Mengenal Perangkat Keras Masukan pada Komputer

Berita Waarganet – Mengenal Perangkat Keras Masukan Pada Komputer. Komputer dapat bekerja jika terdapat unsur-unsur, yaitu perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan pemakai komputer (brainware).

Perangkat komputer yang bersifat fisik atau dapat disentuh dinamakan perangkat keras komputer. Perangkat keras dapat dibagi menjadi tiga bagian berdasarkan cara kerjanya mengolah data. Data berasal dari kata datum yang berarti fakta (kenyataan), yaitu suatu peristiwa yang diambil dari suatu kejadian dan mengandung nilai yang sangat berarti.

Data dapat berupa Simbol-simbol, gambar-gambar, huruf, angkaangka. Setelah data diproses melalui suatu pengolahan sedemikian rupa akan menghasilkan informasi yang lebih berguna daripada hanya berupa data. Proses pengolahan data pada komputer mengalami atas tiga tahap, yaitu masukan (input), proses (prosessing), dan keluaran (output). Jadi, berdasarkan pengolahan datanya, perangkat keras komputer terdiri atas perangkat keras masukan, perangkat keras pemroses, dan perangkat keras keluaran.

Pengertian Perangkat Keras Masukan (Input)

Perangkat masukan yaitu perangkat keras komputer yang memungkinkan pengguna berkomunikasi dengan komputer. Kamu dapat mengunakan peralatan ini untuk memasukan perintah, data atau informasi ke dalam perangkat proses komputer. yang termasuk perangkat masukan di antaranya adalah papan tombol (keyboard), tetikus (mouse), Pemindai (scanner), dan papan permainan (joystick).

Papan Tombol (Keyboard)

Keyboard merupakan perangkat keras masukan yang paling sering digunakan. Terdiri atas tomboltombol yang memiliki fungsi-fungsi khusus. Berdasarkan letak dan fungsinya umumnya keyboard terbagi menjadi beberapa kelompok, yaitu tombol ketik (Typeriter keys), tombol sistem (System keys), tombol aplikasi (Application keys), tombol fungsi (Function keys), tombol numerik (Numeric keypad), tombol kontrol (Cursor control keys), tombol ENTER, dan tombol-tombol tambahan.

Baca Juga :  Perangkat Keras Jaringan Komputer

 

Mouse

Mouse adalah perangkat input yang berfungsi menggerakkan pointer, menunjuk perintah atau program pada layar monitor. Digunakan pula untuk menunjuk atau menempatkan kursor pada suatu posisi di layar, memilih menu bahkan untuk menggambar. Adapun merk mouse yang biasa digunakan di antaranya Quantum, Genius, Logitech, dan Macro.

Fungsi-fungsi di dalam mouse sebagai berikut.

  1. Klik satu kali (single clik): artinya menekan tombol kiri mouse secara tepat dan cepat
  1. Klik dua kali (double clik): artinya menekan tombol mouse dua kali secara tepat dan cepat, dapat digunakan pula untuk menjalankan program, membuka dokumen, membuka folder dan sebagainya.
  1. Klik kanan (right clik): artinya menekan tombol kanan mouse secara tepat dan cepat
  1. Klik dan geser (drag): artinya tekan terus tombol kiri mouse kemudian geser posisi tertentu sesuai dengan keinginan dan lepaskan bila posisi yang diinginkan telah tercapai.

Berdasarkan prinsip kerjanya, mouse dapat digolongkan pada beberapa jenis, yaitu sebagai berikut.

1) Mouse mekanis

Bola yang berada ditubuh mouse akan berputar jika mousenya digeser. Putaran bola ini akan memutar dua buah roda sensor yang dipasang secara ortogonal, sehingga dengan demikian akan diketahui posisi dari kursor mousenya.

2) Mouse Optik

Sensornya terdiri dari dua buah LED dan dua buah lensa (photo-transistor) untuk mendeteksi gerakan. Salah satu LED mengeluarkan cahaya merah, yang lainnya mengeluarkan cahaya inframerah. Jenis mouse ini memerlukan landasan khusus yang berisi jala-jala yang tersusun tegak lurus. Jala-jala tersebut akan menyerap warna tertentu jika mouse digerakkan menuju arah tertentu.

Scanner

Scanner adalah alat untuk mengkonversi atau mengubah gambar/dokumen manual menjadi gambar/dokumen digital. Adapun merk scanner yang biasa digunakan diantaranya: Cannon, HP, Winpro, Umax, Mustek, Acer dan sebagainya. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan pemindaian pada Lembar Jawaban Komputer (LJK) pada ulangan umum dan ujian Nasional adalah Scaner IR yang memiliki lampu sensor yang dibuat optik sehingga mengenali jenis pensil 2B.

Baca Juga :  Review OnePlus Nord N10 5G

Joystick dan Paddle

Alat ini digunakan untuk mendukung berbagai program permainan (game) pada komputer. Joystick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan padle berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.

Panel Sensitif Sentuhan (Touch Screen)

Pirati interaktif yang bekerja dengan cara mendeteksi ada tidaknya sentuhan tangan atau stylus langsung ke layar komputer. Panel ini bekerja dengan cara menginterupsi matrix berkas cahaya atau dengan mendeteksi adanya perubahan kapasitansi atau bahkan pantulan ultrasonik. Mempunyai rasio kontrol/tampilan sama dengan satu. Cocok untuk ditempatkan ditempat ramai dan kurang “ramah”.

Camera Digital dan Handycam

Perkembangan teknologi telah begitu canggih hingga komputer mampu menerima input dari kamera dan Handy-Cam. Kamera ini dinamakan dengan kamera digital dengan kualitas gambar yang lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara yang menyalin gambar yang menggunakan scanner.

Mikropon dan Head phone

Unit masukan ini berfungsi untuk merekam/ memasukan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikrofon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chatting.

Graphics Pads

Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat menggunakan Graphic Pads. Graphic Pads ini merupakan input untuk menggambar objek pada monitor. Graphic Pads yang digunakan mempunyai 2 jenis. Pertama, menggunakan jarum (Stylus) yang dihubungkan kepada bantalan tegangan rendah. Pada bantalan tersebut terdapat permukaan membran sensitive sentuhan (touch sensitive membrane surface). Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.