung Galaxy A22 Bocor, Kemungkinan Diluncurkan Juni

Ketahui apa yang diharapkan

Ketahui dari awal apa tujuan Anda, apa yang ingin Anda capai dan lihat apakah tujuan Anda selaras dengan ,mitra Anda. Setiap bisnis harus mengembangkan rencana pemasaran dan secara jelas menjelaskan apa yang diharapkan dari calon mitra.

Rencanakan strategi Anda sebelumnya dan pastikan Anda mencakup semua aspek hukum yang ditetapkan dalam perjanjian usaha patungan, seperti ketersediaan sumber daya dan manajemen, alokasi khusus, pendapatan bersama, pemotongan, dan masalah pendapatan. Tetap berpegang pada rencana pengembangan bisnis dan tetapkan prioritas dan tujuan baru saat Anda pergi. Dengan mengelola sumber daya secara efisien dan mempertahankan kebijakan perusahaan yang valid dan kompetitif, Anda akan memastikan umur panjang dan kesuksesan bisnis Anda.

Draf proposal sebagai surat penjualan mini

Buat surat proposal profesional yang secara meyakinkan menjelaskan manfaat dari usaha patungan. Bersikaplah singkat, jelas, ringkas, dan koheren saat Anda memperkenalkan bisnis Anda secara singkat dan mengapa mereka harus berbisnis dengan Anda. Ingatlah untuk mendengarkan stasiun radio yang didengarkan oleh calon mitra JV Anda, WIIFM atau What’s In It For Me.

Jika Anda ingin mengusulkan usaha patungan kepada seseorang, Anda harus memberi mereka alasan yang tepat untuk melakukannya. Jika tidak, kemungkinan besar mereka akan menolak proposal Anda. Perusahaan besar dan sukses mendapatkan banyak tawaran usaha patungan, jadi Anda harus menonjol. Anda harus mendidik mereka tentang keuntungan dan keuntungan memilih Anda daripada orang lain. Jika mitra ini adalah mitra impian, tetaplah gigih karena ketekunan menunjukkan ketulusan dan tekad untuk mewujudkannya bagi calon mitra JV.

Hindari menarget terlalu tinggi

Jika Anda adalah perusahaan yang lebih kecil, jangan menargetkan penawaran Anda ke perusahaan besar terlebih dahulu karena kemungkinan besar akan dibuang. Alih-alih menargetkan terlalu tinggi pada titik ini, ciptakan usaha patungan yang sukses dengan perusahaan kecil untuk mendapatkan perusahaan yang lebih besar dan lebih kuat untuk memperhatikan Anda. Bangun reputasi sebagai wirausahawan yang solid yang tahu bagaimana mengubah usaha patungan menjadi emas untuk mitra mereka. Bisnis secara alami tertarik pada bisnis yang sukses. Ingatlah untuk membunyikan klakson Anda saat mengumumkan JV melalui siaran pers dan / atau artikel di majalah perdagangan. Saat bisnis Anda berkembang, persaingan akan segera menyadari kehadiran Anda dan ada kemungkinan perusahaan yang kuat dapat mengajukan proposal untuk bergabung dengan perusahaan Anda.

Baca Juga :  Menghapus paragraf di Microsoft Word, Simak 2 Cara Cepatnya!

Selalu jujur ​​dan terbuka dengan semua transaksi bisnis

Setelah merundingkan detail usaha patungan, pekerjaan sebenarnya dimulai. Untuk mempertahankan semuanya, dibutuhkan banyak kepercayaan, pemahaman, dan pengalaman untuk membangun tim yang berkelanjutan di kedua sisi. Jaga dialog terbuka dan selalu atasi masalah lebih awal sebelum menjadi masalah yang lebih besar yang mengancam untuk memutuskan kemitraan.

Ini adalah aturan dasar untuk usaha patungan dan pada akhirnya terserah Anda untuk melihat apakah kesepakatan akan berhasil. Belajar dengan setiap perjanjian usaha patungan untuk meningkatkan perjanjian berikutnya. Bisnis hanya bisa dilakukan jika Anda mengejarnya. Dengan banyak kerja keras, Anda akan mengembangkan pengalaman yang cukup untuk menjadi ahli usaha patungan dan membawa bisnis Anda ke tingkat berikutnya.