Cara Mengunduh Peta Offline di Google Maps

Cara Mengunduh Peta Offline di Google Maps

Cara Mengunduh Peta Offline di Google Maps – Tidak ada yang lebih buruk daripada mencoba menemukan jalan pintas dengan menggunakan google Maps dan tiba-tiba kamu kehilangan sinyal dan tidak dapat melihat peta yang kamu gunakan sebagai navigasi.

Untungnya, Google Maps memiliki fitur untuk mengunduh peta untuk penggunaan offline. Sehingga kamu tidak perlu panik akan berakhir tersesat di lingkungan yang tidak kamu kenal. Dan berikut  Cara Mengunduh Peta Offline di Google Maps.

Mengapa Perlu mengunduh peta?

Kamu mungkin tidak perlu mengunduh peta secara teratur jika kamu jarang bepergian ke luar kota atau tempat tempat lain yang belum kamu kenal sebelumnya. Namun, tetapi untuk beberapa orang, hal itu menjadi perlu ketika bepergian atau bahkan hanya keluar rumah untuk alasan apa pun. Tergantung di mana kamu tinggal, sinyal seluler dapat menjadi tidak stabil dan tidak dapat diandalkan. Peta offline memungkinkanmu untuk memulai perjalanan dan mendapatkan navigasi ke tempat-tempat di area yang diunduh tanpa sinyal sama sekali.

Baca Juga :  Asus ZenBook 13 OLED UM325: Prosesor AMD yang kuat, baterai tahan lama

Jika kamu sering bepergian ke luar negeri  atau dalam waktu dekat berencana untuk bepergian, memiliki peta offline dapat membuat segalanya jauh lebih mudah karena tidak memerlukan SIM sama sekali. Secara umum, ada baiknya untuk mengetahui cara kerjanya dan cara memasukkannya ke perangkatmu sob.

Perangkat apa yang bisa digunakan untuk mengunduh peta offline?

Google Maps tersedia di Android dan iOS , di mana sebagian besar pengguna menggunakan aplikasi ini sebagai teman perjalanan. Hal ii tentunya  berarti bahwa sebagian besar pengguna dapat memanfaatkan peta yang diunduh, apa pun OS yang digunakan. Namun, tidak seperti tempat tersimpan, label, dan fitur Google Maps lainnya , peta offline yang diunduh tidak akan mengikuti dari perangkat ke perangkat.

Satu-satunya hal yang mungkin perlu kamu pikirkan saat mengunduh peta adalah berapa banyak ruang yang kamu miliki di perangkat. Hal ini dikarenakan peta offline memerlukan space di dalam perangkatmu. Paling besar, peta dapat memakan sekitar 500MB hingga 2GB di perangkat, tergantung pada seberapa banyak data yang ada di dalam area yang akan kamu simpan. Lingkungan perkotaan misalnya, membutuhkan lebih banyak data, karena lokasi, toko, dan hotspot semuanya disimpan di peta offline untuk navigasi yang mudah. Ukuran rata-rata peta offline biasanya sekitar 300MB, jadi cukup bervariasi.

Baca Juga :  Asus X555b Spesifikasi Gahar Laptop 5 Jutaan

Apakah ada batasan berapa banyak peta yang dapat diunduh?

Satu-satunya faktor pembatas, seperti yang disebutkan, adalah jumlah penyimpanan yang kamu miliki di perangkat. Selama itu tidak terlampaui, Kamu bisa mengunduh area offline sebanyak yang kamu inginkan. Saat mengunduh, Google Maps membuat kamu memilih area persegi panjang, jadi untuk benar-benar menutupi area yang sebenarnya ingin diunduh, beberapa peta offline mungkin diperlukan. Lalu bagaimana Cara Mengunduh Peta Offline di Google Maps. Jika kamu berencana mengunduh peta offline, berikut ini adalah caranya

Cara memilih dan mengunduh peta offline di Google Maps

Memilih area untuk tetap offline dan mengunduhnya sangat mudah, meskipun mungkin memerlukan sedikit waktu. Beritawarganet merekomendasikan menggunakan WiFi untuk proses ini jika memungkinkan. Berikut cara mendownload peta offline:

  1. Buka Google Maps di perangkat kamu.
  2. Ketuk foto profil di sudut kanan atas.
  3. Ketuk pada pilihan Peta offline .
  4. Di bagian atas, pilih PILIH PETA ANDA SENDIRI .
  5. Perbesar/perkecil dan gerakkan untuk memfokuskan persegi panjang di sekitar area yang ingin diunduh. Setelah memposisikannya dengan benar, ketuk Unduh .

Catatan: Perkiraan ukuran file peta offline akan ditampilkan di bagian bawah layar pada halaman pilihan peta yang akan diunduh.

Baca Juga :  Wondershare Filmora 11 Tools Editing Video Terbaik? Inilah Alasannya

Setelah Anda memilih area, Google Maps akan mulai mengunduh area tersebut. Kotak kemajuan akan muncul di bagian bawah layar yang memberi tahu kamu seberapa jauh proses download telah berjalan. Saat peta sedang diunduh, kamu bisa memilih area lain dan mulai mengunduhnya juga. Untuk mengunduh area yang luas secara efektif, coba tumpang tindih unduhan individu sedikit. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan kamu tidak melewatkan apa pun.

Pengaturan ekstra

Pada halaman unduhan, kamu akan melihat roda gigi pengaturan kecil di bagian atas layar. Jika kamu mengetuknya, kamu akan melihat beberapa opsi yang berguna. Di sini, kamu bisa mengubah preferensi jaringan dan mengizinkan ponsel untuk mengunduh melalui jaringan seluler, meskipun lebih lambat dan membutuhkan banyak data . Selain itu, Kamu juga dapat mengaktifkan/menonaktifkan pembaruan otomatis untuk peta serta unduhan otomatis untuk area yang direkomendasikan, yang menjadi sangat berguna.

Mengunduh peta offline di Google Maps adalah salah satu fitur yang cukup berguna, dan sobat warganet bisa membayangkan bahwa ini terbukti bermanfaat bagi orang lain. Di mana pun kamu berada dan seberapa banyak sinyal yang kamu miliki, kamu akan tahu bahwa kamu bisa menemukan jalan dan masih menemukan hal-hal baru.