Perputaran Bumi dan Akibatnya Buku Siswa Kelas 6

Perputaran Bumi dan Akibatnya Buku Siswa Kelas 6 – Setelah membahas percobaan Siang dan malam pada artikel sebelumnya, kali ini kita akan membahas mengenai Perputaran Bumi dan Akibatnya yang Ada pada Buku Siswa Kelas 6 tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 2. Rotasi Bumi atau perputaran bumi pada Porosnya mengakibatkan beberapa peristiwa yang terjadi di Bumi. Apa saja peristiwa yang terjadi karena Rotasi Bumi?

Perputaran Bumi dan Akibatnya

Saat bangun pagi, Udin teringat akan mimpinya semalam. Ia bermimpi bertemu dengan teman-teman lama yang berada di daerah lain di Indonesia. Udin rindu ingin bertemu dengan mereka. Ia kemudian bertanya dalam hati, sedang melakukan apakah mereka di sana sepagi ini?

Yuk, kita amati kegiatan teman-teman Udin di bawah ini.

Batusangkar, Sumatera Barat Pukul 0500 WIB

Batusangkar, Sumatera Barat Pukul 05:00 WIB

Sayup-sayup terdengar ayam berkokok. Buyung menggeliat malas untuk membuka matanya. Sejuk pagi masih terasa. Akan tetapi, Buyung harus segera bangun untuk menunaikan ibadah dan bersiap-siap ke sekolah.

Mamuju, Sulawesi Barat Pukul 06:00 WITA

Alang mengayuh sepedanya menuju sekolah. Cukup 20 menit mengayuh, ia sudah tiba di sekolah. Masih ada waktu 10 menit, sebelum bel masuk berbunyi. Alang selalu datang lebih awal agar ada waktu untuk bermain dengan teman- teman sebelum mulai belajar.

Baca Juga :  Review Oppo F17 Pro

Jailolo, Maluku Utara Pukul 07:00 WIT

Ferdi membaca sekilas soal di kertasnya dengan tersenyum. Hari ini, ulangan matematika pada jam pertama. Kemarin sore, Ferdi sudah belajar dengan teman-temannya. Ia yakin, soal yang diberikan Pak Sammy dapat dikerjakannya dengan mudah.

Perputaran Bumi dan Akibatnya Halaman 11

Waktu menunjukkan pukul 19.00 WIB, 20.00 WITA , 21.00 WIT

Batusangkar, Sumatera Barat Pukul 19:00 WIB

Buyung mengambil nasi dan sayur. Buyung dan keluarganya makan malam bersama. Pada waktu makan malam, mereka biasa bertukar cerita tentang kegiatan hari itu. Buyung bersyukur, Ayah dan Ibu selalu menemaninya setiap malam. Waktu makan malam selalu menjadi waktu yang dinanti.

Mamuju, Sulawesi Barat Pukul 20:00 WITA

Alang sedang mengerjakan PR. Tidak terlalu banyak PR hari ini, Alang sudah mengerjakan sebagian tugasnya sejak beberapa hari yang lalu. Satu jam lagi Alang harus bersiap-siap tidur. Pada hari sekolah, Ibu tidak mengizinkan Alang menonton televisi. Alang paham, Ibu ingin dia konsentrasi dalam belajar.

Jailolo, Maluku Utara Pukul 21:00 WIT

Hujan rintik-rintik masih terdengar di luar. Dingin udara malam mulai terasa. Ferdy sudah akan berselimut di tempat tidurnya. Kantuk mulai datang, tetapi Ferdy masih mencoba untuk menyelesaikan membaca beberapa halaman bukunya. Ia terbiasa membaca buku sebelum tidur. Namun, Ferdy tidak membaca sambil tiduran.

Amati kembali peta perbedaan waktu yang disajikan di halaman sebelumnya. Tuliskan perbedaan waktu yang kamu temui berdasarkan wilayah pada peta.

Bagaimana perbedaan itu memengaruhi kegiatan teman-teman Udin yang diceritakan di atas?

Jawaban:

Di Batusangkar, Sumatera Barat Pukul 05:00 WIB Buyung sedang bersiap menunaikan ibadah dan bersiap-siap untuk pergi ke sekolah. Sedangkan di Mamuju, Sulawesi Barat Pukul 06:00 WITA Alang sedang mengayuh sepedanya dan pergi menuju ke sekolah. Dan di Jailolo, Maluku Utara Pukul 07:00 WIT Ferdi sedang membaca dan mengerjakan soal ulangan matematika pada jam pertama. Teman-teman Udin sedang melakukan kegiatan yang berbeda-beda pada waktu yang berbeda namun pada saat yang bersamaan.

Menurutmu, apa penyebab perbedaan waktu tersebut?

Jawaban: Penyebab terjadinya perbedaan waktu yang ada tersebut disebabkan akibat adanya rotasi Bumi pada porosnya, sehingga terjadi perbedaan waktu, dimana bagian timur Bumi mengalami matahari terbit lebih awal dari bagian Tengah dan Barat.

Dari cerita tentang kegiatan teman-teman Udin yang tinggal di tempat berbeda, apa yang dapat kamu simpulkan?

Jawaban: Rotasi bumi atau perputaran Bumi pada porosnya mengakibatkan wilayah yang ada di bumi memiliki beberapa zona waktu yang menyebabkan perbedaaan waktu. Hal ini menyebabkan orang-orang di wilayah yang ada di zona waktu berbeda melakukan kegiatan yang berbeda pula, misalnya Pada saat Buyung baru saja bangun tidur disaat yang bersamaan Ferdi sedang membaca dan mengerjakan ulangan harian di jam pertama.