IP Connection dan Dial-up Connection

Berita Warganet – IP Connection dan Dial-up Connection. Untuk dapat mengakses internet, kalian harus menyiapkan komputer yang telah dipasangkan modem (modulator demodulator), kemudian hubungkan ke saluran telepon (dikenal sebagai PPP, Point to Point Protocol). Selanjutnya kalian harus menyambungkan (koneksi) ke ISP yang akan menghubungkan kalian ke internet. ISP (Internet Service Provider) adalah penyelenggara jasa layanan internet yang merupakan gerbang untuk menuju internet. Begitu tersambung ke server ISP, komputer si pengguna sudah siap digunakan untuk mengakses jaringan internet. Beberapa ISP yang ada di Indonesia antara lain adalah RADnet, Wasantara Net, Centrinnet, TelkomNet Instan, INDOSATnet, dan lain-lain.

Jenis koneksi yang diberikan oleh ISP adalah sebagai berikut.

Baca Juga :  Review Moto G9 Plus

IP Connection

Jika semua hardware dan software ingin secara langsung terkoneksi atau akses ke Internet, maka kalian harus menggunakan IP (Internet Protocol) address.

Dial-up Connection

Kalau kalian menggunakan modem untuk dial ke ISP supaya mendapatkan koneksi ke internet, maka hal itu disebut dial-up akses. Sebelum kalian melakukan koneksi ke ISP tertentu, sebaiknya perlu memperhatikan faktor-faktor berikut.

  1. Kinerja jaringannya

Jaringan ISP yang baik haruslah dapat bekerja dengan baik pada wilayah kalian menggunakan layanan internet, sebab kinerja jaringan setiap ISP berbeda-beda tergantung pada kekuatan penerimaan sinyalnya.

  1. Kecepatan aksesnya

Satuan kecepatan akses atau transfer data adalah bps (bits per second). Kecepatan akses yang diberikan oleh ISP saat ini antara 115 Kbps sampai dengan 7,2 Mbps. Dengan teknologi yang semakin berkembang, kecepatan akses yang ditawarkan ISP pun semakin bertambah.

  1. Fasilitas dan pelayanannya
Baca Juga :  Cara Aktivasi Windows 11 di Perangkat PC/Laptop dengan Mudah

Fasilitas yang diberikan setiap ISP tidak sama, sehingga kalian dituntut untuk dapat memilih dengan tepat ISP yang menyediakan fasilitas sesuai kebutuhan.

  1. Keamanan transfer data

Keamanan transfer data dari ISP perlu diperhatikan untuk menghindari adanya pembajakan dari pihak ketiga. Oleh karena itu, perlu ada jaminan dari ISP agar aktivitas internet berjalan dengan aman dan nyaman.

  1. Biaya

Pelanggan akan dibebani biaya pulsa telepon plus layanan ISP yang jumlahnya bervariasi tergantung besarnya transfer data (volume based) atau lamanya koneksi (time based). Beberapa ISP menawarkan pilihan paket biaya akses internet per bulan berdasarkan kuota maksimum transfer data dan kecepatan transfer datanya.

  1. Bandwidth
Baca Juga :  Review iPhone 12 mini, Dengan chip Bionic terbaru

Kapasitas transmisi (bandwidth) dari sambungan elektronik yang ditawarkan oleh ISP merupakan hal penting untuk diketahui. Dengan demikian, kita dapat mengetahui kemampuan ISP tersebut dalam mentransfer data. Biasa dilambangkan dengan bit per second atau Hertz. Hal ini biasanya digunakan untuk mengukur kecepatan internet yang sedang kita gunakan.

  1. Hardware (modem) yang digunakan

Pemilihan modem untuk mengakses internet sangatlah penting. Sebab pemakaian modem yang baik sangat mempengaruhi kecepatan transfer data akses internet.

  1. Teknologi yang digunakan

Saat ini, beberapa ISP sudah menawarkan teknologi 3,5G HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) untuk layanan koneksi internetnya. Teknologi ini memungkinkan kecepatan akses data hingga 3,6 Mbps.