Mengolah System Administration pada Linux

Berita Warganet -Mengelola System Administration pada Linux.  Berikut ini kita akan membahas fungsi-fungsi menu Administration pada GNOME.

Membuat user dan group

Linux diciptakan dan didesain untuk digunakan oleh banyak user. User adalah suatu account yang diberikan oleh sistem. Biasanya setiap user memiliki username, password dan home direktori. Kumpulan beberapa user yang diberi nama disebut group.

Untuk membuat user dan group, Anda dapt memilih System → Administration → Users & Group. Pilih Add User untuk menambah user. Isilah user name, password dan beberapa data optional yang diminta . Isikan password yang sama sebanyak dua kali, kemudian tekan OK.

Untuk membuat group, pilihlah menu Manage Group dari jendela Users Setting. Pilih Add Group pada jendela yang muncul . Tulislah nama groupnya, misalnya group sma. Group member adalah siapa saja yang akan menjadi anggota group sma. Berilah tanda cek list untuk menentukan member. Setelah itu tekan OK.

Setting Date and Time

Di dalam sistem komputer, pasti ada fasilitas untuk mengatur setting hari dan tanggal. Pada desktop GNOME, Anda dapat menemukannya di sudut kanan atas atau di sudut kanan bawah. Jika waktu yang ditampilkan tidak tepat, Anda dapat memperbaikinya melalui menu System → Administration → Time & Date.

Baca Juga :  Cara Unduh Video TikTok Tanpa Watermark Dalam 1 Menit

Time zone adalah zona waktu dimana Anda berada. Untuk mencocokan jam, gunakan baris Time, sementara untuk menyesuaikan tanggal, klik tanggal yang sesuai. Perhatikan juga ngka tahun. Anda dapat menekan klik kanan atau kiri untuk menyesuaikan bulan dan tahun.

Setting Bahasa

Linux mendukung banyak bahasa. Bahkan bahasa Indonesia pun telah disupport dengan baik. Secara default terkadang dukungan bahasa Indonesia belum ada. Akan tetapi, Anda dapat menambahkannya dengan cara mendownload dari situs web Linux yang Anda gunakan. Anda dapat mengubah setting bahasa dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • pilih menu System → Administration → Language Support
  • pilihlah bahasa yang hendak digunakan
  • pilih Apply dan OK
  • restart komputer Anda
  • perhatikan perubahan bahasa pada Main Menu, menu, dan item-item lain.

Setting Printer

Konfigurasi atau setting printer di Linux sangatlah mudah diatur, terutama untuk jenis printer yang sudah didukung langsung oleh sistem Linux yang Anda gunakan. Driver untuk hampir semua jenis printer tersedia untuk sistem operasi Linux. Jika pun driver printer

Baca Juga :  Review Vivo V20 Pro 5G

Anda tidak disertakan dalam paket standar, Anda dapat mendownloadnya melalui internet. Langkah-langkah untuk mengatur setting Printer adalah:

  • pastikan printer sudah dalam keadaan terhubung dengan komputer
  • aktifkan printer Anda agar sistem dapat mendeteksi koneksi printer
  • jika printer tidak terdeteksi secara otomatis, Anda dapat melakukannya dengan cara memilih menu System → Administration → Printing
  • pilih menu New Printer
  • pilih LPD/LPR host or printer
  • pada kolom Host, pilihlah Localhost
  • tekan Probe
  • kemudian tekan Next
  • pilih merek printer yang digunakan
  • pilih seri printer
  • akhiri dengan menekan tombol OK.

Selanjutnya :

  • Memilih menu Administration → Printing
  • Menentukan tipe koneksi printer
  • Memilih merk printer
  • Memilih seri printer
  • Menentukan nama printer dan menekan apply

Setting Jaringan

Untuk mengkonfigurasi jaringan di GNOME, Anda dapat menggunakan menu Network. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

Pilih menu System → Administration → Network

Ada tiga pilihan pada network setting, yaitu Wireless connection untuk jaringan nirkabel, wired connection untuk jaringan menggunakan kabel, dan Point to point connection untuk jaringan internet dial up menggunakan kabel telepon. Jika kita akan mengkonfigurasi jaringan menggunakan kabel, langkah berikutnya adalah menentukan IP Address.

Menentukan IP Address

IP Address adalah susunan angka yang sudah diatur sedemikian rupa untuk koneksi jaringan. Anda akan mempelajari bagaimana menentukan IP Address saat mempelajari materi Internet dan Jaringan Komputer di kelas XI.

Baca Juga :  6 Aplikasi Office Untuk Android Terbaik

Tekan OK

jika sudah selesai, silahkan tekan OK

Instalasi

Ada dua sumber untuk menginstall aplikasi tambahan di Linux, yakni CD dan Internet. Ada ribuan aplikasi yang dapat Anda install di komputer Anda jika Anda terhubung ke Internet. Untuk menginstall aplikasi, Anda dapat menggunakan menu Synaptic Package Manager. Menu ini akan membimbing Anda langkah demi langkah. Untuk mengaktifkan Synaptic Package Manager:

  1. Pilih menu System
  2. Pilih menu Administration
  3. Pilih Synaptic Package Manager

Synaptic Package Manager memiliki dua kolom, yaitu kolom kelompok paket software dan kolom nama-nama software yang dapat Anda install. Untuk memilih, Anda cukup mengeklik nama software. Akan muncul konfirmasi pilihan, yaitu:

  1. unmark, artinya Anda tidak jadi memilih
  2. mark for installation, artinya software tersebut akan Anda install
  3. mark for reinstallation, artinya di pilih untuk di install ulang
  4. mark for upgrade, artinya dipilih untuk dilakukan upgrade software
  5. mark for removal, artinya di uninstall
  6. mark for complete removal, artinya di uninstall dan dihapus secara lengkap.
  7. Setelah Anda menentukan salah satu pilihan, sebagai tanda setuju pilihlah Apply.