Mengenal Tanaman Hias dan Penggolongannya

Pengertian Tanaman Hias

Pada awal mulanya yang disebut dengan tanaman hias adalah tanaman bunga-bungaan atau segala bentuk tanaman yang menghasilkan bunga (bagian generatif). Sampai saat ini dan sejalan dengan perkembangan jaman dan kemajuan keberadaban manusia, maka tanaman hias dapatlah diartikan sebagai segala jenis tanaman yang memiliki nilai hias (bunga, batang, tajuk, cabang, daun, akar, aroma dsb) yang menimbulkan kesan indah (artistik) atau kesan seni, yang di dalamnya termasuk bunga potong.

Tanaman hias merupakan semua tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai pemberi keindahan dan bernilai artistik yaitu mulai dari tumbuhan yang berbentuk semak, perdu, terna, merambat bahkan juga yang berbentuk pohon yang sengaja dibudidayakan sebagai penghias ruangan, pekarangan rumah, kantor/gedunggedung, pelengkap/sarana upacara adat, pemercantik riasan/busana dan sebagai komponen karangan bunga yang di dalamnya termasuk bunga potong, maupun komponen suatu taman.

Yang dimaksud dengan bunga potong itu pada awalnya adalah kuntum bunga (bagian generatif) beserta tangkainya;sedikit cabangnya yang pemanfaatanya dapat digunakan sebagai bahan hiasan maupun digunakan untuk kepentingan yang lebih luas lagi. Saat ini yang dimaksud bunga potong tidak saja berupa potongan bagian generatif tetapi berlaku juga untuk potongan daun beserta tangkainya yang memberikan kesan indah.

Timbulnya rasa atau kesan seni (indah) akan menentukan nilai hias dari suatu tanaman hias yang sangat relatif dan bervariasi. Daya apresiasi atau perkenaan dari individu masing-masing akan mempengaruhi rasa dan kesan indah yang dapat diterima oleh masing-masing individu.

Janda Bolong - dokumen pribadi ( https://beritawarganet.com )
Janda Bolong – dokumen pribadi ( https://beritawarganet.com )

Daya perkenaan seseorang akan berbeda-beda dan dapat dipengaruhi oleh :

  • Relativitas (kenisbian) biologis atau keterbatasan biologis individu dan budaya,
  • Perubahan sikap dan mental,
  • Kebiasaan (habitual),
  • Perlambangan,
  • Kelelahan, keletihan, kelesuan baik fisik maupun mental (fatique), dan
  • Kemutlakan (absolutisme)

Tanaman hias identik dengan tanaman yang mempunyai keindahan, yang dapat diartikan sebagai jenis tanaman yang berasal dari tanaman daun/tanaman bunga dan dapat ditata untuk memperindah lingkungan sehingga suasana menjadi lebih artistik dan menarik.

Pengklasifikasian Tanaman Hias

Banyaknya persepsi terhadap tanaman hias sehingga melahirkan berbagai pengklasifikasian terhadap tanaman hias yang terdiri dari :

Tanaman hias daun

Tanaman hias daun adalah tanaman hias yang dapat dinikmati karena keindahan daunnya. Keindahan daun meliputi bentuk, ukuran, warna daun tanaman hias.

Bunga potong

Bunga potong merupakan tanaman hias yang dapat dinikmati keindahannya dan digunakan sebagai penghias ruangan, hantaran, bucket, dan sebagai ucapan selamat, keberhasilan dan juga duka cita dalam bentuk rangkaian bunga potong daro kuntum bunga maupun daunnya.

Baca Juga :  Mengenal Gejala Kerusakan Tanaman Hias Akibat Serangan Hama

Tanaman hias indoor-outdoor

Tanaman hias indoor-outdoor merupakan tanaman hias yang dapat menghiasi dan memberikan keindahan di dalam ruangan dan juga di luar ruangan.

Lingkup Tanaman Hias

Tanaman hias merupakan tanaman yang mempunyai nilai artistik/keindahan yang tinggi,tetapi masing-masing mempunyai karakter yang berbeda-beda sesuai dengan jenis dan kelompoknya. Di Indonesia dijumpai banyak tanaman hias yang dapat dikelompokkan sebagai berikut :

Berdasarkan Jenisnya

Berdasarkan jenisnya, tanaman hias ini terbagi menjadi 5 bagian, yaitu

Tanaman Hias Daun

Tanaman hias daun adalah tanaman hias yang dapat dinikmati karena keindahan daunnya. Keindahan daun tanaman hias yang dapat dinikmati meliputi :

1) Ukuran daunnya berbeda-beda yaitu ada yang besar, sedang dan kecil.

2) Bentuk daun ada yang bulat, lonjong, jantung, menjari, berlekuk, keriting, bergelombang, lanset, pita, silindris, jarum dst.

3) Warna daun yang beraneka ragam, yaitu dari yang berwarna tunggal seperti merah, putih, perak, hijau, kuning, orange, ungu dan warna kombinasi seperti strip-strip, zebra, bintik-bintik, totol-totol merah ungu, dan warna mengkilap.

4) Keunikan daun ada yang berdaun unik baik ketebalan daunnya, susunan daun, jumlah daun dst.

Tanaman Hias Bunga

Tanaman hias bunga ialah tanaman hias yang dapat dinikmati karena keindahan bunganya. Keindahan bunga tanaman hias yang dapat dinikmati meliputi :

1) Ukuran bunganya berbeda-beda, yaitu mulai dari yang kecil, sedang dan besar.

2) Bentuk bunga didasarkan pada bentuk mahkota bunga , ada yang membulat, lonjong, oval, berlekuk, keriting, bergelombang,.

3) Warna bunga diantaranya adalah warna merah, jingga, putih, hijau, kuning, ungu, hijau, orange, biru, coklat, hitam..

4) Aroma bunga, aroma wangi yang khas dari masing-masing bunga akan memberikan daya pikat tersendiri dengan tebaran keharumannya. Seperti mawar, melati, sedap malam, wijaya kusuma, anggrek, dll.

5) Ketebalan mahkota didasarkan pada susunan mahkota bunganya yaitu selapis dan berlapis-lapis.

6) Susunan bunga, tersusun dalam rangkaian/tandan dan tunggal.

Tanaman Hias Buah

Tanaman hias buah adalah tanaman hias yang dapat dinikmati karena keindahan buahnya. Keindahan buah tanaman hias yang dapat dinikmati meliputi :

1) Ukuran buahnya berbeda-beda, yaitu kecil, sedang dan besar.

2) Bentuk buah didasarkan pada bentuknya, ada yang bulat, lonjong, oval.

3) Warna buah diantaranya adalah warna merah, putih, hijau, kuning, ungu, hijau, oranye, coklat, hitam..

4) Ketebalan buah didasarkan pada daging buahnya yaitu tipis dan tebal/ berdaging.

5) Susunan buah, tersusun dalam rangkaian/tandan dan tunggal.

Tanaman Hias Akar

Tanaman hias akar adalah tanaman hias yang dapat dinikmati karena keindahan akarnya. Keindahan akar tanaman hias yang dapat dinikmati meliputi :

Baca Juga :  Dirgahayu Bandar Lampung ke-340 Tahun, Gambar Ucapan 2022

1) Ukuran akarnya berbeda-beda, yaitu : kecil, sedang dan besar.

2) Bentuk akar didasarkan pada bentuknya, ada yang menggembung, langsing/memanjang

3) Ketebalan akar didasarkan pada daging akarnya berdaging dan tidak..

Tanaman Hias Batang

Tanaman hias batang, adalah tanaman hias yang dapat dinikmati karena keindahan batangnya. Keindahan atang tanaman hias yang dapat dinikmati meliputi :

1) Ukuran batang yang berbeda-beda, didasarkan atas diameternya maka ada yang kecil, sedang dan besar.

2) Bentuk batang didasarkan pada bentuknya, ada yang menggembung/ membulat, pipih memanjang, dan bersegi,

3) Jenis batang didasarkan atas kandungan airnya yaitu berair, berkayu dan berrongga.

Berdasarkan Tempat Tumbuh/ Habitatinya

Berdasarkan tempat tumbuh/habitatnya, tanaman hias dibedakan menjadi :

Tanaman Hias Pot

Tanaman hias pot adalah tanaman hias yang dapat ditanam dan ditumbuhkan pada wadah/pot.

Tanaman hias pot banyak jenisnya berdasarkan penempatannya yaitu ada yang ditempatkan duduk sebagai tanaman hias pot seperti pada umumnya, ada yang diletakkan menggantung/digantung dan ada pula yang diletakkan menempel pada dinding.

Tanaman Hias Bedeng

Tanaman hias bedeng, merupakan tanamaan hias yang pada umumnya yang ditanam dengan tertata rapi dan indah dalam suatu bedengan, baik dalam pembudidayaan maupun dalam penampilannya.

Tanaman Hias Taman

Tanaman hias taman, merupakan tanaman hias yang ditanam sebagai elemen taman yang dapat menghias taman menjadi lebih indah dalam kesatuan elemen taman.

Tanaman Hias Air

Tanaman hias air, merupakan tanaman hias yang ditanam diair karena sifatnya sebagai tanaman yang hidupnya di air dan dimaksudkan sebagaai penghias di area/tempat yang berair seperti kolam, paso, waduk, telaga, sungai dan juga pot maupun wadah yang disi dengan air. Tanaman hias air terdiri dari tanaman hias air bunga ( melati air, teratai,lotus, enceng gondok) dan tanaman hias air daun ( pegagan air, ki apu/ apu-apu, alangalang bali, putoy/bambu air, pepayungan, mata ikan, kana, pakis air ).

Tanaman Hias Menempel/ Epifit

Tanaman hias menempel/epifit,merupakan tanaman hias yang hidupnya secara epifit/menempel pada media/tanaman lain sebagai tempat tumbuhnya. Seagai contoh tanaman epifit diantaranya adalah Anggrek, tanduk rusa, paku-pakuan.

Berdasarkan Lampiran Permen Pertanian RI, Nomor 73/Permentan/Ot.140/7/2013

Berdasarkan lampiran Permen Pertanian RI, Nomor 73/Permentan/Ot. 140/7/2013 tentang Pedoman Panen, Pasca Panen dan Pengelolaan Bangsal Pasca Panen Hortikultura yang baik, bahwa yang dimaksud dengan tanaman hias/Florikultura meliputi tanaman daun, tanaman hias / bunga potong, tanaman bunga tabur, tanaman Pot dan tanaman hias taman/lanskap. (Rahmat Rukmana, 2017)

Secara spesifik dapat dijelaskan sebagai berikut :

Tanaman Daun

Tanaman Daun merupakan kelompok tanaman hias yang dari bagian daunnya mempunyai keindahan warna, bentuk, ukuran dan keunikannya yang dapat dinikmati dan digunakan untuk menciptakan keindahan dalam sebuah rangkaian bunga ataupun dekorasi bunga. Yang termasuk tanaman daun diantaranya adalah hanjuang, Phylodendron Sp., Puring, kadaka, Monstera, Dracaena, Calathea. dll.

Baca Juga :  Gambar Ucapan Milad Aisyiyah ke-105 Tahun 2022

Tanaman Bunga Potong

Tanaman bunga Potong merupakan suatu kelompok tanaman hias yang bagian bunganya mempunyai keindahan warna, bentuk, keunikan, dan ukuran.

Pemanfaatannya yaitu untuk menciptakan keindahan dalam suatu

rangkaian bunga ataupun dekorasi bunga. Yang termasuk tanaman bunga potong diantaranya adalah krisan potong, mawar potong, anthurium bunga potong, heliconia, dahlia dan sedap malam.

Tanaman bunga Tabur

Tanaman bunga tabur Adalah suatu kelompok tanaman hias yang bagian bunganya mempunyai keindahan warna, bentuk, aroma dan ukuran bunganya yang kuntum/mahkota bunganya mudah untuk dipisahkan dan lebih tepat untuk dimanfaatkan sebagai bunga tabur. Yang termasuk tanaman bunga tabur diantaranya adalah mawar, melati, bunga kertas, pacar air, dan juga amboja.

Tanaman hias taman/lanskap

Adalah suatu kelompok tanaman hias yang seluruh bagian tanaman baik daun, bunga, batangnya mempunyai keindahan ukuran, bentuk dan warna serta memiliki fungsi sebagai tanaman penutup tanah, pagar, pembatas, peneduh dan sebagai tabir, pengarah jalan maupun pusat perhatian ( center point). Untuk penyajian akhir tanaman yaitu diwujudkan dalam satu kesatuan dengan tanaman lainnya dalam sebuah bentuk yang disebut dengan taman/lanskap.

Tanaman hias Pot

Adalah kelompok tanaman hias yang seluruh bagian tanamannya seperti batang, daun dan bunganya memiliki keindahan bentuk, warna dan ukuran dengan keunikannya, yang ditanam dan ditata atau dipajang menggunakan wadah/pot. Sebagai contoh tanaman pot diantaranya adalah Anggrek, Anthurium, Aglaonema, Adenium, Sansevieria, Caladium, Diffenachia, Euphorbia, krisan pot, Bromelia, dll.

Baca Juga Organisme Pengganggu Tanaman Hias

Berdasarkan tempat tumbuh/wadah dan penampilan hasilnya maka tanaman hias dapat dikelompokkan menjadi tanaman hias :

1) Pot

2) Potong/bedeng

3) Taman

4) Unik dan Bonsai

Tanaman hias pot yaitu tanaman hias yang ditanam pada wadah/pot yang ditujukan untuk menambah keindahan penampilannya, tetap dapat tumbuh dan menarik sesuai aslinya dan mempunyai nilai keindahan dan ekonomis yang relatif tinggi.

Tanaman hias yang hasil panennya dapat dimanfaatkan sebagai bunga potong yang banyak digunakan sebagai rangkaian bunga, ucapan selamat, duka cita, hiasan ruangan dsb.

Berdasarkan tempat peletakkan/penampilannya maka tanaman hias pot dapat

dibagi menjadi dua jenis :

a. Tanaman hias indor adalah tanaman hias yang diletakkan/ditampilkan didalam ruangan dan dapat bertahan hidup yang lebih lama, 1-2 minggu didalam ruangan.

b. Tanaman hias outdoor adalah taaman hias yang tempat tumbuh dan penampilannya di luar ruangan sebagai penghias teras, halaman rumah/ kantor dan pekarangan.

Sedangkan tanaman hias potong dapat ditanam dalam wadah/pot/polibag, dan juga ditanam pada lahan/bedengan, dan hasilnya adalah bunga potong.

Pencarian Populer : bunga sedap malam dan bunga dahlia termasuk kelompok tanaman jenis language:id,tanaman hias akar,tanaman hias indoor besar,tanaman hias tabur