Menggunakan Komputer dengan Aman

Berita Warganet – Menggunakan Komputer dengan Aman. Selain membantumu dalam melakukan pekerjaan, komputer juga dapat mendatangkan kerugian. Saat bekerja di depan komputer dapat menyebabkan rasa pegal dan gangguan pada mata karena monitor komputer mengeluarkan radiasi yang dapat merusak mata.

Dapatkah kamu bayangkan jika hal ini terjadi bertahun-tahun? Penyakit yang disebabkan penggunaan suatu alat dalam jangka waktu lama disebut Repetitive Strain Injury (RSI) Untuk mengurangi hal yang merugikan saatnmenggunakan komputer faktor penggunaan komputer merupakan hal yang perlu diperhatikan. Kamu wajib memperhatikan posisi tubuh saat menggunakan komputer.

Hal yang harus diperhatikan saat menggunakan komputer

Pandangan mata

Monitor komputer mengeluarkan Radiasi yang dapat mempengaruhi kesehatan mata. Mata yang selalu terkena radiasi dapat mengalami kerusakan, di antaranya pegal mata, iritasi mata, bahkan miopi atau lensa mata yang terlalu cembung. Untuk mengurangi keluhan pada mata, lakukanlah beberapa tips berikut.

  1. Posisikan monitor komputer sedemikian rupa sehingga layar monitor berada di bawah mata. Jarak antara monitor dan mata sekitar 45 cm. Sudut penglihatan tegak lurus terhadap monitor. Kemiringan monitor tidak terlalu atas atau terlalu bawah. Hal ini akan mempengaruhi otot leher.Leher akan mudah kaku dan pegal.
  2. Gunakan paper holder untuk meletakkan bahanbahan ketikan. Letakkan paper holder sedekat mungkin dengan layar monitor. Hal ini dapat mengurangi gerakan kepala dan mata, serta perubahan akomodasi mata.
  3.  Gunakan anti radiasi pada layar komputer, fungsi anti radiasi adalah menyaring radiasi yang keluar dari monitor sehingga radiasi yang keluar hanya sedikit.
  4. Atur cahaya komputer, jangan terlalu gelap atau terlalu terang.
  5. Bersihkan layar monitor untuk mengurangi muatan elektrostatik
  6. Beristirahat secara berkala.
  7. Sering mengedipkan mata untuk menghindari mata kering.
Baca Juga :  Komponen Dasar Jaringan Komputer

Posisi Badan

Ketika menggunakan komputer, posisi punggung harus nyaman dan santai sehingga badan tidak cepat lelah. Badan harus tegak dengan punggung bersandar pada sandaran kursi. Jangan membungkuk atau terlalu bersandar ke belakang. Posisi pundak dan siku juga harus santai dan tidak kaku sehingga otot-otot tidak kaku. Jika memungkinkan, gunakan kursi yang keras pada bagian belakang tetapi berbantal empuk. Jika merasa lelah dan kaku, lakukanlah peregangan dan pelemasan otot beberapa menit.

Posisi Tangan

Posisi tangan ketika menggunakan keyboard dan mouse tidak terlaku jauh dan tidak juga terlalu dekat. Tumpuan tangan dengan tinggi keyboard harus sama datar. Letakkan mouse berdampingan dengan keyboard.

Posisi Kaki

Berikan ruang yang cukup luas untuk pergerakan kaki. Pada saat duduk biasaya kaki cepat terasa kaku, pegal, bahkan kesimutan. Posisi kaki harus tegak menapak pada lantai dengan santai. Jika perlu gunakan penyangga kaki pada meja.

Cara agar komputer tidak cepat rusak

Bagian dalam komputer merupakan rangkaian yang terpasang dan terdiri atas peripheral yang dihubungkan dengan beragam kabel-kabel (kabel konektor). Bagian tersebut membutuhkan asupan daya listrik agar dapat berfungsi dengan baik. Agar komputer dapat bekerja dengan baik dan kamu memperoleh rasa aman, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan di antaranya sebagai berikut.

  1. Letakkan komputer di tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak yang belum mengerti dalam menggunakan komputer
  2. Jauhkan komputer dari sumber api dan percikan (baik air hujan atau karena kebocoran AC) karena dapat mengakibatkan korsleting dan kerusakan hardware.
  3. Gunakan stabilizer listrik, sehingga listrik statis dari casing dan monitor dapat mengalir. Usahakan mendapat penerangan ruangan yang cukup dan baik.

Selain itu kita juga haarus  mengoperasikan komputer  ( mengaktifkan dan mematikan komputer) dengan benar sesuai dengan prosedur agar komputer tidak cepat rusak.

Baca Juga :  Mengatasi File Format Not Support Saat Uploud PNG di Twibbonize