Bagaimana Perbedaan Cara Kerja Mobil FWD dan RWD, Berikut Penjelasannya!

Berita Warganet – Bagaimana Perbedaan Cara Kerja Mobil FWD dan RWD, Berikut Penjelasannya!.  Bagi kalian semua Konsumen yang membeli mobil atau sebagai pengendara mobil umumnya tidak terlalu memperhatikan sistem penggerak mobil mana yang anda digunakan. Perlu diketahui, sistem penggerak yang umum digunakan adalah penggerak roda belakang (rear wheel drive/RWD) dan penggerak roda depan (front wheel drive/FWD).

Kita contohkan saja Pabrikan Mobil Toyota memiliki beberapa model yang menggunakan sistem penggerak berbeda, misalnya Raize dan produk baru Toyota lainnya menggunakan penggerak depan (FWD) dan model seperti Avanza dan Rush berpenggerak belakang (RWD).

Sebenarnya apa yang membedakan kedua sistem penggerak ini? Aplikasi sistem penggerak tersebut dilatari oleh peruntukan dan kebutuhan kendaraan yang memanfaatkannya. Lebih detailnya bisa disimak perbedaan fwd dan rwd sebagai berikut.

 

Penggerak Roda Belakang (RWD)

Sistem penggerak roda belakang atau disingkat RWD (Rear Wheel Drive) sudah dipakai lebih dahulu ketimbang FWD. Mobil RWD memanfaatkan roda belakang untuk menyalurkan tenaga dari mesin, sementara roda depan murni hanya untuk mengarahkan dan mengendalikan mobil. Terdapat poros penerus atau drive shaft (as kopel) yang diletakkan antara transmisi dan as roda belakang untuk menyalurkan tenaga yang dihasilkan oleh mesin mobil.

Baca Juga :  Kegunaan dan Fungsi GPS Pada Mobil

Kelebihan RWD adalah distribusi bobot lantaran posisi mesin di depan, girboks dan as kopel di tengah dan differensial (gardan) di belakang. Karena distribusi bobot yang lebih ideal ini, penggerak roda belakang memiliki pengendalian yang lebih baik namun cenderung oversteer.

Karena fungsi roda depan hanya untuk kemudi dan roda belakang untuk penggerak, beban kerja masing-masing roda dapat terdistribusi lebih optimal sehingga usia pakai komponen suspensi, kemudi, rem, dan penggerak dapat lebih panjang. Mobil dengan penggerak roda belakang juga dinilai lebih baik melahap tanjakan karena roda penggerak di belakang membuat ban tidak mudah kehilangan traksi akibat pindahnya bobot mobil ke belakang.

Namun di balik keunggulannya, mobil RWD seperti Avanza dan Rush, memiliki beberapa kekurangan. Seperti efisiensi penyaluran tenaga berkurang akibat terdapatnya kerugian mekanis, di mana tenaga akan disalurkan via komponen ekstra seperti as kopel sebelum ke gardan belakang. Umumnya mesin RWD menganut tata letak longitudinal atau membujur sehingga membutuhkan ruang mesin lebih besar dan mengorbankan area kabin. Ditambah, lantai kabin akan disesaki dengan terowongan untuk transmisi dan as kopel yang mengurangi teritori interior dan menambah kebisingan.

Penggerak Roda Depan (FWD)

Sistem penggerak roda depan atau disingkat FWD (Front Wheel Drive) banyak dipakai oleh kendaraan kompak atau perkotaan, di mana tenaga dari mesin akan disalurkan melalui kedua roda depan. Toyota Raize yang menggunakan sistem ini memiliki keunggulan terbesar dalam hal efisiensi lantaran posisi mesin, girboks dan as roda searah dan semuanya berada di depan. Respons mesin tersalurkan dengan lebih optimal dan membuat konsumsi bensin lebih irit lantaran tenaga tidak banyak tereduksi mengingat komponen penggeraknya lebih sedikit.

Baca Juga :  Hemat Banyak, Ini Dia 10 Daftar Mobil Irit BBM

Karena konstruksinya lebih ringkas dan kompak, maka bobot keseluruhan mesin hingga as roda dapat dipangkas supaya lebih ringan. Selain itu, posisi mesin pada penggerak roda depan umumnya melintang (tranverse) yang memberi dampak ruang mesin dapat didesain lebih kompak guna membuat kabin lebih lega. Dengan dimensi yang sama dengan mobil RWD (Rear Wheel Drive), kabin mobil FWD bakal lebih luas dan nyaman. Tidak adanya poros penerus tenaga ke as roda belakang atau kerap disebut as kopel membuat lantai kabin rata dan lebih senyap karena minim vibrasi.

Meski demikian, sistem penggerak roda depan tetap memiliki kekurangan. Pertama adalah beban kerja area kaki-kaki depan mulai dari roda, kemudi, hingga suspensi lebih berat lantaran tugasnya sebagai penggerak sekaligus kemudi, termasuk menahan beban mobil ketika pengereman. Kondisi tersebut berpengaruh pada usia pakai beberapa komponen penggerak roda depan, terutama as roda yang mudah termakan usia. Perkara pengendalian, mobil penggerak roda depan lebih cenderung understeer alias tidak mau berbelok karena bobot mobil bertumpu di depan. Lainnya adalah tantangan menanjak, di mana bobot kendaraan berpindah ke as roda belakang sehingga ban depan sulit mendapatkan traksi optimal.

Baca Juga :  Honda S2000 Bakalan Comeback dengan Mesin Civic Type-R

“Produk Toyota menggunakan sistem penggerak roda depan dan belakang sesuai peruntukan kendaraan dan kebutuhan pelanggan. Termasuk mempertimbangkan kondisi geografis dan karakter berkendara .Sebagai dealer Toyota terbesar di Indonesia, Auto2000 siap membantu perawatan mobil dengan semua sistem penggerak. Segera kunjungi website Auto2000.co.id untuk booking servis berkala dan manfaatkan program promo menguntungkan yang ditawarkan,” jelas Nur Imansyah Tara, Aftersales Division Head Auto2000, Jumat (22/10/2021).

Jika ingin disimpulkan, penggerak depan merupakan pilihan masuk akal untuk produk-produk di masa depan. Penciptaan kubikasi mesin yang lebih kecil namun bertenaga berdampak pada ruang mesin yang ringkas sehingga berkonsentrasi pada kelapangan kabin. Tidak lupa isu efisiensi yang menjadi penilaian utama suatu kendaraan. Bisa jadi dalam waktu dekat, produk-produk Toyota berubah menjadi penggerak roda depan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Sekian penjelasan seputar perbedaan fwd dan rwd semoga bisa menambah wawasan anda.

You May Also Like