Jawaban Bacaan Perputaran Bumi dan Akibatnya Kelas 6

Jawaban Bacaan Perputaran Bumi dan Akibatnya Kelas 6- Kali ini kita akan membahas mengenai jawaban Bacaan Perputaran  Bumi dan Akibatnya pada Buku Siswa Kelas 6 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 2. Buatlah kelompok yang terdiri atas empat orang. Secara bergantian, sebutkan kata kunci yang ditemukan pada judul dan perkiraan informasi yang akan didapatkan dari bacaan.

Perputaran Bumi dan Akibatnya

Bumi kita berputar membentuk lingkaran 360 derajat dan membutuhkan waktu 24 jam untuk satu kali putaran. Apa akibat perputaran tersebut? Untuk mengetahuinya, amati bola dunia atau peta dunia serta garis yang tampak di dalamnya. Tahukah kamu, garis yang tampak pada bola dunia atau peta dunia disebut garis lintang (paralel) dan garis bujur (meridian).

Garis lintang adalah garis khayal horizontal yang melingkari Bumi. Garis lintang dibedakan menjadi dua, yaitu Lintang Utara (LU) dan Lintang Selatan (LS). Garis lintang itu digunakan sebagai pedoman untuk pembagian wilayah iklim.

Garis bujur adalah garis khayal membujur yang membelah Bumi menjadi belahan barat dan belahan timur. Garis bujur yang terletak di belahan barat disebut garis Bujur Barat (BB), sedangkan yang terletak di belahan timur disebut garis Bujur Timur (BT). Garis bujur digunakan sebagai pedoman untuk pembagian wilayah waktu.

Garis Bujur Barat (BB) dan garis Bujur Timur (BT) berhimpit di garis 0˚ Greenwich. Garis ini melalui Greenwich Observatory di Kota London, Inggris. Oleh karenanya, kota itu ditetapkan sebagai penentu waktu internasional.

Baca Juga :  5 Asusransi Jiwa Terpercaya di Indonesia 2021

Saat berotasi 1° derajat, maka Bumi membutuhkan waktu 4 menit. Apabila berputar 15°, Bumi membutuhkan waktu satu jam. Berdasarkan perhitungan itulah, setiap tempat di muka Bumi yang mempunyai selisih garis bujur 15° akan mempunyai perbedaan waktu satu jam.

Perputaran Bumi dan Akibatnya Halaman 14

Dari bacaan di atas, temukan kosakata-kosakata baru. Tuliskan kosakata- kosakata tersebut pada kolom yang disediakan.

Carilah definisinya dengan melihat Kamus Besar Bahasa Indonesia. Gunakan kosakata tersebut dalam kalimat. Jelaskan makna kosakata tersebut kepada temanmu sesuai dengan kalimat yang kamu buat.

No Kosakata Baru Definisi/Makna

Kalimat

1 Garis Lintang garis lintang adalah sebuah garis khayal yang digunakan untuk menentukan lokasi di Bumi yang berpusat pada garis khatulistiwa. Garis lintang yang melingkari bumi dari bagian ekuator hingga ke bagian kutub utara dan bagian kutub selatan Indonesia dilewati Garis Khatulistiwa yang merupakan Garis Lintang
2 Paralel sejajar Garis Lintang adalah garis paralel yang biasanya kita lihat pada peta.
3 Garis Bujur Garis Bujur, adalah suatu garis khayal yang ditarik dari ujung kutub utara sampai ke kutub selatan yang digunakan untuk menentukan lokasi di bumi pada globe atau peta. GMT atau Greenwich Mean Time adalah penetapan waktu berdasarkan Garis Bujur yang melewati kota tersebut
4 Meridian lingkaran khayal pada permukaan bumi, dibuat pada peta dan bola dunia sebanyak l80 buah dengan jarak satu derajat antara satu dan lainnya, yang berpotongan dari kutub utara dan kutub selatan Garis Bujur atau Garis Meridian biasanya digunakan untuk menetapkan zona waktu yang ada di Bumi
5 horizontal terletak pada garis atau bidang yang sejajar dengan horizon atau garis datar; mendatar. Garis lintang adalah garis khayal horizontal yang melingkari Bumi
6 iklim keadaan hawa (suhu, kelembapan, awan, hujan, dan sinar matahari) pada suatu daerah dl jangka waktu yang agak lama (30 tahun) di suatu daerah. Garis lintang dapat digunakan sebagai pedoman untuk pembagian wilayah iklim yang ada di Bumi

Perputaran Bumi dan Akibatnya Halaman 15

Bacalah kembali teks bacaan yang berjudul “Perputaran Bumi dan Akibatnya”. Garis bawahi kata-kata yang menunjukkan informasi-informasi penting.

Tuliskan informasi-informasi penting tersebut dalam tabel berikut.

Baca Juga :  2,5 Triliun Anggaran KIP Kuliah Merdeka, Agar Masyarakat Tidak Mampu Bisa Kuliah

Paragraf

Informasi Penting

1

Bumi kita berputar membentuk lingkaran 360 derajat dan membutuhkan waktu 24 jam untuk satu kali putaran.

Garis yang tampak pada bola dunia atau peta dunia disebut garis lintang (paralel) dan garis bujur (meridian).

2

Garis lintang adalah garis khayal horizontal yang melingkari Bumi dan digunakan sebagai pedoman untuk pembagian wilayah iklim.

3

Garis bujur adalah garis khayal membujur yang membelah Bumi menjadi belahan barat dan belahan timur dan digunakan sebagai pedoman untuk pembagian wilayah waktu.

4

Garis Bujur Barat (BB) dan garis Bujur Timur (BT) berhimpit di garis

0˚ di Kota Greenwich yang ditetapkan sebagai penentu waktu internasional.

5

Setiap tempat di muka Bumi yang mempunyai selisih garis bujur 15° akan mempunyai perbedaan waktu satu jam.