Tombol Fungsi pada Keyboard

Berita Warganet – Tombol Fungsi pada Keyboard. Tombol Fungsi (Function keys) merupakan tombol yang terdiri dari F1 sampai F12.  Tombol ini terdiri atas F1 sampai dengan F12, terletak pada bagian atas keyboard.

Tombol-tombol ini memiliki fungsi yang bermacam-macam atau bahkan dapat tidak berfungsi sama sekali. Hal ini bergantung pada saat menginstal sistem operasi dan program yang sedang diaktifkan. Adapula yang dapat berfungsi jika dikombinasikan dengan tombol lain seperti dengan tombol Alt atau Ctrl.

Misalnya, saat menggunakan Microsoft Windows, kamu dapat menekan tombol Alt + F4 untuk menutup program yang sedang aktif. Berikut ini beberapa fungsi dari tombol F1 sampai dengan F12.

Tombol F1

Tombol F1, digunakan untuk membuka menu help. Jika kamu menekan tombol ini ketika bekerja dengan suatu program, maka yang keluar adalah help untuk program tersebut.

Baca Juga :  Cara Mematikan Terjemahan di Youtube di PC Dengan Mudah

Tombol F2

Tombol F2, digunakan untuk mengganti nama ketika kamu menggunakan Windows/Windows Explorer. Tinggal klik file atau folder dan tekan F2. Dan kalian akan dapat menuliskan nama baru, lalu klik diluar kotak nama itu atau tekan [Enter] untuk menggantinya dengan nama yang kalian tulis.

Tombol F3

Tombol F3, jika kamu bekerja menggunakan Windows/Windows Explorer, maka tombol ini berfungsi untuk membuka window pencarian file (Find Files).

Tombol F4

Tombol F4, tombol ini memiliki banyak fungsi. Bisa untuk membuka Address Bar jika kamu sedang menggunakan Internet Explorer. Ini akan mempercepat kamu untuk memilih alamat website yang pernah dibuka sebelumnya. Jika tombol F4 ditekan bersamaan dengan tombol ALT dapat berfungsi untuk menutup semua windows yang sedang aktif (sama seperti mengklik tombol close di pojok kanan atas windows)

Tombol F5

Tombol F5, fungsi refresh (membuka kembali) akan kita dapatkan dengan menekan tombol ini. Dalam Internet Explorer, tombol ini dapat digunakan untuk memastikan bahwa kita membuka halaman yang terbaru. Tombol ini juga dapat digunakan untuk merefresh tampilan pada Windows/Windows Explorer. Bisa berfungsi untuk melihat isi sebuah disk yang baru setelah mencabut disk sebelumnya, tapi di Windows kita masih menampilkan isi disk pertama. Tinggal tekan tombol ini maka Windows akan menampilkan isi disk yang baru dimasukkan.

Baca Juga :  Spesifikasi Kamera Samsung Galaxy A22 Bocor, Kemungkinan Diluncurkan Juni

Tombol F6

Tombol F6, tombol ini biasanya digunakan untuk memindahkan kursor dalam struktur sebuah program tanpa menggunakan mouse.

Tombol F7

Tombol F7, pada windows sendiri tombol ini tidak memiliki fungsi khusus. F7 biasanya berfungsi pada program-program tertentu atau pada game. Misalnya untuk memeriksa spell check and grammar di dalam dokumen Microsoft Word.

Tombol F8

Tombol F8, pada tombol ini seringkali digunakan untuk mengakses safe mode ketika komputer sedang dalam proses booting (awal pengaktifan komputer). Ini merupakan modus trouble-shooting yang memungkinkan komputer dinyalakan dalam kondisi program minimal.

Tombol F9

Tombol F9 sama dengan fungsi pada F7. Misalnya untuk membuka Measurements toolbar pada program Quark 5.0.

Baca Juga :  7 tips Editing Shape PowerPoint yang Efisien dan Mudah

Tombol F10

Tombol F10 adalah tombol yang perlu dipencet ketika kamu ingin mengaktifkan menu bar (menu paling atas yang biasanya bertuliskan File, Edit, View, dst) dalam banyak program. Caranya pencet tombol ini lalu kalian akan melihat menu pertama berwarna lain. Nah untuk berpindah-pindah dan membuka menu tinggal pakai tombol panah. Menggunakan tombol ini barengan dengan tombol [Shift] maka akan membuka menu shortcut. Sama seperti jika menggunakan klikkanan.

Tombol F11

Tombol F11, tekan tombol ini ketika kamu menggunakan Internet Explorer, maka window-nya akan menjadi full screen. Yang juga akan menghilangkan semua toolbar yang ada pada Internet Explorer sehingga kalian bisa mendapatkan area lebih luas. Pencet sekali lagi untuk mengembalikannya ke kondisi normal.

Tombol F12

Tombol F12 sama dengan fungsi pada F7 dan F9. Misalnya untuk membuka jendela Save as pada program Microsoft Word. Jika mengkombinasikannya dengan Ctrl dan Shift maka berfungsi untuk melakukan print (cetak) dokumen Microsoft Word.