pertengkaran

Kunci Jawaban Akibat Tidak Ada Persatuan & Kesatuan

Beritawarganet.com – Kunci Jawaban Akibat Tidak Ada Persatuan Dan Kesatuan. Sobat BW, dalam hidup bermasyarakat di negara yang memiliki keragaman perlu adanya sikap persatuan dan kesatuan. Persatuan dan kesatuan sudah seharusnya dijaga dan dipertahankan demi keberlanjutan pembangunan bangsa. Persatuan dan kesatuan sangat penting di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, dan negara. Indonesia adalah sebuah bangsa yang kaya akan ras, suku, dan budaya. Indonesia memiliki konteks persatuan bangsa. Persatuan memiliki makna bahwa apa pun budaya, ras, dan sukunya tidak ada yang dapat memisahkan dan menggoyahkan persatuan yang telah terjalin.Beberapa sebab dan akibat yang dapat ditimbulkan karena tidak adanya persatuan dan kesatuan:

 

Akibat Tidak Ada Persatuan Dan Kesatuan

 

pertengkaran

 

1. Di lingkungan keluarga

• Terjadi pertengkaran di dalam keluarga

Apabila anggota keluarga selalu bertengkar dan tidak rukun, persatuan di dalam keluarga tidak akan terjadi. Setiap anggota keluarga harus rela mengorbankan kepentingan pribadi demi kepentingan keluarga. Pertengkaran yang terjadi di dalam sebuah keluarga karena adanya unsur keegoisan dan tidak mau mengalah satu sama lain.

• Kurangnya kerukunan di dalam keluarga

Sebuah keluarga seharusnya memiliki tujuan yang sama untuk diperjuangkan dan dicapai bersama. Ketika satu dengan lainnya memiliki perbedaan, maka ketidakrukunan bisa terjadi secara otomatis.

• Kurangnya keakraban di dalam keluarga.

Keakraban dalam keluarga sangat penting. Keakraban keluarga dapat menunjang persatuan dan kesatuan dalam keluarga. Ketidakakraban biasanya disebabkan karena kurangnya komunikasi antaranggota keluarga. Selain itu, pertengkaran yang selalu terjadi dalam sebuah keluarga juga menjadi penyebab kurangnya keakraban dalam keluarga.

Baca Juga :  Kunci Jawaban "Cita-cita ku"

 

2. Di lingkungan sekolah

• Sombong dan tidak peduli dengan sesama teman.

Rasa sombong timbul karena adanya rasa bangga pada diri sendiri yang berlebihan. Rasa sombong dapat membuat kita terpisah dari teman di kelas. Rasa sombong juga membuat hubungan dengan teman sekolah menjadi renggang. Selain itu, rasa sombong juga dapat menjadikan kita orang yang tidak peduli terhadap sesama teman. Rasa sombong dan sikap tidak peduli menyebabkan tidak adanya persatuan dan kesatuan di kelas dan lingkungan sekolah.

• Membeda-bedakan teman

Persatuan berarti tidak membeda-bedakan suku, ras, dan agama. Tanpa adanya rasa persatuan dan kesatuan, seorang peserta didik dapat memilih-milih teman berdasarkan agama, suku, maupun ras. Hal ini bukan merupakan sikap terpuji dan justru bertentangan dengan Pancasila sila ke-3.

• Mengolok-olok teman

Mengolok-olok atau mengejek teman merupakan perbuatan yang tidak terpuji. mengolok-olok akan melukai perasaan dan hati teman sekolah. Mengolok-olok teman menandakan tidak adanya rasa persatuan dan kesatuan yang tecermin dari seorang peserta didik.

• Terjadi tawuran

Tawuran biasanya berawal dari mengolok-olok teman. Akibat dari olok olok berlanjut menjadi pertikaian fisik. Pertikaian fisik menjadi semakin serius dan dapat membuat orang lain turut merasa terluka. Tawuran dapat terjadi antarsekolah. Tawuran menandakan tidak adanya persatuan dan kesatuan.

 

3. Di lingkungan masyarakat

• Tidak adanya kepedulian terhadap penderitaan yang dialami oleh orang lain

• Kepentingan golongan maupun suku masing-masing lebih diutamakan dalam masyarakat

• Tidak adanya kerja sama yang terjalin antarwarga masyarakat

 

4. Di lingkup negara

• Hilangnya tenggang rasa dan toleransi dalam bermasyarakat.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Konservasi Elang

Kehidupan sosial atau bermasyarakat membutuhkan banyak hal untuk dijalani dan dipatuhi. Misalnya, harus adanya saling toleransi dan tenggang rasa agar hubungan antarwarga masyarakat dapat dipertahankan dengan baik. Namun, tanpa adanya rasa persatuan, tenggang rasa dan toleransi mustahil dapat bertahan.

• Perpecahan bangsa

Karena setiap individu merasa memiliki kepentingannya sendiri dan semakin tidak memedulikan kepentingan orang lain, maka dapat menimbulkan perpecahan bangsa. Setiap individu pasti memiliki kepentingannya sendiri. Akan tetapi, kita tidak boleh hanya mementingkan kepentingan diri sendiri. Kita juga harus memedulikan kepentingan orang lain. Apabila kita tidak memedulikan kepentingan orang lain, maka dapat menimbulkan perpecahan bangsa.

• Melemahnya pertahanan dan keamanan bangsa.

Salah satu penyebab melemahnya pertahanan dan keamanan bangsa karena rakyat yang tidak bersatu. Ketika rakyat tidak lagi bersatu, serangan dari luar akan dengan mudah masuk ke tanah air. Serangan dari luar juga dapat memberikan pengaruh buruk bagi masyarakat.

 

Kamu telah mengetahui tentang sebab-akibat yang timbul apabila kita tidak mengutamakan rasa persatuan dan kesatuan.

Untuk melatih pemahaman kamu, lakukan latihan berikut

Ayo Berlatih

1. Indonesia sebagai sebuah bangsa yang kaya akan ras, suku, dan budaya memiliki konteks persatuan bangsa. Jelaskan makna persatuan tersebut.

Jawaban: Sebagai sebuah bangsa yang kaya akan ras suku dan budaya, memiliki konteks persatuan bangsa. Makna persatuan tersebut adalah adanya integrasi dan toleransi antara suku bangsa dan budaya yang berbeda beda.

 

2. Sebutkan akibat yang akan timbul apabila tidak mengutamakan persatuan dan kesatuan dalam lingkungan keluarga.

Jawaban: terjadi pertengkaran dalam keluarga, kurangnya kerukunan dalam lingkungan keluarga, dan kurangnya keakraban dengan anggota keluarga.

 

Baca Juga :  Kunci Jawaban "Sikap Toleransi terhadap Keragaman"

3. Sebutkan akibat yang akan timbul apabila tidak mengutamakan persatuan dan kesatuan dalam lingkungan sekolah.

Jawaban: tidak rukun antar warga sekolah, terjadi percekcokan hingga pertengkaran antar warga sekolah, suasana belajar tidak nyaman, dan munculnya sifat individualism dan rasa bersaing.

 

4. Sebutkan akibat yang akan timbul apabila tidak mengutamakan persatuan dan kesatuan dalam lingkungan masyarakat.

Jawaban: terjadi perselisihan antar warga, hidup menjadi tidak rukun, dapat memutus tali persaudaraan.

 

5. Sebutkan akibat yang akan timbul apabila tidak mengutamakan persatuan dan kesatuan dalam lingkup negara.

Jawaban: mudah terjadi perselisihan dan pertikaian antar kelompok masyarakat, a kan sulit membangun kerja sama antar sesama anggota masyarakat, dan hilangnya rasa empati dan simpati masyarakat terhadap sesama.

Setelah selesai belajar, Edo teringat berita utama yang ia baca di koran, yaitu terjadi pertengkaran antarwarga akibat persaingan bisnis. Peristiwa-peristiwa yang tidak mengindahkan rasa persatuan dan kesatuan yang timbul di masyarakat, sering disebabkan karena masalah ekonomi. Banyak orang yang marasa masih kekurangan sehingga menghalalkan segala cara demi mendapatkan keuntungan pribadi. Padahal, jika masyarakat ingin meningkatkan kesejahteraan hidupnya, mereka bisa melakukan kegiatan-kegiatan ekonomi untuk memperoleh pendapatan tanpa harus melakukan hal-hal yang merugikan orang lain.

 

Sobat BW, ketika tidak ada lagi sikap persatuan dan kesatuan dalam menjalani kehidupan bermasyarakat maka akan terjadi perpecahan dan juga pertikaian Maka dari itu kita sebagai warga negara yang baik perlu menjaga persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bermasyarakat.

Semoga bermanfaat ya..

Pencarian Populer : akibat tidak ada persatuan di kelas