Panel Pada Linux

Berita Warganet -Panel pada Linux. Tampilan GNOME standard memiliki dua panel, yakni Panel atas dan Panel bawah.

Panel adalah batang horizontal yang berfungsi sebagai tempat menu. Sebenarnya, Anda dapat mengatur agar Panel yang tampak tidak dua jumlahnya. Namun sebelum lebih Anda berpraktik mengatur panel, ada baiknya Anda mengenal komponen-komponen yang ada pada desktop GNOME.

Komponen-komponen pada Panel Panel bagian atas adalah menu Application, Places, dan System. Di sebelah kanan terdapat Icon Hide, Volume Control, Network, dan Date. Pada Panel bagian bawah terdapat Main menu, sementara di sebelah kanan terdapat Sticky (catatan kecil pada desktop), Lock Screen (untuk mengunci layar) dan Workspace atau jendela kerja.

Panel bagian bawah adalah Menu Application berisi sub menu program-program yang telah dikelompokkan menurut jenisnya. Seperti terlihat pada gambar di atas, ada beberapa kelompok seperti Accessories, Education, Games, Internet, Office, Programming, Sound & Video, System Tools, Wine
dan Add/Remove.

Sub Menu Accesories

Sub menu Accessories berisi kumpulan program aplikasi tambahan. Sebagai contoh, terdapat aplikasi teks editor yang berfungsi untuk mengedit teks. Teks tersebut biasanya berupa script bahasa pemrograman seperti HTML, PHP, Pyton dan lain-lain. Aplikasi Terminal, seperti yang pernah kita bahas, merupakan media input untuk perintah-perintah command line. Take Screenshot adalah aplikasi untuk menangkap gambar yang ada di desktop. Fungsinya sama dengan tombol printscreen yang ada di keyboard.

Baca Juga :  10 Game Google Doodle Populer bisa isi waktu luangmu

Selain itu, masih banyak lagi program aplikasi bermanfaat yang masuk dalam sub menu Accessories. Sekali lagi, isi accessories yang ada di buku ini bisa jadi berbeda dengan isi Accessories di komputer yang Anda pakai, Anda menambah atau mengurangi sendiri aplikasi di Accessories yang Anda butuhkan.

Sub Menu Education

Sub menu berikutnya adalah Education. Sub menu ini berisi aplikasi-aplikasi yang terkait dengan pendidikan dan pembelajaran. Sebenarnya, ada distro Linux yang dikhususkan untuk pendidikan, yakni Edubuntu. Meski demikian, Anda tetap dapat memasukkan aplikasi edukasi di Linux Ubuntu, tanpa harus menginstall Edubuntu.

Pada sub menu Education, terdapat program-program yang bermanfaat bagi dunia pendidikan, mulai dari tingkat taman kanak-kanak sampai tingkat universitas. Sebagai contoh, terdapat aplikasi KalZium untuk menunjang pelajaran kimia. Kemudian terdapat aplikasi Tux Pain, program untuk menggambar yang didesain bagi anak-anak. Ada pula View Your Mind, aplikasi mind map untuk membantu Anda memetakan ide-ide atau konsep berfikir.

Baca Juga :  World Book Day, Kesenangan dalam membaca

Kelompok aplikasi lain yang terdapat pada menu Application adalah Graphics yang berisi aplikasi aplikasi untuk desain design grafis, olah photo, dan sejenisnya. Aplikasi grafis yang didukung oleh Linux sangat beragam. Linux memiliki beraneka ragam aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk membuat desain grafis.

Sub Menu Internet

Linux juga memiliki aplikasi yang lengkap untuk menjelajahi Internet .Di sub menu Internet Anda dapat menemukan aplikasi untuk browsing, mengirim dan menerima e-mail, chatting, FTP, mendownload file dan aplikasi-aplikasi lain yang Anda butuhkan untuk menjelajahi Internet. Untuk membuka halaman web, Anda dapat menggunakan browser Mozilla Firefox, Galeon, atau Opera. Untuk kebutuhan korespondensi atau surat-menyurat melalui e-mail, Anda dapat menggunaka Evolution Mail atau Mozilla Thunderbird. Untuk mengirim pesan melalui instan messenger, Anda dapat menggunakan Pidgin atau Kopete.

Sub Menu Office

Aplikasi yang paling dibutuhkan sekaligus paling banyak digunakan di hampir semua bidang adalah aplikasi perkantoran (office). Linux mengelompokkan aplikasi-aplikasi perkantoran di sub menu Office . Aplikasi perkantoran biasanya berisi aplikasi pengolah kata (word processor), pengolah angka (spreadsheet), dan pengolah presentasi. Selain itu Anda dapat melihat aplikasi Kivio, yaitu aplikasi untuk membuat flowchart. Kemudian ada GnuCash Finance Management untuk menghitung keuangan menurut metode akuntansi.

Baca Juga :  Fungsi, Kriteria, dan Persyaratan Media Tanam

Sub Menu Programming

Linux memiliki banyak aplikasi yang mendukung bahasa pemrograman. Di sub menu ini terdapat Quanta Plus, editor HTML yang dapat Anda gunakan untuk membuat halaman web. Selain itu, terdapat MySQL Query Browser, aplikasi untuk pemrograman database MySQL. Dengan MySQL Query Browser, seorang programmer database dengan mudah mengakses MySQL Server.

Sub Menu Sound and Video

Linux juga memiliki sub menu untuk aplikasi-aplikasi multimedia, yaitu sub menu Sound & Video. Aplikasi dalam kelompok ini dapat berupa player maupun editor. Player berfungsi untuk menjalankan file audio atau video, sedangkan editor berfungsi untuk mengubah atau memodifikasi file audio maupun video. Pada kelompok Sound & Video terdapat aplikasi K3B, yakni program aplikasi untuk merekam file ke dalam cakram CD maupun DVD. Selain itu ada juga Brasero Disc Burning dan GNOME CD Master untuk keperluan yang sama.

Selain menu Application, masih ada menu Places dan menu System. Menu Places berisi aplikasi yang berkaitan dengan manajemen file dan jaringan, sedangkan menu System berisi aplikasi Control Panel pada sistem operasi Linux.

Pencarian Populer : panel linux