Fungsi Tombol-Tombol pada Keyboard

Berita Warganet – Fungsi Tombol-Tombol pada Keyboard.  Keyboard merupakan perangkat keras masukan yang paling sering digunakan. Terdiri atas tomboltombol yang memiliki fungsi-fungsi khusus. Berdasarkan letak dan fungsinya umumnya keyboard terbagi menjadi beberapa kelompok, yaitu tombol ketik (Typeriter keys), tombol sistem (System keys), tombol aplikasi (Application keys), tombol fungsi (Function keys), tombol numerik (Numeric keypad), tombol kontrol (Cursor control keys), tombol ENTER, dan tombol-tombol tambahan.

Tombol Ketik (Typewriter Key)

Tombol ini terdiri atas huruf, angka, tanda baca, simbol-simbol khusus, dan tombol-tombol dengan fungsi khusus. Fungsi tombol-tombol khusus itu adalah sebagai berikut.

(1) Tab Tombol ini berfungsi untuk memindahkan kursor 1 tabulasi ke kanan.

(2) Back Space Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 karakter ke sebelah kiri kursor.

(3) Caps Lock Bila tombol ini ditekan, maka lampu indikator caps lock akan menyala. Hal ini menunjukkan bahwa huruf yang diketik akan menjadi huruf besar atau kapital. Bila lampu indikator caps lock mati, maka akan menjadi huruf kecil.

(4) Esc Tombol ini berfungsi untuk membatalkan suatu perintah dari suatu menu. Atau keluar dari suatau aplikasi.

(5) Ctrl (Control) dan Alt (Alternative). Tombol-tombol ini akan memiliki fungsi khusus jika ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya. Misalnya, untuk memblok lembar kerja, maka dapat dilakukan dengan menggunakan Ctrl + A. Tekanlah Alt + F4 maka program yang sedang diaktifkan akan tertutup.

(6) Shift Tombol ini jika ditekan bersamaan dengan suatu huruf maka huruf tersebut akan menjadi huruf kapital. Misalnya, Shift + a = A. Selain itu, sama halnya dengan tombol Ctrl dan Alt, tombol Shift akan berfungsi khusus jika ditekan bersamaan dengan tombol lain.

Baca Juga :  Gothic Remake Dari Studio Terbaru THQ Nordic

(7) Space Tombol ini adalah untuk membuat spasi pada teks.

Tombol Sistem (System keys)

Tombol sistem hanya terdiri atas tombol Windows di sebelah kiri dan kanan dari tombol ketik. Tombol Windows ini merupakan sortcut untuk membuka Start Menu.

Tombol Aplikasi (Application keys)

Tombol sistem hanya terdiri atas tombol Aplikasi. Fungsi dari tombol ini sama dengan ketika kamu klik kanan mouse sesuai dengan program yang sedang aktif.

Tombol Fungsi (Function keys)

Tombol ini terdiri atas F1 sampai dengan F12, terletak pada bagian atas keyboard. Tombol-tombol ini memiliki fungsi yang bermacam-macam atau bahkan dapat tidak berfungsi sama sekali. Hal ini bergantung pada saat menginstal sistem operasi dan program yang sedang diaktifkan. Adapula yang dapat berfungsi jika dikombinasikan dengan tombol lain seperti dengan tombol Alt atau Ctrl. Misalnya, saat menggunakan Microsoft Windows, kamu dapat menekan tombol Alt + F4 untuk menutup program yang sedang aktif. Berikut ini beberapa fungsi dari tombol F1 sampai dengan F12.

 Tombol Numerik (Numeric keypad)

Terdiri dari angka mulai dari 0 sampai dengan 9 dan tanda operasi matematik, tombol ini biasanya terletak dibagian kanan keyboard yang terdiri dari angka dan arrow key, indikasi tombol-tombol ini aktif ditandai dengan adanya lampu num lock, jika lampu numlock menyala maka tombol-tombol ini berfungsi sebagai angka (Numeric), adapun jika mati maka tombol-tombol ini berfungsi sebagai arrow key.

Tombol Kontrol (Cursor Control keys)

Tombol ini memiliki empat tombol khusus yang digunaka untuk mengatur gerakan sebuah titik pada monitor, yaitu ke arah kanan, kiri, atas, dan bawah.

 Tombol ENTER

Tombol ini berfungsi untuk berpindah ke baris baru pada program Microsoft Word atau untuk melakukan suatu proses perintah.

Baca Juga :  Perangkat Lunak Komputer

Tombol-tombol lainnya

Tombol-tombol ini terdiri beberapa tombol, di antaranya adalah tombol Delete yang berfungsi untuk menghapus satu karakter pada posisi kursor. Tombol Keypad (Home, End, Page Up, dan Page Down)Tombol ini berfungsi untuk memindahkan posisi kursor. End ke akhir baris/ halaman/ lembar kerja. Tombol Home ini berfungsi untuk menuju ke awal baris atau sudut kiri atas layar. Page Up Tombol ini berfungsi untuk menggerakkan kursor layar ke atas.

Page Down Tombol ini berfungsi untuk menggerakkan kursor layar ke bawah. Tombol Insert yang berfungsi untuk untuk menyisipkan karakter. Tombol Printscrn, berfungsi untuk mengkopi full screen pada monitor ke dalam clipboard, sehingga menghasilkan sebuah gambar sesuai dengan tampilan di monitor. Kamu dapat mem-PASTE screen shot ini ke dalam program edit gambar, seperti Adobe Photosoft dengan menekan CTRL+V (“Edit | Paste” atau setara dengan PASTE). Tombol Scroll Lock untuk mengunci kursor, sehingga yang bergerak adalah lembar kerjanya bukan kursor.